Yang kamu pikirkan ketika bertemu dengan orang yang super sensitive:

Gampang nangis? Yap.

Gampang nangis tanpa alasan yang jelas? Yap.

Mudah sakit hati? Yap.

Nggak bisa dibentak? Yap.

Sering tersinggung? Yap.

Gampang panic dan stress? Yap.

Karena kebiasaannya yang mudah menangis orang selalu mi orang sensitive sebagai sosok yang lemah. Sedikit-sedikit baper, dan mudah terbawa suasana seringkali dianggap sebagai tanda overakting. Menjadi orang sensitif memang sedikit merepotkan, karena apa-apa dibawa perasaan. Namun beberapa hal ini membuktikan bahwa orang sensitif nggak selemah orang orang pikirkan.

1. Meski gampang terharu dan sering menangis tanpa sebab, itu justru tanda bahwa kamu mudah mencintai

Karena luka di hati selalu bergantung dari bagaimana kamu menghadapi suatu peristiwa, dia yang sensitif mungkin 100 kali lebih sering sakit hati daripada kamu yang kurang sensitif. Terlebih dalam hubungan asmara. Sedikit kejanggalan pada pasangan bisa menjadi beban pikiran sampai berbulan-bulan. Akan tetapi, meskipun hatinya yang rapuh mudah terluka dan sakit hati, orang yang sensitif tidak akan menutup hatinya dan membangun tembok tinggi agar tidak terluka lagi. Dia selalu optimis untuk membuka hatinya dan menemukan cinta yang lebih baik. Dia memang sering menangis tanpa alasan yang jelas, tapi justru itu bukti bahwa dia mudah mencintai. Itu juga berarti, dia sudah tahu pasti, bahwa setiap mencintai, selalu ada risiko untuk mengalami sakit hati.

2. Kamu bisa menangis sedih lalu tertawa bahagia satu jam setelahnya. Kamu mudah terluka, sekaligus mudah bahagia karena hal sederhana

Gampang nangis, gampamg senang via rebloggy.com

Ada masalah, nangis. Melihat pengemis tua di jalan, nangis. Melihat anak kucing kehujanan, nangis. Kangen keluarga, nangis. Nonton film korea, nangis. Banyak hal-hal sepele yang membuat dia yang sensitif menangis dan sakit hati. Namun di balik sikap mudah sedihnya, dia juga orang yang selalu melihat sisi positif dari kehidupan. Hatinya yang lembut mudah bersyukur dan tersentuh atas apa yang terjadi di dunia. Karenanya, selain mudah sedih, dia juga mudah bahagia dengan hal-hal sederhana. Melihat embun di pagi hari, dan bunga-bunga yang mekar saja sudah cukup membuatnya damai dan semangat lagi. Nggak heran deh kalau kamu sering bingung dengan perubahan mood-nya yang cepat dan kontras sekali.

3. Kamu punya intuisi dan daya kreasi yang luar biasa. Adaaa aja idenya

Advertisement

Sensitivitas hatinya bukan hanya membawa efek gampang tersinggung dan terluka saja, melainkan juga kemampuan untuk menangkap inspirasi dari segala peristiwa sehari-hari. Daya kreasinya yang tinggi, membuatnya mampu mempersepsi berbagai tanda dan petanda secara tak biasa. Kreatifitasnya yang oke punya ini kadang membuat orang bingung bagaimana ide-ide mencengangkan dan nggak terduga bisa sampai dia pikirkan. Meskipun seringnya dia yang sensitif, butuh waktu lebih lama untuk mengambil keputusan, bukan berarti dia nggak akan menghasilkan sesuatu. Lamanya pengambil putusan justru tanda bahwa dia selalu mempertimbangkan segala hal dan anti bertindak gegabah tanpa perhitungan.

4. Kamu selalu bisa jatuh cinta begitu dalam. Semua akan dilakukan untuk orang tersayang

Menyayangi sedalam-dalamnya via www.confusedsandals.com

Seseorang yang memiliki hati super sensitif, tidak pernah melakukan sesuatu secara setengah-setengah. Baginya, keluarga adalah segalanya. Dia adalah orang yang siap pasang badan ketika ada yang mengancam keluarga. Sama seperti sebuah hubungan. Bila dia sudah menemukan sosok yang tepat, dia tidak akan tanggung-tanggung dalam mencintai dan menyayangi. Orang-orang melihatnya sebagai sosok yang lemah, padahal bila sudah soal orang yang disayangi, si orang sensitif akan melakukan apa saja untuk melindunginya. Dia bisa mendukungmu sepenuh hati, dan menjadi tempatmu berlari ketika kamu bingung mau lari ke mana lagi.

