Berawal dari diterimanya lamaran pekerjaan saya di suatu kota daerah lain, membuat saya merantau ke kota tersebut. Sempat susah terkadang memilih menu makanan setiap harinya. banyak yang beranggapan kalau saya terlalu boros dalam hal memilih makanan. Tapi menurut saya sendiri, makanan adalah kebutuhan primer yang wajib terpenuhi jadi tak masalah sesekali memilih menu makanan tanpa terpengaruh harga yang tertera.

Berikut beberapa alasan mengapa saya tidak menempatkan harga sebagai kriteria pertama dalam memilih makanan di kota perantauan :

 

1. Masakan Khas Kampung Halaman Sebagai Penawar Rindu

Bandeng-Presto-Sambel-Balado via http://kintakun-collection.co.id

Agak mahal terkadang bila kita membeli menu makanan daerah di kota perantauan. Harga makanan khas daerah lain di kota perantau terkadang mencapai 2x lipat dari harga di daerah asalnya. Namun bagaimanapun makanan daerah sendiri atau makanan khas keluarga adalah obat penawar rindu di kota perantauan. Cukup seporsi bandeng presto, sarden pedas, soto khas daerah, sekilas bisa mengobati rindu saya akan rumah.

2. Mau Orang Bilang Mahal atau Murah, ‘Kan Kita yang Makan

Tak perlu repot mendengarkan pendapat orang lain yang belum tentu kebenarannya. Tetaplah makan sesuai selera walaupun terkadang mahal atau murahan karena setiap orang berhak untuk makan sesuai selera. Ada seseorang yang porsi makanannya masinya harus banyak, ada yang suka pedas, ada yang suka makan cemilan atau gorengan, ada yang suka mie dengan keju dan lain lain.

3. Sesekali Makan Makanan Mewah Ya Bolehlah

Advertisement

Kepiting-Asam-Manis-Sungguh-Menggugah-Selera via http://ranselkecil.com

Tak masalah sesekali makan makanan mewah. Buatlah dirimu puas akan hasil kerja atau simpanan uang sakumu. Sepiring mie kepiting, steak, nasi goreng kambing tidak akan mengecewakan bila anda memang sedang menginginkannya. Anggap saja sebagai self-reward.

4. Tetap Butuh Asupan Sayur dan Buah

Buah , sayur dan Jus via http://ikhsanresep.com

Tubuh juga memerlukan nutrisi dari buah dan sayuran. Janganlah lupa untuk selalu memakannya, gak enak kan kalau di kota perantauan kamu terkena sakit. Pastikan juga buah dan sayuran yang dihidangkan adalah buah dan sayuran yang masih segar. Tetaplah was-was dalam memilih buah dan sayuran, beli pada tempat yang sudah terpercaya agar nutrisi yang didapatkan maksimal.

5. Selalu Bersyukur dengan Apa yang Telah Kita Makan.

Apapun makanan dan minuman yang dihidangkan, janganlah lupa bersyukur kepada yang Tuhan atas rejeki yang telah diberikan. Berdoalah sebelum dan sesudah makan diharapkan makanan yang kita makan adalah makanan yang aman dan higenis. Tuhan akan selalu memberi rejeki kepada orang-orang yang bersyukur.