Gara-gara pakai kacamata, nggak jarang kamu menimbulkan kesan sebagai orang yang rajin, kalem, dan pintar. Mungkin juga, kamu sering dapat komentar positif tentang penampilanmu dari orang-orang. “Lo oke deh kalo pake kacamata!” kata teman-temanmu (kalo mereka lagi baik).

Hal-hal positif ini membuat banyak orang yang sebenarnya bermata normal bela-belain pakai kacamata gaya, alias kacamata tanpa lensa. Tren memakai kacamata gaya ini tambah ramai setelah benda itu jadi salah satu ciri-ciri hipster sejati.

Tapi sebenarnya, memakai kacamata itu nggak sepenuhnya enak, lho. Ada perjuangan-perjuangan tertentu yang hanya dirasakan orang-orang berkacamata. Perjuangan apa aja sih emangnya?

1. “Yah, kok filmnya 3D? Gimana gue nontonnya…”

Nggak bisa menikmati film 3D via inilah.com

Nonton film 3D harusnya jadi pengalaman seru buatmu.

Advertisement

HARUSNYA, YA. TOLONG DICATAT.

Tapi karena kamu mesti pake 2 kacamata–kacamata normalmu dan kacamata 3D–untuk ini, yang ada matamu jadi berat, pandanganmu nggak fokus, dan kepalamu pusing.

Setelah 1-2 kali mencoba, akhirnya kamu nyerah dan harus puas nonton film 2D. Kalau temenmu salah dan beliin kamu tiket bioskop 3D?: “Yah….gimana gue nontonnya? :(((“

2. Pakai Kacamata Hitam Juga Nggak Bisa…

Kalau silau, nggak bisa ikutan fabulous kayak Mbak Miranda via raredelights.com

Sekali-sekali, kamu pengen sih tampil kece pakai kacamata hitam. Sayangnya, kamu nggak bisa. HAHAHAHA. Kalau lagi ke pantai atau melakukan aktivitas outdoor, pasrah aja deh kalau silau. Daripada harus pakai 2 kacamata lagi?

3. Nggak Berani Pakai Softlens. Takut Iritasi!

Pakai softlens? No, thanks! via giphy.com

“Mbak, sekali-kali pakai softlens, dong. Kalo pake kacamata terus, kayak Betty La Fea!”

“…………………………..” (Mau bisa lihat harus colok-colok mata dulu? Mending pakai kacamata aja, deh.)

Kadang kamu juga mau ikut keliatan oke dengan lensa kontak. Kamu penasaran juga gimana tampilanmu dengan iris warna-warni. Tapi kamu terlalu takut buat colok-colok mata, takut nggak telaten buat kasih cairan lensa, terus takut iritasi juga…HAHA. HAHA. HAHA.

4. Karena Nggak Berani Pakai Softlens, Kalau Olahraga Kamu Terpaksa Pakai Kacamata

Jangan lupa dikaretin kacamatanya via ciricara.com

Mau olahraga outdoor tapi pake kacamata? Harus siap-siap ngelap keringat yang numpuk di bagian mata dan hidung. Lensamu juga bakal jadi gampang kotor kena keringat. Belum lagi, kacamatamu bakal sering turun-turun. Solusinya, dikaretin aja deh dua gagang kacamatamu! ^.^

5. Pergi Ke Pesta Juga Terpaksa Pakai Kacamata

Biarpun pakai kacamata, tapi tetap bisa gaya via huffingtonpost.com

Kadang kamu mau pakai gaun dengan model tertentu, tapi jatuhnya bakal aneh kalau kamu juga pakai kacamata. Walhasil, dandananmu harus disesuaikan dengan model kacamatamu.

Kamu juga nggak akan pakai riasan mata yang terlalu tebal. Soalnya mau sebagus apapun, riasan itu nggak bakal kelihatan kalau kamu pakai kacamata. ^^

6. Makan Kuah Panas adalah Salah Satu Bentuk Perjuangan

Siap-siap lensa kacamatamu dipenuhi uap via travel.kompas.com

Kalau makan makanan berkuah panas–seperti bakso atau soto–kamu harus siap kalau lensa kacamatamu dipenuhi uap. Pandanganmu akan tertutup uap untuk sementara waktu. Mungkin untuk solusinya, kamu berminat beli alat ini?