5. Dalam hati rasanya sudah berdarah-darah lukanya. Kamu selalu bisa terlihat baik-baik saja

Jago pura-pura baik saja via constable-frozen.tumblr.com

Setiap orang mempunyai cara sendiri untuk mempersepsi sesuatu. Itulah yang menyebabkan adanya kesalahpahaman. Terkadang apa yang kamu anggap lucu, bagi orang lain itu seperti sembilu. Tanpa kamu sadari, mungkin banyak dari kata-katamu yang menyakiti dia yang sensitif. Kamu memang tidak punya niat menyakiti, namun kamu tentu nggak bisa mengontrol bagaimana seseorang menerima apa yang kamu sampaikan. Meskipun dia terluka dan hatinya berdarah-darah, dia yang sensitif tetap bisa memasang wajah cerah, tersenyum dan tertawa, menyembunyikan luka di dalam hatinya. Berharap suatu saat kamu akan menyadarinya. Kurang kuat apa coba?

6. Walau sedang sedih kamu tetap bisa menguatkan orang lain. Hatimu memang peka untuk mendukung sesama manusia

Dia tahu kapan harus kuat via cuddlygaycarmilla.tumblr.com

Dia yang sensitif memiliki dua kelebihan yang tidak kamu punya. Pertama, dia mengetahui dan mengenali dirinya sendiri. Dia tahu kapan dia merasa stress dan apa yang seharusnya dia lakukan untuk mengatasinya. Kedua, bukan hanya pada emosinya sendiri, dia juga jago membaca situasi serta emosi orang lain. Dia mudah menebak apakah suasana hatimu sedang senang ataukah sedih. Karena kemampuannya ini, dia juga bisa memperhitungkan kapan dia menyerah pada emosinya yang lembut seperti bayi, dan kapan dia harus menahan diri agar bisa meenghiburmu yang sedang sakit hati.

7. Selalu ada ruang untuk mendengarkan orang lain. Kamu sadar kalau kamu bukan orang paling menderita sedunia

Selalu emmbantu, meski punya masalah sendiri via amaathyst.tumblr.com

Dia yang sensitif nggak akan ragu-ragu membantumu saat kamu datang padanya dengan setumpuk curhatan dan masalah yang harus diselesaikan. Dia akan memasang senyum dan tampang ‘welcome’, sehingga kamu merasa nyaman untuk bercerita ataupun minta pertolongan. Padahal bisa saja, tanpa kamu ketahui, dia juga sedang punya masalahnya sendiri. Menolak membantumu dengan alasan karena dia harus mengurusi masalahnya sendiri mustahil dia lakukan. Selain dia memang orangnya nggak tegaan, orang yang sensitif juga selalu merasa bahwa dia bertugas menyelamatkan dunia. Masalahmu adalah tanggung jawabnya juga.

8. Kamu menghadapi masalah jauh lebih banyak daripada sebagian besar orang. Tapi toh, kamu masih tetap bertahan sampai sekarang

Dia tetap bertahan hidup via blog.urbanoutfitters.com

Saat sakit hati, orang sensitif mengalami pedih yang lebih-lebih daripada yang kamu rasakan. Saat terpuruk, dia juga jatuh sejatuh-jatuhnya. Hal-hal yang tidak kamu sadari bisa membuatnya terluka, dan lebih sedihnya, orang-orang juga tidak sadar kalau dia terluka. Masalah yang dihadapi oleh orang sensitif bisa berlipat-lipat pusingnya. Bukan hanya karena dia kreatif menciptakan masalah, tapi juga dia selalu berusaha mencari solusi yang menguntungkan semua sisi. Butuh kekuatan ekstra untuk menjadi orang yang perasa. Karena apa yang biasa saja bagi orang lain, bisa saja neraka baginya. Kamu belum tentu kuat menjadi dia.

Meskipun gampang sakit hati dan hobi menangis karena berbagai sebab, orang sensitif punya cara sendiri untuk mengatasi masalahnya. Reaksinya yang terkadang berlebihan bukan berarti dia sedang mencari-cari perhatian ataupun membesar-besarkan suatu persoalan. Tapi memang hatinya yang lembut dan jeli, bisa menangkap detil yang mungkin kamu lewatkan. Orang sensitif seringnya, tahu lebih banyak daripada sebagian besar orang. Di balik kelemahan hatinya, dia bisa menjadi kuat dengan caranya sendiri.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!