Tugas kuliah kadang membuat kita sakit kepala. Bagaimana tidak, rasanya belum selesai satu tugas sudah ada tugas lain yang menunggu di belakangnya. Waktu yang terbatas memaksa kita sedikit berimprovisasi, agar segala tugas selesai sebelum waktu tenggat yang disepakati.

Untuk menghindarkan dirimu terjebak dalam lingkaran setan, berikut Hipwee akan memaparkan beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar tak merasa bosan dan tertekan ketika sedang mengerjakan tugas kuliah berat.

1. Sepulang kuliah, istirahatkan sejenak tubuh dan pikiranmu sebelum mengerjakan tugas dari dosen

Istirahat dulu via jmunapnook.com

Setiba dirumah maupun kos, jangan langsung mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan dosen padamu. Istrihat-kan tubuh dan pikiranmu. Istirahat ini sangat penting untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiranmu. Mungkin kamu bisa mencoba untuk tidur-tidur ayam sambil mendengarkan musik favoritmu. Atau kamu bisa juga sebentar menonton acara favoritmu di televisi. Baru setelah itu, ketika otak sudah segar kembali, kamu dapat memulai mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan oleh dosen kepadamu.

2. Pastikan bahwa semua pekerjaanmu di kos-kosan sudah beres semua sebelum mengerjakan tugas kuliah

Bereskan semua pekerjaan rumah via www.femside.com

Advertisement

Yang namanya anak kuliahan memang harus mandiri dengan mengerjakan semua kebutuhannya seorang diri. Nyuci sendiri, makan nggak ada yang nyiapin, dan beres-beres kamar pun sendiri. Misalnya saja jika ada pakaian yang harus dibawa ke binatu, maupun motor yang mesti diservis ke bengkel, semuanya harus kamu kerjakan terlebih dulu sebelum memulai mengerjakan tugas kuliah. Hal-hal yang terlihat sepele ini justru secara tak langsung akan sedikit banyak memenuhi pikiranmu. Jika semuanya telah beres, akan ada perasaan puas dan lega di dalam hatimu. Kamu pun akan semakin semangat untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah yang menggunung.

3. Jika kamu memiliki kebiasaan mengerjakan tugas di tempat-tempat yang berbeda, mulai saat ini carilah tempat yang nyaman

Temukan tempat yang nyaman untuk belajar via tumblr.com

Cari-lah sebuah tempat yang tenang. Kamu yang selam ini tak pernah menemukan tempat yang cocok, namun pastikan jangan diatas tempat tidur. Alih-alih mengerjakan tugas, kamu malah akan ketiduran. Mending jika hanya 5 sampai 10 menit. Bayangkan jika kebablasan dari pagi sampai sore, berapa jam waktu yang terbuang sia-sia? Pastikan tempat tersebut nyaman untukmu, jangan coba-coba belajar di ruang tamu maupun ruang keluarga. Kamu tak mau kan, kegiatan belajarmu terganggu. Belajar saja di dalam kamar, pastikan kamarmu bersih dan wangi supaya kamu bisa tambah semangat.

4. Ibarat perang, mengerjakan tugas kuliah juga membutuhkan perlengkapan dan persenjataan lengkap. Maka siapkan semuanya sebelum kamu memulai

Siapkan segala perlengkapan via internationalprojects.biz

Kuota internet untuk riset? Buku-buku yang kamu pinjam dari perpustakaan? Coretan kertas yang telah direvisi dosen pembimbingmu? Kalkulator? Dan berkas-berkas pendukung lain apakah sudah siap?

Mengerjakan tugas kuliah juga memerlukan persiapan dan tenaga yang ekstra. Kamu harus menyiapkan segala hal yang diperlukan agar disela-sela kegiatanmu mengetik, kamu tak perlu direpotkan mencari-cari semua perlengkapan tersebut. Dengan begini, kamu akan bisa lebih fokus dalam menyusun tugas-tugas kuliahmu.

5. Rapikan meja belajarmu, singkirkan barang-barang yang tak perlu yang akan mendistraksi konsentrasimu

Rapikan meja belajarmu via wonderlandblog.jpg

Matikan smartphone, iPod, majalah, teka-teki, atau mainan apapun dari atas meja. Jangan tergoda untuk berselancar di dunia maya sebelum kamu menyelesaikan risetmu melalui komputer. Tahan keinginan untuk mengobrol dan membuka media sosial. Meski terlihat sepele, aktifitas ini justru membuatmu kecanduan, dan tanpa sadar banyak waktu yang telah terbuang untuk membalas atau sekedar komentar status kawan-kawanmu.

6. Kerjakan tugas yang paling mudah dan paling mengasyikkan terlebih dulu

Kerjakan hal yang mudah terlebih dahulu via learningenglish.voanews.com

Tugas-tugas kecil dan ringan akan membuatmu lebih percaya diri untuk melakukan hal-hal lain yang lebih berat. Tugas-tugas yang mudah juga akan sedikit membimbingmu melangkah ke tugas-tugas yang lebih susah. Daripada waktu-mu terbuang memikirkan tugas berat, kamu akan lebih cepat bosan dan jenuh. Aktifitas belajarmu pun akan semakin tak menentu.

7. Saat merasa jenuh dan lelah, beristirahatlah sejenak

Istirahat sambil mendengarkan musik kesukaanmu via floatingindreams.com

Hampir sama seperti poin satu diatas, kegiatan belajar dan mengerjakan tugas akan sangat banyak menguras tenaga serta pikiran. Seperti dilansir dalam sebuah penelitian, seseorang hanya mampu melakukan konsentrasi dalam 25 menit pertama. Selanjutnya jika kita telah sampai pada titik jenuh dan dipaksa melakukan pekerjaan, kita tidak akan bisa fokus dan pikiran-pun akan menjadi buntu.

Kamu bisa memutar musik kesukaanmu, sedikit tarik nafas, atau bisa juga berjalan-jalan sebentar keluar rumah selama kira-kira lima menit. AKtifitas ini akan kembali menyegarkan pikiranmu, dan kamu-pun dijamin akan lebih siap kembali mengerjakan tugas-tugas yang belum rampung.

8. Beri hadiah pada dirimu sendiri kalau kamu berhasil merampungkan tiap tugas-tugasmu

Hibur diri-mu sendiri via stereochicago.com

Hanya duduk di depan komputer setiap hari untuk belajar tak akan baik untukmu. Sesekali, beri-lah perhatian pada tubuh dan pikiranmu. Beri hadiah pada diri-mu sendiri, sebagai ungkapan apresiasi dan rasa syukur bahwa kamu telah berhasil menyelesaikan sebagian tugas-tugasmu. Hal ini juga akan membuatmu lebih semangat menghadapi tantangan-tantangan selanjutnya.

Pergi ke pantai, mendaki gunung, menghadiri pesta, maupun menonton acara konser bersama teman-teman bisa jadi merupakan pilihan tepat.Otak perlu diberi waktu untuk istirahat dan menikmati waktu luang. Aktifitas ini juga bisa disebut sebagai “penghargaan terhadap diri sendiri” sehingga kamu bisa lebih percaya diri dan lebih produktif lagi di kemudian hari.

Oke, itulah beberapa saran dari Hipwee bagi kamu yang ingin lebih santai dalam mengerjakan tugas-tugas kuliahmu. Jika kamu semangat belajar, maka bukan tak mungkin jika dalam ujian kamu akan mendapat nilai A. Good luck!