Setelah memiliki pasangan, hidup terasa lebih indah dan nyaman. Pasti lah ya, kan sekarang sudah ada orang yang bisa mendampingi dan berbagi cerita denganmu kapan saja.

Tapi hati-hati loh, jika tidak dijaga dengan baik bisa saja hubungan romantismu kandas di tengah jalan. Apa saja sih yang perlu dilakukan untuk menjaga benih-benih cinta tetap bertahan menghadapi berbagai tantangan?

Menjaga Hubungan Lewat Pola Komunikasi

1. Ciptakan Pola Komunikasi yang Nyaman

Pola komunikasi yang nyaman via www.cyfraplus.pl

Setiap hubungan yang mampu bertahan biasanya didukung dengan pola komunikasi yang baik. Bicarakan dengan pasanganmu apa pola komunikasi yang paling membuat kalian nyaman saat tak bisa bertemu langsung. Sebab terkadang medium komunikasi yang kurang pas bisa membuat pembicaraan dengan pasangan justru jadi memberatkan.

Pilihlah pola komunikasi yang paling menyenangkan. Entah itu via SMS, LINE, Whatsapp, Skype atau perbincangan lewat telepon. Tentukan bersama di jenis komunikasi macam apa kalian paling bisa ngobrol dengan terbuka. Dengan begitu, komunikasi dengan pasangan akan terasa lebih santai dan tidak akan menjadi momok.

2. Ciptakan usaha untuk berkomunikasi dengan pasanganmu

Advertisement

Usaha menghubungi via static-secure.guim.co.uk

Terkadang kesibukan dan kewajiban membuat kita sulit menyempatkan waktu untuk sekadar menghubungi pasangan. Gak ada salahnya sih jarang menghubungi pasangan jika memang kamu tidak sempat. Tapi, akan lebih baik jika kamu menunjukkan usaha untuk tetap mengetahui kabarnya.

Sempatkan 1-2 menit di tiap pagi untuk menyapa pasanganmu. Gak perlu panjang atau berbunga-bunga, cukup bilang saja semoga harinya menyenangkan. Hal sederhana ini bisa membuat kalian memposisikan diri sebagai bagian penting dari hidup masing-masing. Sebab kalian adalah orang pertama yang berusaha dijangkau tiap pagi.

3. Jelaskan jadwal kegiatanmu

Jadwal kegiatan via www.bukkhead.com

Salah paham tentang jadwal kegiatan bisa menciptakan pertengkaran. Karena itu gak ada salahnya memberitahu pasanganmu apa saja yang akan kamu kerjakan hari itu. Dengan begitu dia gak akan khawatir dan menunggu tanpa kejelasan saat kamu nggak ada kabarnya.

4. Beritahukan Saat Kamu Tak Terjangkau Alat Komunikasi

Saat tak ada kabar via blu.stb.s-msn.com

Selalu beritahukan sebelumnya saat handphonemu lowbat, tidak bisa dihubungi saat rapat atau ketika kamu hendak bepergian ke tempat yang susah sinyal. Mengabarkan kemungkinan kesulitan berkomunikasi dengan pasangan sebelumnya akan mengurangi tingkat kesalahpahaman dan pertengkaran.

5. Pahamilah Saat Dia Tidak Menghubungimu

Menunggu telepon via fc04.deviantart.net

Saat pasanganmu tidak menghubungimu, berusahalah untuk mengerti dari kacamatanya. Toh kamu sudah tahu apa saja kegiatan dan berbagai kemungkinan yang akan ia hadapi hari itu kan? Cobalah memahami kondisi dan kesulitannya. Menempatkan diri di posisinya akan membuatmu lebih bisa menerima keadaan yang tidak sesuai dengan ekspektasimu.

6. Terbukalah Saat Tidak Suka Dengan Pasangan

Terbuka dengan pasangan via i.huffpost.com

Jujurlah saat kamu merasa ada hal yang tidak kamu sukai dari pasanganmu. Kebiasaannya dandan lama, ngaret atau cara bicaranya kepadamu. Jangan memendam masalah. Problem yang kamu simpan hanya akan menumpuk dan malah bisa meledak suatu hari nanti.

7. Selalu Jujur Tentang Hal Apapun

Jika kamu ingin hubungan yang sehat dan bertahan lama, kejujuran adalah kunci utama. Jangan berbohong dan menutupi fakta dari pasangan. Jika dia sayang kamu, pasti dia gak akan keberatan menerima kenyataan tentangmu yang paling pahit sekalipun kok.

8. Bangun Rasa Percaya Dengan Pasangan

Bangun rasa percaya via 1.bp.blogspot.com

Walau dia adalah kekasih hatimu, kalian gak mungkin selalu bersama 24 jam sehari kan? Kamu tidak punya mata berlebih untuk mengawasinya setiap saat. Yang bisa kalian lakukan agar tetap nyaman menjalani kegiatan sehari-hari adalah berusaha mempercayai pasangan masing-masing.

Tumbuhkan dan pupuk rasa percaya, bahwa meski kalian sedang tidak bersama kalian akan tetap berusaha menghormati nilai-nilai yang telah kalian sepakati bersama dalam hubungan.

Bagaimana harus bersikap saat bertengkar?

9. Kenali dirimu saat marah, jangan sampai kebiasaan jelekmu muncul

Kenali kebiasaan saat marah via filmpulse.net

Apa yang biasa kamu lakukan saat sangat marah? Misalnya, kamu tahu pasanganmu SMS-an lagi sama mantan pacarnya. Membanting pintu? Memaki-maki sambil berteriak? Atau justru langsung pergi? Kenali hal-hal ini.

Kamu tidak bisa mengendalikan bagaimana reaksi marah pasanganmu, tapi kamu bisa mengatur bagaimana kamu hendak melampiaskan amarah. Kenali kebiasaanmu saat sedang naik darah. Hal ini penting untuk menghindari sikap destruktif dilampiaskan ke pasanganmu.

10. Ambil Waktu Sejenak Untuk Menenangkan Diri

Tenangkan diri via s3.amazonaws.com

Saat sedang diliputi emosi, kita akan cenderung lebih mudah mengeluarkan kata-kata dan sikap yang bisa menyakiti pasangan. Tenangkan diri sejenak sebelum membincangkan jalan keluar masalah.

Beri waktu pada dirimu dan pasanganmu untuk melihat masalah tersebut dari sisi yang objektif. Kamu tidak ingin menyakiti orang yang paling kamu sayang, kan?

11. Usahakan Untuk Tidak Saling Membentak dan Berteriak

Jangan membentak via www.francesfox.com

Bertengkar dengan teriakan dan saling bentak tidak akan menyelesaikan masalah, justru makin memperkeruh suasana. Ketika saling lempar argumen dengan nada tinggi emosi justru makin tidak terkendali. Bisa-bisa masalah yang dulu-dulu bisa terungkit lagi.

Atur diri untuk tidak membentak pasanganmu, tidak peduli semarah apapun kamu saat itu. Jika pasanganmu membentakmu, tetaplah konsisten untuk berbicara dengannya menggunakan nada normal. Hey, api tidak mungkin bisa dipadamkan dengan api lho.

12. Masalah TIDAK harus selesai saat itu juga

Masalah bisa menunggu via www.thestar.com

Tidak ada yang salah jika kamu dan pasanganmu tidak bisa menyelesaikan problem diantara kalian saat itu juga. Beberapa masalah memang perlu dipikirkan matang-matang jalan keluarnya, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diselesaikan.

Bahkan, ungkapan “Jangan bawa masalah tidur” itu tidak sepenuhnya benar. Menurut penelitian justru saat tidur orang akan mengalami perubahan memori dan memiliki ide-ide baru yang bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah.

13. Masalah yang Sudah Selesai Tidak Perlu Lagi Diungkit

Selesai saat itu juga via www.indonesianfilmcenter.com

Buatlah janji diantara kalian untuk melupakan masalah yang sudah terjadi. Usahakan untuk tidak mengungkit pertengkaran atau kesalahan pasangan yang telah lalu.

Lupakan dan maafkan pasangamu. Anggap pertengkaran yang pernah terjadi sebagai bentuk pembelajaran bagi hubungan kalian kedepan.

14. Jangan Posting Masalah Ke Media Sosial

Jangan update masalah di twitter via www.nyunyu.com

Setiap berantem, curhat ke twitter. Setiap beradu pendapat, langsung ganti status dan marah-marah di Facebook. Duuh, anak kecil banget sih? Pasangan yang selalu posting masalah mereka ke media sosial cenderung sedang menghindari pertikaian dan merasa tidak mampu menyelesaikan masalah itu secara personal.

Selesaikan masalah dengan dewasa. Ingat, kamu nggak lagi berantem dengan akun media sosialmu. Dia dan orang-orang lain diluar sana gak perlu tahu masalah yang kalian hadapi. Selesaikan masalah itu dengan pasanganmu secara privat. Yang perlu orang lain tahu cuma bahagianya kalian saja, deh.

Sehari-hari, apa yang harus dilakukan?

