Apakah Anda tengah susah? Gelisah? Ataukah hari Anda sedikit melelahkan dan terasa berat dari pagi tadi? Ayo menyanyi! Menyanyi apa saja, genre musik apa saja! Tidak tahu judulnya? Pokok'e nyanyi!

Hal ini sengaja saya tulis karena saya mengingat sesuatu yang sudah saya praktekan secara sadar selama beberapa hari ini. Kalau praktek tidak sadarnya, sudah sejak kecil saya lakukan. Ya, saya menyanyi!

Jujur, saya lupa judulnya -bukunya- tapi saya ingat intinya. Saya membaca tulisan itu malam hari, sadar keesokan harinya, dan lupa itu buku apa. Serius, sampai sekarang saya cari halaman dari beberapa buku inspiratif yang ada di rumah saya, juga tidak ketemu halaman yang saya mau.

Isinya kira-kira begini, 'Jika Anda merasa hari Anda penuh dengan emosi, mungkin Anda lupa kalau hari ini Anda belum bernyanyi!'. Nah, sejak membaca sepenggal kalimat tersebut, setiap pagi saya selalu berusaha mengingat untuk menyanyi.
Sebenarnya saya sudah suka menyanyi sejak kecil. Teriak-teriak di kamar mandi, juga bukan hal baru bagi saya. Tapi benar-benar merasakan efek positifnya yaaa beberapa hari lalu setelah saya membaca kalimat itu.

Bukan menjadi syarat apakah suara Anda enak, merdu, pitch kontrol tepat, tidak fals atau sumbang. Yang penting kita menyanyi! Karena, -lagi-lagi saya dapatkan dari sebuah penggalan kalimat entah buku yang mana, saya lupa- setiap orang pasti bisa bernyanyi! Tidak harus merdu, yang penting enak untuk didengar diri sendiri. Tanpa butuh penilaian atau latihan untuk kompetisi. Setiap orang pasti bisa menyanyi. Entah satu album, satu lagu, setengah lagu, seperempat lagu, atau bahkan hanya berdendang.

Advertisement

Sadarkah kita, kalau dalam ibadah kita juga melantunkan nayanyian? Saat pujian kita terhadap Tuhan, atau pada saat pengajian dan sebagainya. Kita tidak bisa lepas dari menyanyi!

Berikut saya sadurkan manfaat menyanyi menurut Dr. Hermawan Suryadi dari Klinik Neuropsikiatri dan Revitalisasi, Jakarta, "Menyanyi dan bermain musik dapat memangkas berbagai gejala penyakit. Bisa dipastikan, menyanyi juga dapat mempercepat proses penyembuhan." Manfaat lainnya yaitu:

1. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun adalah pertahanan tubuh dalam mencegah berbagai penyakit. Dengan bernyanyi tubuh akan melepaskan kelenjar yang dipercaya dapat meningkatkan sistem imun Anda.

2. Meningkatkan kemampuan otak

Dengan bernyanyi, jumlah oksigen yang masuk cukup berlimpah. Hal ini menyebabkan otak mendapatkan oksigen secara berlimpah sehingga mempengaruhi kondisi dan kemampuan otak.

3. Memperkuat jantung

Dengan bernyanyi, dipercaya akan memperkuat otot sistem jantung. Tak hanya itu, dengan mengolah vokal, penyakit seperti batuk, asma dan bronkitis dapat reda.

4. Memperbaiki postur tubuh

Dengan bernyanyi, otot tulang rusuk, punggung serta perut menjadi lebih kuat dan berpostur lebih baik. Pelatihan otot secara berulang-ulang akan membentuknya menjadi tampak lebih baik.

5. Tampak lebih muda

Tidak percaya dengan bernyanyi dapat membuat wajah Anda tampak lebih muda? Dengan bernyanyi otot wajah Anda akan tertarik. Otot wajah yang tertarik akan membuat wajah tampak muda.

6. Meredakan stres

Suasana yang nyaman dan ceria saat bernyanyi dapat meredakan kondisi stres. Tak hanya itu, perasaan lepas setelah bernyanyi dapat menaikkan rasa percaya diri.

Oleh karena itu, ayo mulai sekarang kita awali hari kita dengan MENYANYI! Anda pasti akan merasakan efek positinya.

#menyanyi #sehat