Apakah kamu berencana atau memiliki resolusi untuk memelihara hewan? Seperti ingin memelihara seekor anak anjing Siberian Husky atau Kucing Persia? Atau mungkin kamu tertarik untuk membeli seekor marmut lucu di Pasar Miinggu?

Dominan orangtua pasti melarang keras jika anaknya akan memelihara hewan dan terkadang itu ada benarnya juga. Cek terlebih dahulu, apakah kamu layak untuk memelihara hewan? Berikut 5 ciri bahwa kamu tak layak untuk memelihara hewan. Simak baik-baik!

1. Orang yang hobi bangun siang dan meletakkan handuk sembarangan belum pantas memelihara hewan. Ubah dulu!

Bermalas-malasan sepanjang hari di depan TV. via https://www.teenlife.com

Jika kamu seorang yang pemalas, seperti malas membersihkan kamar, malas mencuci piring setelah makan, malas olahraga, dan lain-lain. Sarannya, urungkan niatmu untuk memelihara hewan. Mengurusi dirimu sendiri saja malas, bagaimana untuk mengurus seekor hewan?

2. Kamu mungkin bisa lupa meletakkan kunci motor, tapi kalau sampai lupa memberi makan peliharaanmu, bagaimana?

Bingung karena lupa sesuatu. via http://scwrite.blogspot.co.id

Jika kamu seorang yang pelupa, alangkah baiknya kamu urungkan niatmu untuk memelihara hewan seekor pun. Jika kamu sering lupa, nanti ketika sudah memiliki hewan, kamu akan lupa untuk mengurusi mereka, seperti lupa memberi makan, lupa bermain dengan mereka, lupa mengajak mereka keluar, dan lain-lainnya.

3. Alih-alih kucing atau anjingnya lucu, kamu membelinya. Tapi, ini nggak bertahan lama. Ini nih yang nggak boleh!

Advertisement

Have fun with your pet. via http://stockfresh.com

Apakah kamu pernah mendapatkan sebuah hadiah berupa anak anjing saat hari Natal? Atau mungkin mendapatkan seekor Kucing Persia saat ulang tahun. Namun, hewan yang kamu dapatkan tersebut hanya untuk kesenanganmu semata. Beberapa bulan atau setahun kemudian, saat kamu mulai bosan, kamu tinggalkan dan buang mereka begitu saja. Itu sungguh perbuatan yang kejam!

4. Orang yang cuek dan acuh terhadap lingkungan juga belum pantas mengemban amanah sebagai pemilik hewan peliharaan!

Seekor orang utan yang peduli dengan hewan lain. via http://www.grabhouse.com

Apakah kamu masa bodoh terhadap lingkungan sekitarmu? Tidak peduli dengan lingkungan, teman, tetanggamu, dll? Jika kamu tidak peka dengan apa yang ada di sekitarmu, bagaimana jika seandainya kamu sudah memelihara seekor hewan? Kamu tidak peduli tentang kebersihan kandang mereka, jenis makanan yang kamu beri, kesehatan mereka, dll.

5. Berani menerima risiko; hewan sakit, makanan habis sampai permasalahan lain yang lebih parah di rumah

Dua remaja yang harus bertanggungjawab atas perbuatannya. via http://www.thrivingfamily.com

Bagaimana seandainya jika ada salah satu peliharaanmu yang sakit parah? Kamu malah lari dari masalah dan menyerahkan hal tersebut pada ayah atau ibumu. Bagaimana jika seandainya hewanmu tak sengaja tertabrak oleh mobil? Siapa yang akan menguburkannya? Kamu tak layak untuk memelihara hewan apapun jika kamu masih belum bisa untuk bertanggungjawab, sekalipun itu hal-hal kecil.

Apa kalian adalah (calon) pemelihara hewan yang layak? Yuk, cek diri kita masing-masing dulu!