Usia kepala dua merupakan akhir dari masa remaja serta awal dari masa dewasa. Sebagai seorang gadis yang hampir menjadi wanita dewasa sepenuhnya, kamu harus pandai memaksimalkan potensi diri. Kamu tak perlu kok mengikuti kursus mahal demi memperkaya talenta maupun mengikuti sekolah kepribadian demi tampil memukau.

Hal-hal yang perlu kamu lakoni untuk memperkaya diri sekaligus membuat hidupmu makin bermakna sebenarnya sangat sederhana. Di artikel ini akan Hipwee uraikan semuanya.

Rajin membersihkan sekitaran akan membentukmu menjadi pribadi yang peduli pada kesehatan

mulailah peduli pada kebersihan via blog.pof.com

Sebagai seorang gadis yang akan segera menjadi wanita dewasa, menjaga kebersihan tentu wajib hukumnya. Kamu tak boleh lagi teledor dan meninggalkan kamar dalam kondisi berantakan dengan barang bertebaran. Ataupun alpa untuk mempedulikan kebersihan diri, seperti malas potong kuku atau mencuci rambut. Kamu tentu sudah tahu bahwa kebersihan merupakan pangkal dari kesehatan. Jarang menjaga kesehatan tentu akan membuatmu rentan teserang ragam penyakit.

Selain itu, kamu akan menjadi wanita dewasa sekaligus ibu bagi buah cintamu di masa depan. Oleh karenanya, mendisiplinkan diri untuk selalu memelihara kebersihan tentulah hal penting yang harus kamu junjung sedari sekarang. Hal ini tak akan membuatmu merugi, justru kamu akan memetik hasilnya di kemudian hari. Percayalah, mendisiplinkan diri sedini mungkin akan mempermudah langkahmu ketika kamu telah menyandang status sebagai seorang ibu. Jadi, tak ada salahnya kan membuat calon pendamping serta calon buah hatimu bangga dari sekarang? Toh, kesehatan mereka sedikit banyak bergantung kepadamu.

Tekuni salah satu kegiatan olah tubuh supaya ragamu tetap bugar dan segar serta tidak mudah tumbang di usia yang produktif ini

Advertisement

tekuni salah satu kegiatan olah tubuh via eathealthytrainhard.tumblr.com

Selain menjaga kebersihan, kamu juga bisa mengikuti berbagai kegiatan olah tubuh sedari sekarang. Hal ini akan berguna menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah tumbang saat digilas dengan beragam kesibukan. Selain kesehatanmu terjaga, olah tubuh yang kamu tekuni tentu akan membawa dampak positif lainnya. Salah satunya berat badan serta bentuk tubuhmu yang ikut terjaga.

Kamu bisa mengikuti berbagai senam, berenang, fitness, hingga yoga. Padatnya rutinitas tentu tak boleh menjadi alasan utama. Kamu cukup meluangkan satu hingga dua jam waktumu setiap minggu untuk melakoni kegiatan bermanfaat ini. Sungguh, usia muda ini harus kamu manfaatkan semaksimal mungkin untuk merawat tubuh sendiri sehingga tidak ada sesal yang akan kamu temukan di kemudian hari.

Perkaya diri dengan ragam bacaan, ini sekaligus cara jitu untuk memperluas wawasan

perkaya diri dengan ragam bacaan via writerswillrelate.tumblr.com

Bukan suatu rahasia lagi jika buku merupakan jendela dunia. Melalui buku pula kamu bisa menimba ilmu demi memperluas wawasan yang kamu miliki. Sosokmu sebagai manusia pun makin kaya karena memiliki ilmu yang berbagai rupa di kepala.

Walaupun melahap banyak buku akan membuatmu dicap sebagai si kutu buku. Namun itu bukan merupakan hal yang patut dipermasalahkan karena banyak manfaat yang bisa kamu cecap. Saat berbincang dengan lawan jenis, kamu tak akan kehabisan bahan pembicaraan. Pun kamu bisa makin bangga terhadap diri sendiri. Tak sekedar pandai bersolek di depan kaca, namun banyak timbunan ilmu yang ada di lingkar kepala. Jadi, masihkah ada alasan yang kamu lontarkan untuk menolak membaca?

Pandailah memilah teman agar nantinya tak terjerumus sehingga hanya sesal yang kamu dapatkan di akhir hari

pandai-pandailah memilah teman via 1dx5sos-preferences.tumblr.com

Selain keluarga, teman dan sahabat merupakan kumpulan manusia yang terbiasa mengisi hari-harimu. Mereka yang selalu ada dan memberikan tameng semangat agar kamu tak limbung diterpa badai permasalahan. Mereka pun juga hadir dan menjadi saksi saat kamu mencicipi kebahagiaan yang ditawarkan oleh dunia.

