1. Kimchi

Kimchi sang primadona via http://www.surakoreancuisine.com

Siapa sih yang nggak kenal Kimchi? Makanan satu ini sudah menjadi ikon makanan khas Korea yang nggak kalah mendunianya sama K-Drama ataupun K-Pop. Kimchi ini adalah makanan fermentasi dari sayuran, biasanya sawi yang dicampur dengan pasta cabai khas Korea. Rasanya asam-asam gitu karena merupakan salah satu olahan fermentasi. Saking mendunianya si Kimchi ini, sekarang kamu nggak perlu jauh-jauh ke Korea sana untuk bisa mencobanya karena restoran-restoran Korea yang ada di Indonesia pasti menyediakan Kimchi ini di menu mereka.

2. Samgyetang

Samgyetang makanan asli leluhur Korea via https://www.google.com

Samgyetang ini adalah sup ayam ginseng khas Korea. Biasanya kuahnya berwarna putih dengan ayam utuh yang dimasak rebus. Kalau di drama-drama Korea, biasanya Samgyetang dimakan bersama-sama satu keluarga. Bagian yang paling sering diperebutkan saat makan Samgyetang adalah paha ayamnya. Ini yang selalu penulis lihat di drama-drama Korea hehehe..

3. Samgyeopsal

Krenyes-krenyes seladanya kalau digigit via https://www.google.com

Advertisement

Samgyeopsal ini adalah daging bakar bungkus khas Korea. Kalian yang sering nonton drama Korea pasti pernah melihat salah satu scene di mana para pemainnya lagi makan-makan daging bakar yang dibungkus dengan daun selada. Nah itulah Samgyeopsal. Samgyeopsal ini juga biasanya dimakan bersama-sama baik itu dengan keluarga atau teman-teman sekantor. Teman makan Samgyeopsal ini biasanya adalah Soju, minuman beralkohol khas Korea.

4. Japchae

Mirip-mirip tumisan soun di Indonesia ya hehehe via https://www.google.com

Japchae adalah tumisan soun khas Korea. Biasanya dicampur dengan sayuran seperti wortel dan daun bawang. Sebenarnya japchae tidak benar-benar ditumis di wajan seperti menumis pada umumnya, tetapi Japchae ini hanya dicampur dan diaduk jadi satu dalam satu wadah dengan ditambahkan minyak wijen. Sejauh ini seperti itu sih yang sering penulis lihat dari drama-drama Korea yang pernah penulis tonton hehehe.

5. Teokbokki

Kenyal-kenyal di mulut yumiiie via https://www.google.com

Nah untuk makanan satu ini pasti kamu pencinta drama Korea sudah akrab banget. Teokbokki ini adalah jajanan khas Korea yang biasanya dijual di warung-warung tenda pinggir jalan. Teokbokki adalah kue beras yang dibumbui dengan pasta cabai khas Korea, Gochujang. Teokbokki juga nggak kalah mendunianya sama Kimchi, terbukti sekarang untuk mencoba Teokbokki ini kamu nggak perlu jauh-jauh ke Korea karena di Indonesia sudah banyak yang menjual. Rasanya kenyal-kenyal pedas walaupun kalau untuk ukuran lidah orang Indonesia mungkin nggak seberapa pedas ya, termasuk lidahnya penulis hehehe.

Sebenarnya masih banyak makanan-makanan khas Korea yang sering kita jumpai di drama-drama Korea yang kita tonton, tapi lima makanan di atas penulis anggap mewakili dari makanan-makanan khas lainnya yang sering muncul di Drama Korea. Mungkin untuk makanan-makanan khas lainnya bisa kita bahas bersama di artikel selanjutnya hehehe..