Technical Service di kemitraan Ayam Broiler atau yang biasa disingkat TS merupakan satu jabatan yang memiliki fungsi mengatur jadwal DOC in, order pakan yang dilakukan setiap pekan serta kontrol manajemen pemeliharaan yang dilakukan oleh peternak mitra dan memastikannya berjalan sesuai dengan prosedur standar manajemen dari perusahaan. Ini hanya sebatas pengertian menurut saya pribadi sesuai dengan apa yang saya saksikan.

Berbicara masalah TS, di dalamnya akan kita jumpai berbagai macam kerumitan, ya namanya juga petugas lapangan, TS tidak memiliki jam kerja khusus atau tidak terikat oleh jam kerja selayaknya pekerja kantoran, seorang TS harus siap kapan saja untuk melayani peternak mitra yang setiap hari membutuhkan bimbingan dalam hal manajamemen pemeliharaan Ayam Broiler dengan tujuan akhir mendapatkan keuntungan. Artinya kita tidak boleh menghilang, bahkan hanya untuk cuti.

Bagi sebagaian Sarjana Peternakan (S.Pt) yang pernah bergelut di bidang ini pastinya akan paham bagaimana kondisi serta tantangan di dalamnya, bertemu dengan berbagai macam karakter manusia mulai dari yang baik hingga yang emosional, terkadang di situ kesabaran seorang TS diuji, jadi jangan heran ketika tes masuk untuk mengisi posisi ini yang lebih diutamakan adalah nilai psikologis dan pemecahan masalah (Problem Solving), karena dengan itu kita bisa menghadapai berbagai macam masalah dan karakter orang-orang yang saya sebutkan di atas.

Yang saya bisa lihat sejauh ini, banyak para S.Pt yang mengisi posisi ini tidak bertahan lama, paling cepat 1-2 bulan dan paling lama 2-3 tahun, kemudian mengundurkan diri. Kemudian saya mencoba untuk memahami mengapa banyak dari mereka yang meninggalkan posisi ini, perlahan tapi pasti setelah saya menggelutinya secara langsung ternyata masalah utamanya yaitu tidak adanya waktu luang atau dengan kata lain, kita tidak bisa meninggalkan pekerjaan ini terlalu lama, misalkan untuk cuti atau berlibur, karena setiap minggu akan terus ada masalah yang muncul yang harus kita selesaikan sendiri, misalkan kandang yang kekurangan pakan, masalah ini yang paling sering terjadi, sehingga TS harus tetap sigap untuk transfer pakan ke kandang yang kekurangan, jika telat sedikit saja, siap-siap ayam akan drop dan pastinya jika peternak sampai melapor ke atasan kita akan kena semprot. Ya.. harus banyak bersabar.

Intinya ada beberapa hal pokok yang harus dilakukan TS di kemitraan Ayam Broiler:

Advertisement

1. Mengatur masuknya jadwal DOC in

2. Mengatur jadwal order pakan

3. Laporan kondisi lapangan (kondisi ayam: Body Weight, Feed Convertion Racio dan perkembangan Ayam)

4. Laporan stock siap panen

5. Kontrol cara pemeliharaan peternak

6. Transfer pakan

Hal-hal pokok di atas tentu saja harus kita lakukan setiap hari, pastinya tidak di kandang yang sama melainkan di kandang yang berbeda, karena TS akan bekerja berdasarkan populasi Ayam bukan jumlah kandang. Hemat saya hal ini lah yang menyebabkan sebagian S.Pt tidak betah dan memilih mengundurkan diri setelah posisi mereka aman (sudah cukup modal untuk buka usaha) karena hal-hal di atas tidak bisa kita tinggalkan terlalu lama, kita harus tetap standby bahkan jika boleh dibilang sakit-pun tidak boleh. Menantang bukan?

Nah, demikian sedikit pamaparan dari saya, bagi teman-teman yang sedang atau telah melamar pekerjaan untuk posisi TS, sebelum menyesal sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu secara matang, jika sebelumnya tidak terbiasa hidup dalam keadan tertekan (Stres misalnya) lebih baik mundur daripada mundur setelah masuk, dan bagi teman-teman yang menyukai tantangan dan terbiasa dengan tekanan nampaknya pekerjaan ini cocok buat kalian. Karena di dalamnya butuh kesabaran untuk bisa bertahan layaknya di alam liar. Semoga bermanfaat.