Mudik adalah rutinitas yang setiap tahun dilakukan oleh kaum muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri. Jika anda tidak kuat menempuh perjalanan yang jauh dengan kendaraan mobil, pesawat, perahu bahkan motor liburan akan menjadi suatu masalah bagi tubuh anda. Ciri-ciri orang yang akan mabuk adalah tubuh bergerak tanpa kendali karena tubuh mengirim pesan saling bertentangan kepada otak, dan timbulah rasa pusing dan mabuk dalam perjalanan.

7 Cara Mengatasi Rasa Mual Dalam Perjalanan Jauh :

 

1. Menyesuaikan Asupan Makanan

Menyesuaikan Asupan Makanan

Menyesuaikan Asupan Makanan via http://www.gudangkesehatan.com

Hindari makanan berat selang akan melakukan perjalanan jauh, konsumsi makanan berlemak kira-kira sehari dapat dicerna oleh tubuh. Jauhi pedas, kafein bahkan alkohol sebelum perjalanan, karena hal ini membuat dehidrasi pada tubuh, ganti minuman tersebut menjadi air putih untuk sementara waktu. Dan sebaiknya perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sebelum perjalanan agar aman untuk tubuh dan dapat cepat dicerna oleh perut. Tetapi disarankan tidak makan dalam porsi banyak.

2. Memilih Kursi yang Tepat

Memilih Kursi yang Tepat

Memilih Kursi yang Tepat via http://www.gudangkesehatan.com

Jika perjalanan anda menggunakan transportasi mobil, diusahakan untuk memilih kursi yang didepan, atau setidaknya mendapatkan kursi yang didekat jendela. Hal ini berguna agar dapat mengalihkan fokus pada 1 titik diluar. Sehingga tidak akan cepat pusing ataupun mual. Beberapa tips ketika mendapatkan kursi yang pas, jangan membaca dalam mobil, karena badan akan mengalami goncangan sehingga mata akan cepat capek dan membuat anda pusing. Tetaplah siaga, tujuannya agar tubuh anda dapat menyesuaikan dengan goncangan mobil hal ini berguna biar badan anda lebih luwes hingga tidak cepat mabuk.

3. Teknik Pernafasan

Teknik Pernafasan

Teknik Pernafasan via http://www.gudangkesehatan.com

Lakukan pernafasan lebih dalam sesekali ketika anda mengalami pusing, hal ini akan menenangkan otak anda sehingga tubuh lebih relaks dan lebih tenang. Hal ini berguna agar terhindar dari rasa mabuk. Caranya, Tutup mulut dan ambil nafas dalam-dalam isi paru-paru dalam hitungan ke-empat, lalu tahan hingga hitungan ke-7 lalu buang melalu mulut hingga hitungan k-8. Lakukan hal ini 3 kali.

4. Tetap Tenang

Lakukan sugesti yang positif, untuk anda yang biasa tidur di mobil dapat isi waktu perjalanan anda dengan tidur. Bila perlu lakukan olahraga ringan beberapa hari sebelum perjalanan, selain membuat imun tubuh lebih kuat, olahraga juga dapat melancarkan metabolisme tubuh, sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya pusing dan mual.

5. Minum 2-4 Cangkir Teh Peppermint

Minum 2-4 Cangkir Teh Peppermint

Minum 2-4 Cangkir Teh Peppermint via http://www.gudangkesehatan.com

Peppermint dipercaya dapat mencegah rasa mabuk ataupun mual dalam perjalanan. Cara membuatnya, sediakan 3 lembar daun peppermint lalu seduh dalam cangkir dengan air panas lalu tutup dan diamkan selama 10menit, lalu minum. Cara lain, dapat membeli tablet peppermint dan konsumsi hingga 2-3 kali dalam sehari.

6. Mengkonsumsi Jahe Sebelum Perjalanan

Mengkonsumsi Jahe Sebelum Perjalanan

Mengkonsumsi Jahe Sebelum Perjalanan via http://www.gudangkesehatan.com

Jahe diyakini dapat membantu mencegah mabuk dan mengatasi rasa mual dalam perjalanan panjang. Cara membuatnya, konsumsi jahe dalam bentuk bubuk, teh, air, atau tablet sebelum bepergian. Dibarengi dengan mengkonsumsi sedikit kue dapat menahan rasa lapar ketika sedang perjalan jauh.

7. Membawa Kayu Putih

Membawa Kayu Putih

Membawa Kayu Putih via http://www.gudangkesehatan.com

Mengoles kayu putih pada bagian perut, leher dan dada dapat mengurangi rasa mual. Diusahakan untuk tidak menggunakan parfum yang menyengat karena hal itu dapat memicu rasa pusing yang berujung pada mual. Hindari merokok dalam perjalanan, terlebih lagi bila orang-orang disekeliling anda bukan perokok, tentunya sangat sedikit oksigen bersih yang mereka hirup dan hal ini dapat memicu rasa pusing pada diri anda dan juga orang-orang sekitar anda.