Sebagai makhluk hidup yang tak sendirian tinggal di bumi ini, tentu kita pasti akan berjumpa dengan suasana kurang menyenangkan. Berbagai hal yang kurang menyenangkan tersebut jika terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan terjadinya stres. Tekanan, harapan, dan kenyataan yang ada sering membuat pikiran menjadi tak karuan. Stres yang tak segera diatasi dapat menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari.

Selain berpengaruh pada kinerja sehari-hari, stres juga dapat menimbulkan jerawat yang akan menambah tingkat kejengkelan kita. Maka, jangan panik saat stres melanda. Beberapa cara mudah yang tidak kita sadari sebenarnya dapat membantu mengurangi stres.

1. Bercerita kepada orang lain yang bisa kamu percaya dan bisa memberimu semangat.

Cerita kepada teman menjadi hal yang menyenangkan. via http://www.priotime.com

Yups! Bercerita kepada orang lain bisa mengurangi beban yang ada di dalam pikiran kita. Setidaknya, kita bisa menjadi orang yang tidak terbelenggu dengan permasalahan yang sedang kita hadapi. Namun, harus diingat pula bahwa tidak semua orang bisa menjadi tempat kita bercerita.

Berceritalah kepada orang yang dapat dipercaya. Pilih tipe orang yang selalu menyemangati kita. Jangan sampai kita salah memilih orang dan justru menjadi bahan ejekannya.

2. Alihkan pikiranmu dengan bernyanyi dan menari.

Bernyanyi dan menari dapat mengurangi kadar stres. via http://www.gdynskapielgrzymka.pl

Advertisement

Jangan mengira kalau bernyanyi dan menari hanya bisa dilakukan oleh personil girlband atau boyband aja lho. Kita juga bisa melakukannya saat dilanda stres. Tak perlu malu atau takut jika ada orang lain terganggu akan suara kita. Sebab, tempat karaoke saat ini sudah menjamur.

3. Ubahlah rute perjalanan sehari-hari supaya kamu bisa melihat sesuatu yang baru.

Ada banyak rute menuju tempat tujuan kita. via http://www.lefevre-expert-comptable.com

Bosan dengan rute jalan menuju tempat kerja, kampus, atau sekolah? Maka, mengubah rute jalan bisa menjadi jawabannya. Sesekali kita juga perlu melihat hal baru di dalam perjalanan.

Melihat hal-hal baru bisa mempengaruhi pikiran kita untuk tidak jenuh. Sebab, perlu diketahui bahwa jenuh juga bisa menjadi penyebab seseorang merasa stres.

4. Mandi dan guyur kepalamu dengan air agar segala aura negatif ikut meluntur!

Membasuh badan dengan air dapat menghilangkan kotoran lahir dan batin, via http://www.jdlines.com

Mandi bisa mengurangi stres? Tentu. Mandi tidak hanya sebagai cara untuk membersihkan badan, tetapi juga bisa membersihkan aura negatif dari diri kita. Orang yang stres sangat membutuhkan nutrisi positif lahir dan batin.

Jadi, jika secara lahir sudah kotor, pikiran kotor juga dapat dengan mudah merasuki otak. Gunakan air hangat dan sabun arma therapy yang dapat menenangkan pikiran. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat bukan?

5. Melakukan pekerjaan rumah juga bisa mengurangi kadar stres dalam kepalamu.

Selain rumah jadi bersih, pikiran juga jadi tenang. via http://babyradio.gr

Jangan mengira melakukan pekerjaan rumah adalah hal yang membosankan. Melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu dan mengepel bisa menjadi alternatif cara untuk mengurangi kadar stres.

Jika seseorang sedang dilanda stres, maka jangan sampai kondisi lingkungan justru memperburuk pikiran. Kebersihan rumah yang tidak terjaga akan semakin meningkatkan rasa stres.