Supaya uapnya nggak mengganggumu via palingseru.com

7. Berada di Ruangan dan Lokasi Dingin Juga Perjuangan

Pandanganmu akan terlihat seperti ini via suburbaneyecare.com

Nggak hanya saat makan kuah panas, saat kamu keluar dari mobil atau ruangan ber-AC, lensa kacamatamu juga akan dipenuhi uap. Biarpun uapnya terlihat sudah hilang, bekasnya masih sering tersisa di sudut lensamu.

8. Kamu Bakal Punya Bekas Frame Kacamata di Hidung

Saking seringnya pakai kacamata, bentuk frame-nya pun meninggalkan bekas di kedua sisi hidung bagian atas. Kalau lagi lepas kacamata, bekas ini rasanya bikin nggak pede.

9. Mukamu Kadang Jadi Belang, Terutama Bagian Mata dan Wajah Bawah

Untung belum separah ini via banjarmasin.tribunnews.com

Bagian mata yang tertutup kacamata bakal jarang terkena sinar matahari. Hasilnya, kulit seputar matamu selalu lebih cerah dari bagian wajah lainnya.

10. Kalau Lepas Kacamata, Kamu Dianggap Orang yang Beda

agar kacamata nggak melorot via www.cerpen.co.id

Saat sedang nggak pakai kacamata, kamu pasti sering dengar komentar ini:

“Wah, ya ampun…kirain siapa. Nggak pake kacamata sih, jadi nggak ngenalin.”

Padahal ya kamu merasa kamu sama aja. Nggak ada bedanya. (Kecuali kalo sekarang kamu hampir buta, hehehehe)

11. Dapat Julukan “Si Mata Empat”

Lumayan, punya mata tambahan buat lihat cowok ganteng via giphy.com

Julukan ini mungkin sudah ada dari sebelum bapak dan ibumu lahir. Jadi, terima saja. Lagian, lumayan ‘kan dapat mata tambahan? Penglihatanmu bisa makin jelas, gitu.

*kemudian digetok pake kacamata kuda*

12. Harus Sabar Kalau Diejek Waktu Kecil

Sering dibilang mirip Boboho via pulsk.com

Waktu kamu kecil, masih jarang teman-temanmu yang pakai kacamata. Karena kamu pakai kacamata, kamu akan dianggap aneh. Keanehan ini bikin kamu sering mendapat ejekan “Si Mata Empat”, “Si Kacamata Pantat Botol”, atau “Si Boboho”. Harus sabar-sabar deh dengar ejekan itu.

13. Ubek-ubek Toko Kacamata Biar Tetap Kelihatan Oke

Toko kacamata sama menariknya dengan toko baju via www.jmtopoptical.com

Karena kacamata jadi atribut penting untukmu, mau nggak mau kamu harus pintar cari model yang cocok untukmu. Mau yang cat-eye? Mau yang wayfarer? Atau malah mau beli yang kacamuka sekalian? ^^

Kacamuka via www.fuhleeshuh.com

14. Frame Kesayangan Patah = Patah Hati

Sedih hatiku.. via dodolenjeh.blogspot.com

Setelah melewati proses yang cukup panjang, akhirnya kamu bisa ketemu frame yang paling cocok dan pas buat mukamu. Eeeeeh…tiba-tiba frame-nya patah gara-gara jatuh atau keinjek. Dunia seakan runtuh.

15. Apalagi, Kalau Lensanya Ikutan Pecah…

Pasrah aja via giphy.com

Duniamu semakin runtuh.

16. Kabar Gembiranya, Ternyata Kacamata Barumu Bikin Kamu Makin Oke!

Saking okenya, kamu jadi mau selfie terus via dailymail.co.uk

Jika bisa menemukan kacamata yang tepat, penampilanmu juga bisa makin menarik. Kacamata yang sesuai dengan bentuk muka akan mempertegas kontur wajahmu, alhasil pesonamu jadi makin terpancar.

*sebar confetti sebagai tanda kemenangan*

17. Kamu pun menyadari bahwa kacamata adalah bagian penting dari dirimu 🙂

Glasses make me cool via memeorama.com

Susah dandan, susah olahraga, susah nonton film, susah makan mie kuah, kacamata ilang, kacamata rusak, kacamata pecah, minus nambah, “mata empat”? Nggak masalah! Biarpun perjuanganmu banyak, kacamata udah jadi bagian penting dari dirimu.

Lagipula, orang yang memakai kacamata saat ini sudah tidak dianggap kutu buku dan cupu lagi, kok. Bahkan, banyak desainer ternama yang menjadikan kacamata aksesoris pelengkap mereka.

Jadi, kenapa kamu nggak bangga pakai kacamata?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya