Hubungan pacaran akan berjalan dengan baik jika kamu sudah menemukan pasangan yang tepat. Tapi buat bisa terus jadi pasangan yang bahagia, kamu dan pacarmu harus sama-sama menghidupi hubungan kalian dengan kasih sayang dan perhatian.

Nggak ada resep-resep rahasia supaya hubungan cintamu bisa langgeng dan bahagia. Tapi, ada beberapa hal yang bisa kamu dan pacarmu lakukan supaya hubungan kalian minim salah paham dan perselisihan. Coba deh lakukan kebiasaan-kebiasaan ini dan lihat bagaimana bahagianya hubunganmu.

1. Menyesuaikan Waktu Tidurmu dan Pasangan

pergi tidur di saat yang sama via www.thecollectiveint.com

Kalau kamu belum menikah, tentu wajar kalau kamu dan pasangan akan menutup hari di tempat yang berbeda. Tapi, kamu dan dia bisa mengatur supaya kalian bisa tidur di saat yang sama.

Mungkin sebagian orang menganggap hal ini konyol, tapi coba tanya diri sendiri: memang enak kalau kamu punya pacar yang hampir setiap malam begadang? Sebaliknya, apa kamu bisa tetap semangat bertemu pasangan waktu siang atau sore setelah tenagamu habis digempur angin malam kemarin? Menyesuaikan ritme biologismu dengan pasangan bisa jadi kunci untuk hubungan yang lebih harmonis, lho.

Advertisement

Rasakan juga betapa nikmatnya tertidur setelah teleponan mengucapkan selamat malam dengan pacarmu. Terlentang di kasur sambil selimutan dan menceritakan apa yang terjadi hari ini serta rencana-rencanamu buat besok pada kekasih hatimu itu kemewahan, lho. Capek-capek di sekujur badanmu jadi terasa bukan masalah besar, dan kamu jadi lebih bisa tidur nyenyak.

2. Mengerjakan “Apa Aja” Sama-Sama

mengerjakan ‘apa aja’ sama-sama via angbabaengweird.tumblr.com

Masing-masing orang punya kegemaran atau hobinya sendiri. Kamu suka menggambar sedangkan pacarmu hobinya baca komik atau main game. Pacarmu mungkin akan bosan kalau harus ikut-ikutan menggambar dan kamu pun dijamin sewot kalau dipaksa ikutan main game. Yup, kalian memang punya kesenangan masing-masing yang nggak harus berubah atau diubah setelah kesepakatan bertajuk pacaran.

Tapi, coba deh mengerjakan hobi yang berbeda itu secara bersama-sama. Kamu sedang menggambar dan pacarmu sedang duduk di sampingmu sambil ketawa-ketiwi baca komik. Lalu, ada saatnya kalian sama-sama berhenti dari keasyikan masing-masing buat sekedar saling pandang dan tersenyum. Bukan soal kegiatannya, melainkan kebersamaannya.

3. Jalan Sambil Gandengan Tangan

gandengan tangan via pea3fishes.blogspot.com

Sebagian orang mungkin menganggap kalau gandengan tangan di tempat umum itu terlalu kekanak-kanakan. Tapi, berjalan sambil menggandeng tangan pacarmu itu ibarat kekuatan. Sedikit menambah kepercayaan diri dan tentu saja memberikan rasa ‘aman’. Apakah ‘aman’ dari gangguan orang jahat atau ‘aman’ karena ada yang mendampingimu, tergantung bagaimana kamu mengartikannya.

Yang pasti, ada sebuah kebahagiaan tersendiri ketika bisa melangkah bersama pasanganmu. Toh, nggak selamanya kamu bisa menolak ini karena gengsi. Sekalipun kamu biasa bersikap cool, menggandeng tangan, merangkulkan tangan di pundak atau pinggul, atau mengelus rambut pacar bisa membantu kelanggengan hubungan. Hmm…kebiasaan semacam ini memang cenderung alamiah deh…

4. Mudah Memaafkan Dan Saling Percaya

kuncinya, memaafkan dan saling percaya via www.finerminds.com

Bohong kalau dalam hubungan pacaran bisa adem-adem terus. Bahkan, hubungan pacaran justru rentan dengan pertengkaran yang asalnya dari hal-hal sepele. Bukan masalah berantemnya yang harus jadi fokusmu. Melainkan bagaimana kamu dan pasanganmu bisa saling memaafkan setelah keributan yang paling mengerikan sekalipun.

Yang pasti, modal utama dalam sebuah hubungan adalah rasa percaya. Kepercayaan itulah yang akan meminimalisir kesalahpahaman antara kalian. Percaya deh kalau kalian sama-sama punya komitmen sehingga nggak perlu ada rasa curiga. Kalaupun sampai terjadi pertengkaran, buatlah dirimu mudah memaafkan. Toh kalian sebenarnya sama-sama saling menyayangi.

