Dalam kehidupan kamu sehari-hari kamu pastinya punya kebiasaan-kebiasaan kecil kan. Kadang sering lho gak kamu sadari kebiasaan-kebiasaan kecil itu termasuk kebiasaan yang gak baik.Tapi ternyata kebiasaan-kebiasaan kecil itu secara gak kamu sadari ternyata berpotensi ngerusak bangsa kamu pelan-pelan.

Sebagai anak-anak muda, kamu perlu tahu nih kebiasaan-kebiasaan kecil yang  bisa menghancurkan bangsa kamu secara pelan-pelan. Penulis Ryan Sugiarto menuliskan  “55 Kebiasaan Kecil Yang Menghancurkan Bangsa”. Beberapa diantaranya Hippwee berikan sama kamu. Cek yuk!

1. Kamu suka meremehkan waktu dan gak disiplin

tepat waktu via www.flickr.com

Ini nih kebiasaan sepele yang pelan-pelan bisa ngancurin bangsa kamu. Suka gak tepat waktu. Kebiasaan kecil ini sering lho dianggap remeh, tapi kalau dilakuin terus menerus bisa nurunin produktivitas orang-orang dan juga bangsa kamu.

2. Kamu terbiasa bangun kesiangan

terlambat bangun via www.insightwalk.com

Advertisement

Yups kebiasaan bangun pagi itu penting. Selain kamu lebih bugar, kamu bisa jalani hari dengan lebih semangat. Tapi tetap aja kebiasaan bangun siang terus dilakukan.

Padahal kebiasaan ini bikin kesempatan yang seharusnya bisa kamu dapatkan terpaksa terbuang sia-sia. Kamu gak mau kan rejekimu di patok ayam?

3.  Sering terlambat masuk kantor atau sekolah

terlambat kerja via www.flickr.com

Kalau kamu perhatiin, pasti dari sekian banyak teman satu kantor ada satu atau dua yang suka telat. Suka datang mepet dengan waktu masuk jam kantor. Dan sudah pasti biasanya mereka langganan dipanggil si bos atau HRD.

Coba deh kamu bayangin kalau semua orang terbiasa banget buat telat masuk kantor. Bukan hanya perusahaan yang kurang benefit tapi lama kelamaan bangsa ini yang susah banget buat maju karena orang-orangnya hobi banget nelat.

4. Suka menunda-nunda dan biasa dengan sistem SKS

suka menunda waktu via www.flickr.com

Kamu suka nunda pekerjaan gak? Kalau iya, kamu harus mulai ngurangin. Bagi kamu yang kuliah pasti kenal dengan sistem SKS, bukan sistem kredit semester lho. Tapi sistem kebut semalam.

Yups kebiasaan ini pelan-pelan bisa membuat kamu jadi orang yang malas dan gampangin sesuatu. Lambat laun karena kamu sudah terbiasa, kamu bakal nyepelein tanggung jawab yang diberikan sama kamu.

Dan sudah pasti orang-orang jadi gak trust lagi sama kamu

5. Eits, jangan suka melanggar janji ya.

menepati janji via www.flickr.com

Kamu ada janji dan tiba-tiba seenaknya orang lain membatalkan janji itu tanpa konfirmasi. Gak enak banget kan? Ya kebiasaan suka melanggar janji kadang jadi kebiasaan kecil yang gak dianggap penting.

Tapi sebenaranya kebiasaan melanggar janji bukan hal yang sepele lho. Ini pengaruh banget sama mental bangsa. Coba deh hitung pejabat yang gak nepatin janji. Banyak banget. Yups karena mereka sering melanggar janji-janji kecil.

6. Kalau ujian biasanya sih hobi menyontek

jangan mencontek via www.flickr.com

Masih ingat gak tiap tahun kamu pasti denger berita  tentang Ujian Nasional yang kisruh? Dan pastinya kamu pasti pernah ngalamin ikut ujian nasionl yang soalnya bisa dibikin berkode-kode.

Ujian itu kan tujuannya buat menguji kamu menguasai materi atau gak. Tapi karena kebanyakan hanya sekedar ingin nilai bagus jadinya kamu terbiasa buat mencontek.

Mencontek yang sebenarnya perilaku yang gak bagus terus jadi kebiasaan. Ujung-ujungnya pelan-pelan bisa bikin bangsa kamu jadi jelek.

7. Ayo biasakan kamu sarapan tiap hari

sarapan itu penting via www.flickr.com

Hayo kamu sering sarapan atau enggak? Yups sarapan sih kayaknya sekedar makan aja tapi kalau kamu jarang sarapan ternyata bisa berpengaruh lho sama produktivitas bangsa kamu. Kok bisa?

