Buat kamu yang menjalin hubungan dengan orang yang dicintai, pernikahan pasti menjadi cita-cita bersama yang kamu perjuangkan. Setelah menikah sesaat dunia menjadi milik bersama namun tak selang beberapa saat, masalah pasti ada untuk kamu yang berstatus sebagai pasangan muda. Salah satu masalah klasik bagi pasangan muda adalah kondisi finansial yang berantakan. Mau tahu cara menghadapinya? Berikut tipsnya.

1. Masak berdua, selain romantis juga dapat menambah pundi-pundi tabungan

Bayangkan saja, kamu terbiasa menjadi anak kos dan terbiasa jajan saat kuliah. Ditambah gaya hidupmu yang mahal. Kalau kebiasaan ini diteruskan sampai kamu menikah, dijamin deh gak bakalan bisa nabung. Apa sebabnya? Ongkos jajan kamu naik menjadi dua kali lipat, jika kamu dulu waktu kuliah jajan hanya buat kamu sendiri. Setelah nikah gak mungkin kamu makan sendiri, sementara pasangan kamu kelaparan? Solusinya adalah masak di rumah, tambah romantis jika masak berdua. Atau mungkin bisa juga membuat surprise dengan membuatkan masakan kesukaan pasangan kamu.

2. Kurangi Hangout dengan melakukan hal-hal sederhana

Jika kamu tipe orang yang suka hangout, kamu bisa mengatasi kebosananmu dengan melakukan hal-hal sederhana bersama pasangan kamu. Seperti jogging bareng atau hunting foto bareng. Jika kamu penggemar film, kamu gak perlu tiap weekend ke bioskop. Ubahlah kamar kamu menjadi mini home teater, dijamin pasti seru.

Advertisement

3. Sudah saatnya kamu berpikir lebih jauh, berinvestasilah atau buat usaha sampingan

Kamu sudah menikah, sudah saatnya mengurangi hal-hal gak penting yang banyak kamu lakukan semasa kuliah. Fokus pada masa depan ruamah tangga kalian. Hilangkan gengsi, segera mulai berinvestasi semampunya. Jika belum mampu berinvestasi di bidang property, kamu bisa berinvestasi dengan membeli hewan ternak. Tidak perlu malu, justru ini keren. Hubungi kerabat yang ada di desa investasikan penghasilanmu pada hewan ternak dan buatah sistem bagi hasil. Selain menggerakkan perekonomian desa, ini juga demi masa depanmu dengan pasangan kamu. Atau kamu yang hobi masak juga bisa membuat cafe sederhana.