5. Jangan Suka Cari-Cari Kesalahan

jangan suka cari-cari kesalahan via tipsofdivorce.com

Yang sebenarnya jadi racun dalam sebuah hubungan adalah ketika kamu atau pacarmu suka mencari-cari kesalahan. Pikir deh kenapa sih harus berantem? Perselisihan itu datang ketika kamu dan pasanganmu lebih fokus sama hal-hal negatif daripada yang positif.

Misal nih, pacarmu dapat tugas dinas kerja keluar negeri selama 2 minggu. Kenapa kamu sibuk mikirin kemungkinan bahwa dia bisa selingkuh atau main gila di sana? Bukankah seharusnya kamu bangga karena pacarmu berprestasi? Contoh lain adalah ketika pacarmu nggak sengaja menjatuhkan gelas kopinya. Kira-kira kamu pilih ngomel-ngomel mengkritisi kecerobohannya atau justru ambil kain pel dan membersihkan pecahan gelasnya?

6. Berpelukan…

memeluk pacarmu via www.dimitri.co.uk

Hmm…yang ini silakan dilakukan buat kamu yang setuju aja. Buat yang anti-pacaran atau menganggap pelukan itu dosa, ya jangan dilakuin. Hehehehe.

Bayangin aja ketika sepulang kuliah atau kerja kamu bisa memeluk pacarmu. Mungkin kamu akan melupakan betapa menyebalkannya jalanan macet, tugas kuliah, dan bosmu yang galak. Stres dan penat akan berganti dengan rasa hangat dan nyaman.

7. “Melisankan” Perasaan Menyenangkan

kirim SMS “aku cinta kamu” via favim.com

Apa sih susahnya kirim satu SMS tiap pagi? Cara yang satu ini emang sederhana dan gampang banget. Mengirim kalimat-kalimat manis seperti ‘aku cinta kamu’ atau ‘semoga harimu menyenangkan’ ternyata bisa berdampak positif buat pasanganmu lho. Lisankanlah apa yang memang sedang kamu rasakan.

Pasalnya, kalimat-kalimat manis ini bisa membuat seseorang lebih bahagia dan lebih positif. Kamu butuh suntikan semangat buat menghadapi pekerjaan atau tugas-tuigas yang berat. Sebuah pesan singkat bisa membuatmu senyum-senyum sendiri sekalipun kamu lagi terjebak di ruang rapat bersama bos yang lagi marah-marah.

8. Ucapkan ‘Selamat Tidur’ Atau ‘Semoga Mimpi Indah’

“good night and sweet dream” via quoteko.com

Sama halnya ketika akan memulai hari, kamu juga butuh sesuatu yang manis buat mengakhiri harimu. Pesan singkat berisi ‘selamat malam’, ‘semoga mimpi indah’, atau ‘semoga tidur nyenyak’ dijamin bikin kamu atau pasanganmu lebih bahagia.

9. Jangan Pelit Untuk Teleponan

rajin-rajin teleponan via swaragamajogja.com

Bukannya mau buang-buang pulsa. Tapi, rajin teleponan sama pacar itu menunjukan kalau kalian saling peduli. Itu tanda bahwa kamu dan pacarmu juga saling kepikiran.

Nggak harus teleponan tiap jam juga kok. Tapi, ada saat-saat tertentu dimana kalian bisa mendengar suara pasanganmu. Misal, saat pagi sebelum beraktivitas, pas jam makan siang, sepulang kerja, atau malam hari sebelum tidur. Yang pasti, komunikasi emang penting banget dalam sebuah hubungan.

10. Jangan Pernah Menggampangkan Pasangan

syukuri apa yang kamu punya via dawnyang.sg

Yang paling sederhana sekaligus paling penting dari semua tips di sini adalah bagaimana kamu bisa menghargai pasanganmu. Bersyukurlah karena orang yang kamu sayangi juga bisa menyayangimu. Di luar sana banyak lho orang-orang yang sayangnya bertepuk sebelah tangan.

Selain itu, bersyukurlah karena orang yang kamu sayangi selalu ada untuk mendukung dan menghiburmu, bahkan di saat-saat sulit sekalipun. Hargai pasanganmu dengan sepenuhnya dirimu dan tersenyumlah karena dia masih ada di sampingmu sampai saat ini.

Nah, apakah 10 hal di atas udah jadi kebiasaan kamu dan pasanganmu? Kalau udah, mungkin kalian emang termasuk pasangan-pasangan yang berbahagia. Kalau ternyata belum, boleh deh mulai mempraktikkan hal-hal di atas dalam keseharianmu bersama pasangamu.