Saat perjalanan jauh kita biasanya menggunakan kendaraan umum atau mobil pribadi pasti akan terasa sangat lelah karena sering menjumpai macet, udara panas, dan lainnya. Berbeda dengan menggunakan pesawat terbang, karena kemacetan hanya dirasakan saat menuju dan keluar bandara. Seharian menggunakan jalur darat tanpa sadar membuat badan jadi gampang lelah dan daya tubuh menurun.

Bahkan setelah sampai tujuan, kita melupakan untuk beristirahat karena sibuk mengatur jadwal untuk piknik. Biasanya gejala masuk angin yang datang seperti badan terasa pegal, perut kembung, batuk pilek, sakit kepala, demam, bahkan sampai meriang, dan lainnya.

Memang masuk angin bukan penyakit berbahaya, tapi jangan disepelekan karena setelah masuk angin mendera, virus penyakit lainnya bisa saja menjangkiti badan kita yang sedang tidak dalam kondisi fit.

Nah, mungkin kamu bisa melakukan 5 hal ini ya, guys! agar masuk angin tidak lagi mengganggu harimu saat berpergian:

1. Daripada perut kosong dan kelaparan, mending isi perut dulu

jangan lupa makan via https://www.mariefrance.co.id

Jangan terlalu meremehkan makan ya, karena tubuh kita butuh energi. Apalagi kalau perut kosong bisa menyebabkan iritasi lambung dan merangsang reflek mual dan muntah. Makan itu perlu dalam porsi yang cukup dan tidak terlalu berlebihan. Kurangi juga mengkonsumsi makanan berlemak tinggi dan yang mengandung gas tinggi seperti makanan pedas, minum terlalu banyak jus atau olahan buah-buahan sebelum keberangkatan juga enggak disarankan ya guys.

2. Biar badan tetap hangat, jaket atau baju hangat jangan lupa di bawa

Kalau berkendara dengan kendaraan pribadi, khususnya dengan motor jangan melupakan yang satu ini ya, jaket dan baju hangat. Karena dengan menempuh jarak yang cukup jauh tubuh kita akan terkena angin yang kencang, Maka baju hangat atau jaket mampu menutupi bagian tubuh. Dan kabar baiknya adalah  menjaga suhu tubuh kita agar tetap hangat berarti kita sudah ikut menjaga sistem kekebalan tubuh kita agar terhidar dari penyakit. Apalagi tujuan kita memiliki suhu sangat dingin, baju hangat tentu sangat diperlukan.

3. Istirahat yang cukup

Advertisement

Kalau udah menetapkan tanggal berangkat untuk berpergian, sehari sebelumnya kita harus beristirahat yang cukup agar badan fit dan tidak gampang terserang masuk angin. Tidur yang baik adalah 8 jam sehari, dengan istirahat yang cukup membuat kita siap melakukan perjalanan yang jauh. 

4. Tidak merokok atau mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein

hindari rokok dan kafein via https://remajacerdascom.wordpress.com

Menikmati rokok dan minuman yang mengandung kafein saat akan sangat tidak disarankan karena bisa menyebabkan pembuluh darah di tangan dan kaki menyempit, sehingga membuat telapak tangan dan kaki jadi dingin. Dalam kondisi ini badan sangat mudah terkena masuk angin.

5. Mengkonsumsi minuman dingin dapat menyebabkan panas dalam dan berujung masuk angin

minum air yang banyak via http://www.wartaplus.com

Dalam segala hal air sangat baik dan sangat disarankan oleh dokter sebagai obat untuk mencegah datangnya penyakit. Dengan mengkonsumsi air yang cukup diharapkan cairan dalam tubuh tidak berkurang selama kita sakit. Namun untuk mencegah datangnya masuk angin, hindarilah minuman dingin karena akan memicu panas di dalam tubuh, sehingga badan menjadi tidak stabil dan kamu malah lebih gampang terserang masuk angin.