15. Tunjukkan perhatianmu ke pasangan

Tunjukkan perhatian via 1.bp.blogspot.com

Sudah lama bersama bukan berarti kalian tidak perlu lagi bersikap manis ke satu sama lain. Tetaplah romantis dan tunjukkan perhatianmu ke pasangan, bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun.

Kamu bisa tiba-tiba menjemput pacarmu di kampus, atau mengelap keringatnya saat udara sedang panas-panasnya. Tidak pernah lupa untuk saling memberi perhatian akan menciptakan kedekatan emosional diantara kalian.

16. Ingat juga untuk perhatian ke keluarganya

Perhatian ke keluarganya via stat.ks.kidsklik.com

Di Indonesia, keluarga adalah salah satu kunci utama bertahan lama atau tidaknya suatu hubungan. Jika dukungan dari keluarga sudah didapat maka hubungan akan berjalan lebih langgeng dan mulus. Jangan lupa berikan juga perhatian dan rasa hormat ke keluarga pasanganmu. Tunjukkan kalau kamu memang ingin membahagiakan anggota keluarga mereka dan punya niat baik ke pasangan.

17. Berikan Kejutan

Berikan kejutan via www.indonesianfilmcenter.com

Gak ada salahnya sesekali memberi kejutan untuk membahagiakan pasangan. Ajak pasanganmu ke tempat yang dia impikan, atau sesederhana putarkan lagu kesukaannya saat kalian sedang bersama. Hal-hal yang diluar kebiasaan bisa menciptakan kehangatan diantara kalian.

18. Luangkan Waktu Untuk Menghabiskan Waktu Bersama

Ditengah kesibukan, sempatkan untuk menghabiskan waktu dengan pasangan. Tidak harus selalu kencan ke tempat romantis, kamu bahkan bisa melibatkan pasanganmu kedalam aktivitasmu sehari-hari. Kalian bisa saling menemani ke bengkel atau ke salon, misalnya. Yang penting bukan apa yang kalian lakukan, melainkan interaksi dan perbincangan yang kalian miliki saat itu.

19. Tetap Bergaul Dengan Teman Masing-Masing

Luangkan waktu bersama teman via www.teenidols4you.com

Eits, jangan salah. Punya pasangan bukan berarti tidak lagi menyempatkan waktu untuk berinteraksi dengan teman-teman kalian masing-masing. Pasangan yang tetap memiliki hubungan baik dengan teman cenderung memiliki dukungan sosial yang lebih baik. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya membawa pasanganmu ke lingakaran pertemanan kalian. Pasti asyik dong bisa gaul sama pacar dan para sahabat sekaligus?

Lalu Bagaimana Jika Kebosananan Melanda?

20. Ubah Kebiasaan

Ubah kebiasaan kalian via img0.liveinternet.ru

Ganti tempat makan kalian ke restoran baru. Rubah jalan pulang lewat rute baru. Atau rubah gaya rambut masing-masing agar terlihat lebih segar. Lakukan hal-hal yang belum pernah kalian lakukan sebelumnya. Banyak hal yang bisa dilakukan kok agar hubungan tetap hangat dan menyenangkan.

21. Beri Waktu Untuk Sendiri

Kadang kebosanan juga bisa melanda kalau sudah terlalu sering bersama. Kalau in terjadi, cobalah untuk memberikan waktu agar kamu dan pasanganmu bisa punya waktu untuk sendiri dulu. Gak perlu lama-lama, cukup janjian weekend ini kalian gak ketemu dulu. Atau untuk pasangan sudah menikah, bisa juga janjian untuk gak makan malam di rumah dulu selama seminggu supaya bisa keluar bersama teman.

Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, kita justru akan ingat pentingnya pasangan di kehidupan kita. Saat ketemu lagi sudah makin kangen, deh.

22. Rayakan Hal-Hal “Biasa”

Rayakan hal biasa via 1.bp.blogspot.com

Adalah hal yang wajar saat kalian menjadi sangat terbiasa dengan kehadiran satu sama lain. Kamu sudah hapal bagaimana kebiasaan pasanganmu, sampai ke polahnya saat hendak memberimu kejutan. Lalu apalagi yang harus dirayakan jika sudah sampai ke tahap ini?

Cobalah rubah cara pandang bahwa apa yang kalian hadapi sehari-hari sebenarnya adalah hal yang semestinya disyukuri dan dinikmati. Inilah hal indah yang sepatutnya dirayakan setiap hari.

Walau sudah tidak berdebar-debar seperti dulu lagi, tapi pasanganmu ini adalah orang yang menemanimu dalam suka dan duka. Kebersamaan kalian seharusnya membuat kalian terus saling jatuh cinta lagi.