Namun, kritis serta mampu memilah teman merupakan hal penting yang harus kamu lakukan. Tinggalkan mereka-mereka yang mampu menyesatkan dan bisa menjauhkanmu dari rute kehidupan yang benar. Sebaliknya, rangkul mereka yang sungguh menyayangimu dan selalu ada di setiap kondisi kehidupan yang sedang kamu lakoni. Sungguh, memiliki sahabat yang tepat akan menciptakan kebahagiaan berlipat.

Belilah benda berharga dengan uang hasil keringat sendiri, sebagai piala penghargaan bahwa kamu mampu berdiri di atas kaki sendiri

beli benda berharga dengan uang keringat sendiri via www.tumblr.com

Di usia yang sudah menginjak kepala dua ini tentunya kamu sudah mengecap pahit manisnya dunia pekerjaan. Pundi rupiah yang kamu terima dalam wujud gaji tentulah tak boleh ludes tanpa makna. Selain untuk biaya kebutuhan sehari-hari, kamu juga bisa meluangkan separuhnya untuk kemudian ditabung.

Namun, selain dua hal itu sebenarnya ada yang lain yang bisa kamu lakoni. Hal ini sekaligus sebagai upaya mengingat hasil jerih payah sendiri. Dengan menggunakan uang keringat sendiri, kamu bisa mulai membeli barang berharga yang memang kamu butuhkan, misalnya saja kredit sepeda motor, atau bahkan kredit emas yang juga bisa berfungsi sebagai ajang investasi.

Membeli barang berharga yang bermanfaat dengan keringat sendiri akan mengingatkanmu bahwa sekarang kamu sudah mandiri dan tak menggantungkan hidup pada orang lain. Pun kamu akan merasa bangga pada diri karena bisa berjuang hingga di titik ini. Sehingga jika suatu saat kamu merasa limbung, kamu bisa mengingat betapa besar perjuanganmu melalui barang-barang yang terbeli dengan hasil keringat dan energi yang terperas.

Selalu memandang segala sesuatunya dari kacamata positif, agar hidup ini semakin mudah dilakoni

lihat dari sudut positif via 1dx5sos-preferences.tumblr.com

Hidup manusia itu hanya sekali dengan rentang waktu yang terhitung singkat. Kamu tentu tak boleh menyia-nyiakan waktu untuk tidak menikmati hidup yang saat ini Tuhan beri. Walaupun kehidupan manusia tak luput dari hadirnya ragam persoalan kehidupan, namun tentu hal itu bukanlah alasan wahid untukmu merapal keluhan.

Selalu pilih sudut pandang positif untuk melihat segala sesuatu yang ditawarkan oleh dunia. Hal ini tentu akan membuatmu makin mudah melakoni serta gampang merapal kata syukur di setiap cobaan yang kamu alami. Jalani hari dengan ringan, anggap saja cobaan sebagai tamu yang bertandang sementara.

Geluti dan tekuni hobi sebagai wadah untuk berkarya, selagi kamu masih punya waktu dan tenaga

geluti hobi selagi kamu masih punya waktu dan tenaga via pixshark.com

Di usiamu yang menginjak kepala dua ini, pembuluh darahmu pastilah masih dialiri sisa-sisa gejolak masa muda. Kamu memiliki ragam hobi yang bisa ditekuni demi memperkaya talenta yang kamu punya. Sungguh, inilah saat yang tepat untuk kembali menggeluti hobi. Ini merupakan wadahmu untuk berkaya selagi kamu masih memiliki banyak waktu luang dan tenaga yang masih belum habis terkuras.

Kamu bisa kembali menekuni hobi yang dulu sempat menjadi minatmu ataupun mencari hobi baru. Kamu bisa berkebun, merajut, menulis, atau bahkan menekuni alat musik. Selain memperkaya diri siapa tahu hobi yang kamu punyai bila ditekuni bisa menghasilkan. Tidak ada ruginya kan menekuni hobi sedari sekarang?

Miliki kendali atas hidupmu sendiri dan jangan segan untuk mengatakan ‘tidak’ pada sesuatu hal yang tak sesuai kata hati

jangan segan untuk mengatakan tidak via pixshark.com

Sudah menginjak usia yang hampir dewasa itu artinya kamu harus bertanggung jawab dan memiliki kendali atas hidup sendiri. Biasakan untuk vokal mengatakan kata hati. Pun kamu harus bisa mengatakan ‘tidak’ pada hal-hal yang memang tak sesuai dengan nuranimu.

Jangan pernah takut hal itu akan mengecewakan orang lain. Kamu adalah pemimpin di hidupmu sendiri dan tugas utamamu adalah menyenangkan diri dan merasa bebas sebagai manusia. Biarlah kejujuranmu tak memuaskan banyak orang, yang terpenting kamu tidak mengecewakan dan membohongi nurani.

Jadi, sudahkah kamu menjalani poin-poin di atas demi membuat usia 20an mu terasa makin bermakna?