Tahu dong sekarang bulan apa?

Yups, sekarang adalah bulan Agustus. Bulan di mana suasana semangat kemerdekaan Republik Indonesia begitu kental terasa. Sang merah putih dikibarkan di setiap serambi rumah penduduk negeri. Hiasan-hiasan bertemakan kemerdekaan juga beriringan di tepi-tepi jalan. Masyarakat juga mengadakan berbagai lomba dan memasang umbul-umbul yang semakin memperiah peringatan kemerdekaan Indonesia ke 71.

Dan apa itu kemerdekaan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merdeka berarti bebas dari penghambaan, penjajahan dan sebagainya. Kemerdekaan adalah hasil dari pengupayaan. Sebagaimana para pahlawan merebut kebebasan negeri ini dari para penjajah. Sebagaimana perjuangan sejati yang pantang mundur, karena merdeka adalah harga mati. Mereka menuangkan tujuan dalam rencana yang penuh kemantapan untuk merebut kebebasan dari penjajah. Kemudian dieksekusi dengan penuh keberanian dan ketangguhan. Bahkan harta, keluarga, dan nyawanya menjadi pertaruhan yang pantas untuk di korbankan. Para pahlawan tak sedikit pun gentar. Hingga proklamasi kemerdekaan berkumandang pada 17 Agustus 1945.

Jadi, kenapa tidak untuk kita mencontoh semangat juang para pahlawan dalam mencapai impian yaitu untuk merdeka di tanah dan di air sendiri. Mungkin mimpi itu kita anggap terlalu tinggi. Tapi paling tidak, mimpi itu akan tetap jadi angan-angan di siang bolong, apabila kita tak mau berusaha untuk mencapainya. Meski dengan usaha kecil-kecil dan perkembangan yang perlahan-lahan, tapi setidaknya kita bergerak maju. Bukan mundur atau stagnan di zona nyaman dan tak bergerak kemana-mana.

Advertisement

Memantabkan rencana dalam mencapai impian sangatlah diperlukan. Mulai dengan menyusun “to do list”. Membuat prioritas-prioritas yang perlu dan yang harus dilakukan. Berani untuk memperjuangkan impian yang ingin diwujudkan. Dan dengan keyakinan untuk terus optimis dan berdoa. Sehingga impian itu terwujud di akhir hari. Sebagaimana janji-Nya bahwa selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha.

Sudah waktunya untuk mulai bergerak. Berpindah dari zona nyaman yang ada. Bebaskan diri dari penghambaan rasa malas yang berkepanjangan, dari penjajahan zona nyaman yang tidak produktif, dan rasa pesimis bahwa kita bisa. Yuk mulai ciptakan kebebasan dan ciptakan #merdeKamu sendiri.

Tapi tetap perlu diingat, upayakan kebebasan dengan bertanggung jawab.

Kalau bisa sekarang, kenapa nanti? Let’s move guys.