Melihat teman-teman yang selalu update mengenai sosial media mereka, punya hampir semua aplikasi sosial media dan update tiap waktu, membuatku yang juga pelar terheran-heran. Kok mereka ada waktu ya untuk semua hal itu? Kok mereka nggak pusing dengan banyaknya notifikasi dan update-an teman-teman mereka yang bejibun jumlahnya?apa nggak capek ya selfie terus-terusan dengan gaya dan latar belakang yang itu-itu aja beserta editannya? Apa cuma aku yang punya pertanyaan kayak gini? Atau juga ada orang lain di luar sana seumuranku yang merasakannya?

Buat menjawab pertanyaan-pertanyaan itu tentunya harus bertanya langsung dengan orang yang bersangkutan atau riset lapangan. Riset lapangan disini maksudnya adalah mengamati teman-teman yang melakukan hal yang sama. Ternyata itu masalah kebiasaan. Iya kebiasaan teman-teman ketika masih SMP atau SMA dulu yang terbawa sampai menjadi mahasiswa. Oke kalau menurut pandanganku, yang dalam usia pelajar juga, kebiasaan yang satu ini seharusnya dikurangi.

Tanggung jawab dan beban yang diemban seorang mahasiswa. Akan banyak hal-hal menakjubkan dan bermanfaat di dunia kampus di luar dunia sosial mediamu itu teman-teman. Belajar dari pengalaman orang-orang, ikut kegiatan sosial, berkontribusi dalam organisasi, berperan dalam lomba-lomba mewakili kampus, atau membentuk komunitas positif lainnya.

Bukan berarti semua hal tentang dunia sosial media kalian itu buruk loh ya. Aku toh juga punya sosial media. Banyak hal positif tentang sosial media yang bisa kita dapat. Publikasi misalnya, asalkan jangan mem-publish kehidupan pribadi aja sih, kegiatan-kegiatan positif yang teman-teman ikuti bisa dikenal banyak orang dengan adanya sosial media.

Hampir semua platform media-media juga ada akun sosial medianya. Hal ini memudahkan kita mengakses berita. Juga jualan, iya sosial media bisa jadi tempat yang strategis untuk membeli atau menjual barang. Dan banyak hal positif lainnya yang bisa didapat dari sosial media.

Advertisement

Sosial media asalkan digunakan dengan, sedikit saja lebih bijak, banyak manfaat yang kita ambil. Ini dari sudut pandang mahasiswa. Kalau kalian mempunyai anggapan sendiri, boleh di share juga loh.