Sahabat adalah teman terbaik yang selalu ada buat mendukungmu. Mereka bisa dari keluargamu, teman masa kecil, atau teman-teman baru yang punya ikatan kuat dengan kita dari hari ke hari. Merekalah orang-orang luar biasa yang udah membentukmu sehingga kamu bisa menjadi dirimu hari ini.

Begitu banyak hal yang dilakukan sahabatmu untukmu, tapi seringkali kamu lupa menghargai dan berterima kasih untuk semua itu. Untuk hal apa aja kita mesti berterima kasih pada mereka? Banyak banget.

1. “Terima kasih telah membuat saat-saat yang biasa menjadi istimewa.”

Hal yang biasa jadi terasa istimewa. via www.imgion.com

Ya, momen-momen yang biasa aja bisa jadi terasa luar biasa jika dilakukan dengan orang yang tepat. Sahabatmulah yang selalu bisa jadi bumbu yang manis buat setiap momen dalam hidupmu, membuat segalanya lebih berwarna.

2. “Terima kasih karena selalu mendorongku untuk maju.”

Sahabat mendorongmu untuk terus maju via www.flickr.com

Advertisement

Mereka yang selalu menyemangatimu di saat kamu merasa terpuruk adalah pelindungmu yang sesungguhnya. Sahabatmu adalah mereka yang bisa menginspirasimu untuk menjadi dirimu yang seutuhnya. Mereka percaya dengan kemampuanmu dan mereka pun ingin kamu percaya dengan kemampuanmu sendiri.

3. “Terima kasih udah mengatakan yang sejujurnya.”

Mengatakan yang sejujurnya via www.flickr.com

Banyak orang yang lebih suka berdusta untuk menyembunyikan kebenaran yang pahit demi membuat nyaman diri sendiri dan orang lain. Tapi, sahabat selalu jujur sama kamu, betapapun sakitnya kenyataan itu. Mereka tahu bahwa hal yang menyenangkan gak akan selalu membahagiakan, dan hal yang menyakitkan mungkin bisa berakhir manis.

4. “Terima kasih udah bersedia mendengarkanku.”

Mendengarkan dan memahami. via www.flickr.com

Beban yang terasa berat akan jadi ringan jika diutarakan, gak hanya dipendam sendiri dalam hati. Sahabat yang baik akan mendengarkanmu dan bersedia berbagi beban masalahmu agar kamu gak merasa sendirian.

5. “Terima kasih untuk bersedia berkompromi denganku.”

Sahabat selalu mencarikan titik tengah. via www.flickr.com

Saat terjadi perselisihan, sahabat akan selalu menemukan titik tengah di mana solusinya menjadi yang terbaik buat kedua belah pihak. Gak ada yang akan memaksakan kehendaknya satu sama lain.

6. “Terima kasih untuk gak menghalangi aku ketika melakukan sesuatu yang penting buat hidupku.”

Gak egois via www.flickr.com

Hubungan persahabatan yang baik itu gak egois. Sahabatmu gak akan memintamu buat mengorbankan kebahagiaanmu, hubungan percintaanmu, atau impianmu hanya demi dirinya sendiri.

7. “Terima kasih karena udah bersedia untuk peduli.”

Peduli satu sama lain via www.flickr.com

Mereka selalu peduli, selalu siap untuk menghibur kamu waktu kamu sedih. Mereka adalah alasan kamu tetap tegar, karena kamu merasa dicintai dengan tulus. Mereka juga cepat paham kalo kamu lagi dirundung masalah, bahkan meski kamu menyembunyikannya.

8. “Terima kasih udah selalu hadir buatku.”

Selalu hadir untukmu via www.flickr.com

Sahabatmu selalu berusaha menyediakan waktu buat ketemu kamu, karena kamu penting bagi mereka. Saat mereka ada di sampingmu, mereka benar-benar “hadir”: bukan cuma fisiknya, tapi seluruh perhatiannya juga tertuju padamu. Dan mereka ada di sana karena mereka sungguh-sungguh mau, bukan karena terpaksa.

Gak cuma itu, mereka hadir bukan hanya pada saat kamu senang aja, tapi juga di saat-saat terendahmu. Mereka inilah sahabatmu yang sejati.

9. “Terima kasih karena gak bersikap, menghakimi, dan memperlakukanku seolah kamu lebih tahu aku dibanding diriku sendiri.”

Gak menghakimi via www.flickr.com

Ya, sahabatmu gak bakal nge-judge dirimu seolah-olah dia yang paling tahu tentang dirimu. Dia orang yang memang mengerti kamu, bukan sok mengerti.

10. “Terima kasih telah menyayangiku dan menerimaku apa adanya.”

Terima kasih udah menyayangi sepenuh hati via www.flickr.com

Sahabat yang baik menerimamu apa adanya dan bersyukur bahwa kamu selalu menjadi dirimu sendiri. Mereka membuatmu merasa nyaman dengan dirimu, dengan segala sifat baik dan sifat burukmu. Merekalah alasan kamu untuk lebih mencintai dirimu sendiri.

11. “Terima kasih karena telah sabar dan mau memaafkan saat aku menyakitimu.”

Memaafkan dan bersabar via www.flickr.com

Meskipun kamu udah berusaha untuk menjadi orang yang baik bagi sahabatmu, terkadang kamu gak bisa menghindari keadaan di mana kamu jadi menyakiti mereka. Tapi sebagai sahabat, mereka akan bisa memaafkan kamu.

Hubungan persahabatan gak selalu mudah, bakal ada perselisihan dan pertengkaran, tapi sahabat selalu memilih untuk menjalaninya bareng-bareng.

12. “Terima kasih udah memahami masa laluku dan gak menganggapnya sebuah celaan.”

Memaafkan masa lalu via www.flickr.com

Sahabatmu udah mengenal kamu luar dalam, termasuk jika kamu punya masa lalu yang kurang mengenakkan. Ketika kamu belum bisa berdamai sama masa lalumu, sahabatmulah yang mengajarkanmu semua itu, dan membantumu untuk memaafkan dirimu sendiri.

13. “Terima kasih telah menyediakan ruang bagiku untuk menyendiri.”

Menyendiri via www.flickr.com

Sahabatmu bukan cuma ingin membagi bebanmu dengannya, tapi juga bersedia memberimu ruang untuk menyendiri. Mereka gak akan mengusikmu ketika kamu memang pengen menyendiri.

14. “Terima kasih udah mempercayaiku.”

Mempercayai via www.flickr.com

Kepercayaan adalah hal paling berharga yang bisa diberikan seseorang kepada sahabatnya. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah menjaga kepercayaan yang mereka berikan, karena kepercayaan yang udah rusak gak akan bisa diperbaiki lagi.

15. “Dan yang paling penting, terima kasih karena kamu telah menjadi DIRIMU sendiri.”

Menjadi diri sendiri via www.flickr.com

Sahabat adalah orang yang gak pernah berpura-pura jadi orang lain di hadapanmu.

Sahabat mungkin adalah hadiah terbaik yang diberikan Tuhan buat kita dalam hidup ini. Mereka bahkan gak mengharapkan kita untuk berterima kasih. Nah, kalo kamu pengen berterima kasih untuk apa buat sahabatmu? Bagikan di kolom komentar yuk.