Pernah gak sih ngerasa jenuh dengan hari liburmu (entah weekend atau pas tanggal merah) yang cuma bisa kamu nikmati di rumah atau di kosan? Padahal biasanya kamu ada aktivitas harian yang kamu lakuin kalau kamu masuk kerja atau kuliah. Pasti 90% kamu ngerasa kalau hidup kamu gak asik, monoton, dan kalau ibarat makanan rasanya hambar tanpa rasa. Kalau udah kayak gini pasti rasanya pengen marah sambil teriak kenceng “AKU HARUS BAGAIMANA DAN NGAPAIN?!?!?”

Tapi nggak mungkin juga kan ya kita teriak-teriak kenceng gitu di rumah. Emang kita lagi tinggal sendirian di pulau kecil di tengah lautan? Hehehe... nggak mau dong ya kalau cuma masalah kayak gitu kita jadi stress beneran atau mendekati gila. Duh... jangan sampai deh yak. Jenuh memang salah satu musuh terbesar kita yang nggak bisa kita buang 100%, tapi dia bisa kita kendalikan dengan hal-hal berikut yang bisa meluluhkan jenuh.

 

1. Tata ulang letak perabotan kamarmu biar ada suasana baru.

Kamar adalah sumber semangat utama.

Kamar adalah sumber semangat utama. via https://www.pinterest.com

Kamar adalah tempat yang paling sering kita kunjungi dan gunakan untuk melakukan aktivitas . Jadi, Biasanya cara ini ampuh banget nge-recharge semangat biar gak jenuh atau bosen. Meskipun sebagian orang kadang males ngelakuinnya, tapi coba deh, tata ulang letak perabotan kamarmu. Kamu bisa mindahin posisi kursi, meja, tempat tidur atau almarimu ke posisi yang lain. Kalau yang asalnya di timur, bisa kamu pindah ke barat atau ke arah lain sesuka dan senyaman kamu. Jangan lupa ganti sprei dan gordyn-mu sesuai dengan warna yang kamu suka. Trus, kalau masih ngerasa flat, bisa kamu tambahin hiasan sebagai pemanis mata. Semisal sebuket bunga segar dari taman sendiri juga bisa kok jadi pemanis...

2. Masak makanan favorit bareng si dia. Atau kalau mau lebih menantang, masak menu baru bareng si dia.

Masak bersama di dapur

Masak bersama di dapur via https://www.pinterest.com

Pacaran ke tempat romantis yang banyak kerlap-kerlip lampu sambil diiringi alunan musik romantis, nge-mall, atau nge-pantai itu mah udah mainstream. Ngehabisin waktu luang bareng si dia di dapur sambil masak juga bisa kok dibilang romantis. Kalian bisa menertawakan kekonyolan kalian atau kebingungan kalian dengan bumbu dapur dan teman-temannya yang sesekali ngebuat kalian adu mulut kecil-kecilan bareng dia dan setelah masakan matang, kalian akur lagi sambil menikmati masakan kalian. Kalau udah gini ending-nya, masak mau jenuh lagi sih?

3. Baca buku. Kayaknya buku yang dibeli seminggu/sebulan yang lalu masih mangkrak tuh di rak buku.

Buku membawa kebahagiaan dalam setiap lembarnyam

Buku membawa kebahagiaan dalam setiap lembarnyam via https://www.pinterest.com

Beli bukunya udah beberapa hari yang lalu atau beberapa bulan yang lau atau bisa jadi setahun yang lalu, tapi masih tertata anggun di deretan buku-buku lama di rak buku. Gak ada salahnya kok kalau ini menimpamu. Barangkali kamu lagi sibuk dan belum sempet untuk ngebacanya, dan bakalan kamu baca kalau kamu sudah ketemu waktu luang. Siapa bilang baca buku malah nambah jenuh atau bosen? Buat kamu yang suka baca buku, ini bisa jadi hiburan kamu kala jenuh atau penat. Tapi, pilih yang content-nya ringan, seperti novel fiksi atau komik.

4. Belanja. Bagi cewek, belanja adalah kenikmatan surga dunia.

Salah satu kebahagiaan dunia bagi cewek

Salah satu kebahagiaan dunia bagi cewek via https://www.pinterest.com

Bagi sebagian kaum Hawa, belanja saat galau, jenuh, suntuk atau apalah yang seirama dengan itu semua, adalah waktu yang nggak tepat. Masak sih? Enggak juga kok ladies... asalkan kita pandai mengelola pengeluaran kita. Kita bisa ngebatasi mana yang jadi kebutuhan dan mana yang jadi keinginan. Nah, tapi sesekali nggak ada salahnya kok kita belanja barang yang udah lama kita incer. Tapi jangan sering-sering ya, ladies... kalian nggak mau kan kejenuhan kalian merambah ke galau gara-gara isi dompet menipis dalam sekejap atau kartu kredit semakin membengkak tagihannya? Kalian bakal ketemu dengan si jenuh lagi dong...

5. film. Ada film baru yang baru tayang perdana di bioskop. Tonton aja!

Bioskop, tempat yang tak pernah sepi.

Bioskop, tempat yang tak pernah sepi. via https://www.pinterest.com

Mumpung ada waktu luang tak ada salahnya pergi ke bioskop ikut ngantri buat dapetin tiket film terbaru. Siapa tau filmnya bagus dan nggak mengecewakan hatimu . Trus kalau nanti ada yang ngobrolin film ini, kamu kan bisa nyambung dan bisa ngasih testimoni ke teman-temanmu mengenai film tersebut.

6. Nongkrong bareng sahabat juga nggak ada ruginya. Biar nggak sama pacar terus...

Seorang sahabat selalu bisa nerima kita apa adanya

Seorang sahabat selalu bisa nerima kita apa adanya via https://canteenmybook.files.wordpress.com

Emang kalau jalan harus sama pacar terus? Duh, sepertinya ada orang lain deh yang keberadaannya kita acuhkan. Yup. Sahabat. Masak sih kita melupakan orang yang hampir setiap saat kita butuhkan keberadaannya selain keluarga dan pacar? Bahkan terkadang sahabat itu jauh lebih peka daripada pacar kita loh. Karena seringnya kita bersama dia, jiwa kita seakan menyatu tapi raga kita terpisah. Ngobrolin apa saja dengan sahabat kadang terasa lebih nyaman dan bebas dari pada sama pacar yang kadang untuk sendawa saja kita malu minta ampun. Tapi kalau sama sahabat, malu itu hilang! Dan kalau sudah ngobrol kesana-kemari jenuhpun kadang berubah jadi gelak tawa yang tak ingin berakhir.

 

Nah, masih mau marah-marah sama si jenuh? Masih rela ngeluarin tenaga dan pikiran kita hanya mikirin bagaimana cara membunuh si jenuh? Mulai sekarang coret pake spidol item rencana buat ngebunuh si jenuh, karena kita  nggak bakalan bisa ngebunuh si jenuh. Karena dia bakalan balik lagi dan lagi. Yang bisa kita lakuin Cuma memeluk si jenuh dengan sayang agar dia luluh. OK, guys? So, jangan jenuh atau bosen lagi yak.