Makanan merupakan suatu kebutuhan makhluk hidup, tak terkecuali manusia yang memiliki beragam makanan yang dapat dinikmati di berbagai tempat makan.

Di Indonesia, sejak dahulu kala makanan pokok di setiap daerah berbeda-beda misalnya di Papua, masyarakat sekitar mengandalkan sagu sebagai makanan pokok, dan sementara di Jawa, masyarakat terbiasa makan Nasi Jagung (nasi yang terbuat dari tumbukan jagung),

Pada jaman masa penjajahan, Masyarakat Indonesia tidak dapat menanam padi dan memakan singkong (sejenis ubi-ubian), alasan memakan singkong karena kesulitan menanam padi, membeli makanan, dan sebagainya. Sementara singkong dengan mudah tumbuh di pekarangan rumah dan mengenyangkan untuk dimakan.

Sementara masyarakat Indonesia di ranah minang, memakan rendang sebuah makanan khas yang terbuat dari Daging yang dibumbui rempah-rempah. Rendang sudah menjadi makanan bagi orang-orang minang dan tahan lama saat disimpan tidak mudah basi. Rendang dibawa oleh para pejuang kita sebagai makanan yang dikonsumsi dalam perang melawan penjajah.

Berbicara makanan indonesia, kaya akan cita rasa dari sabang sampai marauke dari mulai pedas, asin, dan berbagai rasa
Indonesia memiliki banyak rasa.

Simak 5 Hal ini, untuk mengetahui makanan indonesia yang dinikmati sepanjang masa:

 

1. Bakso

Makanan yang satu ini, Orang Indonesia pasti pernah bahkan sering sekali memakannya. Bakso dibuat dengan tepung terigu, daging sapi dan bumbu penyedab yang dilengkapi dengan bihun, mie, dan sayuran. Asal muasal Bakso tidak diketahui berasal darimana, namun dapat dipastikan bakso berasal dari Pulau Jawa khususnya suku jawa karena terdapat Bakso yang populer seperti Bakso Malang, Bakso Solo, dan ada juga ada bakso dari suku sunda, Bakso Bandung yang rasanya cukup lezat

Bakso biasanya disajikan oleh Abang Tukang Bakso yang biasa mangkal di pinggir jalan atau yang keliling dan harga bakso bervariasi mulai 8000-20000 tergantung sajian yang diberikan si abang bakso.

2. Soto

Makanan ini sejenis Sop karena dalam Bahasa Inggris sebenarnya tidak ada arti dari Soto ini, Tapi di Indonesia Soto berbeda dengan Sop. Di setiap daerah ada saja penyajian Soto yang beragam seperti di Suku Betawi, Soto disajikan dengan daging sapi dan menggunakan susu dalam penyajiannya.

Sementara Soto Lamongan yang disajikan menggunakan daging ayam, kol dengan bumbu yang lezat, dan masih banyak lagi masakan soto di Indonesia. Namun walaupun cara penyajiannya berbeda-beda di setiap daerah, namun rasa soto disetiap daerah tidak jauh berbeda. jadi intinya soto sama-sama lezat.

3. Nasi Goreng

Di suku sunda, kata "Goreng" diartikan dalam bahasa Indonesia "Jelek" yang berarti Nasi Goreng adalah "Nasi Jelek". Tapi jangan liat nama, Nasi Goreng salah satu yang terlegenda dan sepanjang masa di makan oleh masyarakat di Indonesia. Selain itu, penyajian nasi goreng terbilang mudah hanya dibutuhkan Nasi dan bumbu penyedab disertai bawang goreng, kerupuk ditambahkan acar dan lainnya. Karena mudahnya, mungkin itu lah penyebab tukang nasi doreng sangat mudah kita temukan di sekitaran tempat tinggal kita.

4. Sate

Kalo kamu tinggal di kota metropolitan, dan pulang kerja sore hari pasti dijalan ada asap yang mengebul.. tapi itu bukan kebakaran lho. Itu adalah penyajian Sate, sebuah makanan khas Indonesia yang berbahan ayam/sapi atau kambing. Sate dibakar disertai bumbu kecap dan sajikan bersama dengan sambal kacang.

Sate terpopuler dan banyak dimakan Masyarakat Indonesia adalah sate Madura, sate yang disajikan hangat dengan sambal kacang yang pedas nan lezat dahulu biasanya si abang sate ini berjualan menggunakan baju dalam merah putih merah yang merupakan lambang warna dari Suku Mandura.

Dari Minang, ada juga Sate Padang yang tidak kalah nikmati. sama halnya dengan Sate Madura, yaitu disajikan hangat dengan sambal kacang namun biasanya sate padang disajikan tidak terlalu pedas tapi tetap sangat lezat makanan yang satu ini.

5. Rendang

Sempat spoiler mengenai Rendang diawal topik ini . Dan ini penutup kelima dari Sumatera Barat, makanan khas Indonesia, Rendang! Makanan rendang turun menurun orang minang membuat dan mengkonsumsi makanan berbahan daging ini, Rendang biasanya disajikan sebagai makanan favorit dan populer di Nasi Padang yang tersebar di Indonesia. Rendang disajikan dengan Nasi Hangat lebih lezat ditambah sayuran, sayur nangka, sambal cabai hijau khas masakan minang yang membuat rendang semakin membuat gairah makan bertambah.


Jadi, Bakso, Soto, Nasi Goreng, Sate dan Rendang merupakan makanan populer dan dimakan masyrakat indonesia sepanjang masa sampai saat ini era-digital, pasti ada saja dari kita atau teman kita yang memakan salah satu dari 5 makanan yang kita bahas di atas dan saat sebelum memakan tak lupa untuk eksis di sosial media.
Baca dan liat gambarnya bikin laper. mending makan dulu dengan 5 Makanan Khas Indonesia ini.