Pernah gak sih lu ngerasa kecil di dunia yang sangat besar ini? Ngerasa mereka lebih nyari orang lain dibanding nyari lu? Pernah lu ngerasa gak bisa apa-apa? Saat lu ngerasa udah melakukan segalanya tapi gak ada yang berubah?

Pasti lu pernah ngerasa di mana kita berada di tempat yang paling bawah? Saat masalah yang sedang kita hadapi sangat ngebuat hidup kita merasa paling hina? Saat lu ngerasa gak ada jalan keluar selain kehancuran?

Belum lagi soal percintaan yang lu gak bisa dapetin orang yang begitu lu suka. Saat lu udah berusaha menunjukan niat baik lu ke orang yang lu sayang tapi kita malah diabaikan? Saat lu cuma bisa memendam perasaan tanpa berani bilang lantaran dia udah punya pacar? Krn lu ngerasa saat lu bilang, keindahan mengagumi dia akan berubah menjadi kesakitan. Atau saat orang yang lu sayang ternyata berbulan-bulan selingkuh? Atau ternyata diam-diam dia menyimpan rasa pada seseorang? Saat lu ngerasa bahwa di dunia ini cuma penuh dengan penderitaan dan kemarahan tanpa ada satu orang pun yang sayang dan berusaha berjuang buat lu?

Saat lu ngerasa lu gak bisa kemana-mana dan gak bisa berbuat apa-apa karena lu lemah?

Gue yakin, semua orang pasti pernah merasakan hal di atas. Termasuk gue.

Advertisement

Disaat seperti di atas, terlalu sering hal yang pengen kita lakukan adalah menangis. Menangis sambil mengingat betapa menyedihkannya hidup yang kita miliki. Nangis dan klo bisa teriak sekencengnya, dan besoknya gak pengen ngelakuin apapun selain tiduran di kamar seharian.

Gue tau, kadang hidup ini sangat menyedihkan. Sangat menyedihkan sampai gak ada satu orang pun yang ngerti gimana rasanya saat itu. Gimana hancurnya saat itu. Saat orang lain bisa bahagia nikmatin apa yang mereka punya, apa yang bikin mereka bahagia, tapi kita malah terjebak di dalam kepedihan ini. Kadang rasanya pengen jadi kaya mereka. Rasanya pengen ada orang yang meluk dan nangis sepuas hati dalam pelukan itu.

Guys, kita tetep harus jalan. Kita harus hadapin. Kita harus selesaikan. Betapa ribetnya cara untuk kita menyelesaikan masalah itu, betapa beratnya cobaan yang harus kita terima, kita harus jalanin. Meski penuh kesakitan, kita tetep harus berjalan walaupun terseok-seok. Meski kita harus jatuh bangun, meski kita harus merasakan kegagalan yang sama. Gue dan lu harus tetep jalan. Gue tau, kadang kita ngerasa Tuhan gak adil. Tapi, selalu ingetin diri kita, bahwa ini hidup. Cari maksud dari Tuhan yang pasti kita lewatkan. Jangan pernah putus berdoa sekecewa apapun hati lu.

Gue gak peduli betapa sakitnya, gue dan lu cuma pengen keluar dari masalah ini. Karna apapun yang lu rasain, sekesepian apapun kondisinya, seberat apapun, sejatuh apapun, lu harus inget, lu gak ngerasain itu sendiri. Lu harus inget bahwa di luar sana pasti ada orang yang posisinya sama kaya lu. Ada banyak orang di dunia ini, dan lu harus percaya lu gak ngerasain itu sendiri. Gue salah satunya.

Jangan merasa kecil di dunia yang besar ini.

Lu harus berjuang. Setidaknya untuk diri lu sendiri. Karna lu gak pengen hancur dengan seperti ini kan?