Tataplah mentari itu hingga tenggelam di ufuk barat. Cahaya jingga akan berpendar menyelimuti angkasa. Dan kita di sini masih saja takjub menatapnya tanpa berasa bosan. Ada banyak hal yang dapat kita rasakan kala senja menemani waktu kita bersama. Tak lupa ada banyak cerita yang bisa kita ceritakan kala senja menyapa kita.

Senja adalah batas waktu kita agar kembali ke rumah

Kita pernah kecil, dan kita pernah bermain tanpa mengenal waktu. Tapi senja membuat kita sadar jika waktu bermain kita sudah usai. Meninggalkan kesenangan berkumpul dengan teman, dan berteriak pada teman sejawat.

“Besok kita main di sini lagi!”

Seperti itulah anak-anak ketika senja, mereka adalah pasukan pantang pulang sebelum petang.

Senja adalah keindahan yang harus diabadikan

Tak sedikit mereka menenteng kamera dan memanggul Tripod, menunggu datangnya senja dengan berdoa agar tidak mendung. Mendaki gunung atau menyambangi lautan yang jauh dari keramaian. Mereka berbondong-bondong datang hanya untuk mengabadikan senja dengan segala keindahannya. Bagi mereka yang berprofesi sebagai photographer, senja adalah waktu yang sangat diharapkan.

“Aku rasa, ini adalah salah satu senja yang terbaik,” Seperti itulah yang mereka ucapkan kala kita bertanya tentang senja padanya.

Senja adalah waktu yang tepat mendapatkan ide

Yang menarik dari senja adalah keindahannya, dan di sana kita berbuat apa saja. Bahkan kita kadang tak sengaja dapat merangkai kata-kata indah saat senja itu datang. Bukah kah kenyataannya seperti itu? Dari dulu hingga sekarang, senja tetap menjadi salah ide sebuah lirik lagu bagi para musisi. Tidak sedikit lagu yang berkaitan dengan senja adalah lagu-lagu romantis. Seperti misalnya lagu “Kemesraan”. Aku yakin kalian juga pernah membuat sebuah lirik kala senja berlangsung.

Senja adalah waktu yang tepat untuk merenung diri

Advertisement

Ketika mentari sudah mulai tenggelam, ada banyak hal yang dapat kita lakukan. Salah satunya adalah mengevalusi diri. Senja mengingatkan kita tentang apa yang sudah terjadi selama hari ini, dan apa yang akan kita lakukan esok hari. Senja menjadi waktu yang tepat untuk berharap agar esok kita masih dapat membuka mata dan melihat dunia.

“Semoga esok aku masih bisa membuka mata dan menikmati senja seperti hari ini.”

Senja adalah waktu yang terus dinantikan setiap insan

Pernah aku duduk di sini sendirian menatap senja. Membunuh waktu yang kadang membosankan. Mengusir segala kepenatan dalam diri seraya berkata;

“Jika senja saja masih setia aku tunggu, apalagi kamu. Sampai kapan pun aku terus menunggumu, dan berusaha agar kamu mengetahuinya. Berharap kamu berada di sampingku kala senja.”