Yups, di negara-negara maju mereka selalu  membiasakan masyarakatnya sarapan pagi yang bergizi. Tujuannya sih biar kecerdasan dan produktivitas orang-orangnya jadi lebih baik.

Nah buat kamu yang jarang sarapan, biasakan sarapan ya. Ternyata sarapan gak hanya sekedar makan tapi punya manfaat yang amat banyak.

8. Awas ya jangan suka nyerobot antrian

tertib mengantri via www.flickr.com

Pernah di serobot? Yap, kesel pasti rasanya.  Kalau kita antri tiket jangan kaget kalau ada orang-orang nyolonong atrian bahkan kadang gak merasa bersalah. Tapi kamu jangan malah ikut-ikutan nyerobot.

Kebiasaan ini kayaknya sepele. Tapi sebenarnya bisa nunjukin tingkat peradaban bangsa kamu dihadapan bangsa-bangsa lain. Makanya jangan malas buat ngantri.

11. Suka ngerokok sembarang tempat

merokok disembarang tempat via www.flickr.com

Indonesia termasuk negara yang bebas menyalakan rokok dimanapun, termasuk di ruangan AC .Kadang perokok pun tidak menghormati orang lain yang tidak merokok untuk mendapatkan udara bersih.

Selain itu rokok juga bikin banyak keluarga miskin di bangsa ini gak bisa keluar dari kemiskinan karena uang mereka tidak ditabung tapi lebih banyak dikonsumsi buat rokok.  Kayaknya perkara merokok  itu sepele sih, tapi ternyata dampaknya?

12. Suka buang sampah sembarangan, stop ya dari sekarang.

jangan buang sampah sembarangan via www.flickr.com

Orang-orang di Indonesia kayaknya gak pernah kapok dengan banjir. Bayangkan di Jakarta sebagai ibu kota negara aja langganan banjir. Salah satunya karena kebiasaan suka buang sampah sembarangan.

Bayangin aja gara-gara buang sampah sembarangan dan banjir, biasanya Jakarta bisa rugi sampai triliunan rupiah. Dan uang negara habis sia-sia karena buang sampah sembarangan.

13. Jangan dibiasakan menggunakan plastik berlebihan

penggunaan plastik berlebihan via www.flickr.com

Dalam satu hari bisa jadi kamu bisa menggunakan berapa kantong plastik? Coba hitung deh, mungkin bisa beberapa kali. Dan plastik-plastik itu biasanya dibuang begitu aja.

Padahal plastik sulit banget buat diurai lho, bisa sampai 100 tahun untuk bisa terurai. Bayangin kalau orang gak ngerem pakai plastik, pencemaran pasti makin banyak dan ujung-ujungan menurunkan kualitas lingkungan.

14. Paling malas baca aturan pakai

perhatikan aturan pakai via www.kgng.net

Kamu termasuk orang yang kalau pakai barang langsung aja dipakai tanpa dilihat tanggal kadaluwarsa gak? Kayaknya sepele tapi kalau dilakukan jadi kebiasaan bisa jadi merugikan.

Banyak lho kasus-kasus keracunan atau kecelakaan kerja gara-gara gak pakai aturan pakai. Sederhana sih, tapi ini penting kamu perhatikan sama kamu.

Kebiasaan kamu baca aturan pakai, bisa bikin kamu termasuk orang yang terbiasa untuk tertib dalam aturan-aturan yang berlaku.

15. Menganggap remeh daur ulang

biasakan daur ulang dengan memilah sampah via www.flickr.com

Di tempat sudah ada pemilahan sampah belum. Kalau belum kamu perlu deh membuat pemilahan sampah. Tujuannya sih sederhana agar sampah-sampah yang kamu buang itu bisa didaur ulang.

Jadi sampah gak jadi sampah aja bahkan bisa jadi manfaat ekonomi buat orang-orang yang bekerja mendaur ulang sampah.

16. Terbiasa  main game sampai kecanduan

Sebagian besar dari kamu pasti sering main game. Bahkan mungkin sering. Sekarang sudah bermacam-macam jenis game. Kamu bisa jadi ngabisin waktu menunggu dengan main game.

Ngegame sih boleh, tapi kalau sampai terus-terusan selain kehilangan waktu produktif yang bisa kamu lakukin untuk hal-hal yang bermanfaat kamu juga bakal kecanduan dan abai sama orang-orang yang ada disekitar kamu.

17. Penting banget buat kamu jangan sampai malas baca

biasakan baca buku via www.flickr.com

Buku adalah gudang ilmu. Kebiasaan kamu membaca selain meluaskan pengetahuan kamu tentang dunia. Selain itu bangsa-bangsa yang maju selalu membiasakan masyarakatnya buat baca buku

Kalau malas baca, gimana kamu dan bangsa kamu mau maju?

18. Korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) kayak gunung es

hentikan korupsi via www.flickr.com

Korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) adalah budaya yang sulit hilang lho. KKN bikin banyak orang Indonesia gak berkembang. Karena banyak orang yang mendapatkan akses pekerjaan karena kedekatan bukan karena profesional

Jadi orang-orang  terbiasa untuk tidak jujur dan tidak bertanggung jawab dengan tanggungjwabnya. KKN itu kayak gunung es, kelihatan permukaannya saja tapi yang ngelakuin banyak dan pastinya ngerugiin bangsa.

19. Orang berbondong-bondong terjun politik buat balik modal

menjadi pejabat atau politikus via www.flickr.com

Sekarang ini banyak banget orang yang terjun ke politik. Bayangin aja untuk bisa masuk ke DPR  tahun 2014 kemarin 6000 orang bertarung biar dapat kursi yang jumlahnya cuma beberapa ratus kursi.

Tapi sayangnya, kebanyakan niatnya bukan untuk memperbaiki Indonesia. Tapi buat balik modal. Menyedihkan bukan?

20. Banyak yang beragama tapi sempit pikirannya

beragama dengan toleran via www.flickr.com

Bangsa ini memiliki beragam agama dan kepercayaan. Seharusnya sih bangsa ini jadi bangsa yang toleran dan saling menghormati sesamanya. Tapi kenyataanya banyak orang-orangnya yang katanya beragama tapi sempit cara pikirnya.

Bahkan menghakimi orang lain dengan semaunya. Sampai-sampai ada sekelompok yang bikin ibadah agama lain gak tenang. Jangan sampai deh kamu bersikap gak toleran terhadap sesama.

22. Paling banyak bikin demo bayaran

aksi demonstrasi via www.flickr.com

Ini nih hal yang bisa terjadi di Indonesia. Sebenarnya motif orang demo itu kan untuk mengrekspresikan pendapat dan berjuang untuk kepentingan publik. Tapi di zaman sekarang malah kebalikan.  Banyak orang rela kepanasan demo bukan karena ingin mengeluarkan pendapatnya tapi karena dibayar atau dapat sekotak nasi.

23. Meniru atau membajak hak cipta

copy right wajib dilindungi

Jangan kaget ya kalau di Indonesia itu banyak barang KW atau bajakan. Ini tanda kalau banyak orang yang gak bisa menghargai hak karya cipta seseorang. Makanya banyak tuh musisi atau penggiat seni gak berkembang karena gak ada penghargaan yang baik atas karya-karya mereka.

Dampaknya industri dan karya cipta di negara kita menjadi amat rendah dibandingkan kaya-karya yang dimilik bangsa lain. Jadi kamu jangan ikut-ikutan beli barang yang gak asli alias bajakan.

24 Birokarsi berbelit sampai nyuap

jangan terima suap via www.flickr.com

Mau ngurus KTP, surat-surat kepindahan sampai paspor? Siap-siap aja sabar. Selain ngurusnya lama kadang kamu harus siap dengan uang buat nyuap biar cepat. Tapi kamu jangan sampai ikut-ikutan nyuap lho ya.

Salah satu cara yang sekarang bisa bantu kamu buat ngurus dan meminimalisir suap adalah dengan sistem online. Biar kamu gak perlu gak perlu ribet dan bayar-bayar pungutan liar.

25. Suka makan junk food

kurangi makan junk food via ww.flickr.com

Nah ini kebiasaan yang paling merugikan kesehatan. Kamu yang terbiasa makan junk food dikurangi deh. Karena efeknya tidak hanya sekarang tetapi juga kalau kita udah tambah umur.

Kebiasaan makan junk food banyak nyebabin penyakit-penyakit kronis. Kayak jantung dan stroke. Sementara kamu tahu kan biaya kesehatan makin mahal.

Jadi kebiasaan kamu gak makan junk food ngurangin potensi kamu buat sakit sekaligus memperpanjang harapan hidup manusia di Indonesia.

31. Kayaknya sulit banget buat berkata tidak

berani berkata tidak via www.flickr.com

Berkata ‘tidak’ itu kudu dilatih lho. Orang-orang Indonesia itu paling sulit buat bilang gak. Makanya gampang banget dipengaruhi sama di jajah. Jadi mlai sekarang buat kamu yang sulit buat bilang tidak wajib dibiasakan. Agar kamu bisa mengekspresikan pikiran dan pilihan-pilihan yang sebenarnya pengen kamu pilih.

Nah itu tadi beberapa kebiasaan kecil yang bisa bikin bangsa ini ke mundur pelan-pelan bahkan ke kehancuran. Padahal sebagai anak muda kamu bisa saja pelan-pelan mengubah kebiasaan kecil itu untuk mengubah mental bangsamu.