Setiap orang tentu mempunyai kepribadian yang berbeda beda di dalam diri mereka. Pernahkah kalian mendengar orang orang yang mempunyai penyakit psikologis kepribadian ganda? Apakah yang terjadi jika seseorang mempunyai 23 kepribadian di dalam dirinya ? Nah, inilah yang dialami oleh seorang aktor James McAvoy dalam memerankan film ‘Split’ (2017). Aktor dengan kelahiran 21 April 1979 ini sangat dikenal dalam aktingnya dibeberapa film seperti serial X-Men dan Victor Frankenstein. Sebelumnya James McAvoy sempat berperan sebagai Bruce yang mengalami gangguan bipolar yang menderita halusinasi dan siksaan batin dalam film Filth. Pastinya penonton sangat tidak sabar menunggu film ‘Split’ ini bukan ?

Hal menarik dalam film keluaran Universal Pictures ini yaitu dikemas dengan nuansa horor dan juga hal hal yang mengenai psikologis. Sehingga genre dari film ini adalah horror-psikologi. Bayangkan jika seseorang hidup setiap harinya dengan kepribadian yang berbeda.

Tentu saja ini salah satu penyakit psikologis yang masih sangat misterius saat dibicarakan disetiap kalangan. Sementara itu, tidak sedikit juga film film atau drama yang mengangkat topik dari kepribadian ganda tersebut. Biasanya film horor psikologis sering dikaitkan dengan adanya semacam hantu atau arwah arwah yang bergentayangan, tetapi sangat berbeda dengan yang satu ini karena ‘Split’ disajikan dalam karakter seorang aktor James McAvoy yang dituntut untuk berganti ganti karakter.

Dalam psikologi, kepribadian ganda sering disebut gangguan identitas disosiatif (Dissociative Identity Disorder). Beberapa orang sebenarnya pernah mengalami disosiatif ringan, misalnya melamun atau hilang arah ketika sedang melakukan sesuatu. Nah, jika dinamakan kepribadian ganda itu adalah bentuk dari disosiatif berat. Walaupun pada dasarnya sebagian ahli berpendapat bahwa sebenarnya kepribadian ganda itu tidak ada. Lalu ada juga yang mengatakan bahwa hal tersebut adalah mitos berdasarkan budaya.

Film ini disutradarai sekaligus juga ditulis sendiri oleh M. Night Shyamalan. Dia merupakan sutradara dari film The Last Airbender dan After Earth. Sementara itu, Marc Bienstock dan Jaon Blum juga turut handil sebagai produser disini. Dikisahkan tentang seorang pria bernama Kevin (James McAvoy) yang di diagnosa mempunyai 23 kepribadian di dalam tubuhnya oleh Dr. Fletcher yang juga akan diperankan oleh Betty Buckley. Dr. Fletcher mengatakan bahwa ia sangat heran dan bertanya tanya apa yang sebelumnya terjadi pada psikologis Kevin (James McAvoy) sehingga ia memiliki 23 kepribadian, karena sebelumnya Dr. Fletcher (Betty Buckley) belum pernah menangani kasus sebanyak 23 kepribadian ganda. Kevin mempunyai kepribadian dari anak kecil, pria, wanita bahkan sampai penjahat sekalipun.

Advertisement

Pada awal trailer dimulai dengan suara musik latar diputar cukup mengerikan layaknya film film horor menjelang kejadian kejadian menakutkan akan terjadi. Musik tersebut membuat suasana semakin misterius sehingga penonton yang melihat trailernya semakin penasaran dengan film ini.

Tidak sampai disitu, ketika Kevin menyusup masuk ke salah satu mobil suasana semakin menegangkan pada saat Kevin (James McAvoy) menculik tiga gadis remaja yang dipimpin oleh Casey yang diperankan oleh Anya Taylor-Joy. Anya Taylor-Joy sebelumnya berperan dalam film Morgan menceritakan tentang anak yang tidak seperti biasanya karena ia memiliki kemampuan yang tidak dimiliki anak yang lain. Dia lahir dari hasil eksperimen ilmuwan untuk melahirkan anak buatan. Kembali lagi, Casey (Anya Taylor-Joy) dan teman temannya sebagai gadis yang ditawan dan berusaha melarikan diri, mereka mulai memenuhi semua permintaan 23 kepribadian Kevin (James McAvoy).

Ketika Casey (Anya Taylor-Joy) menyadari dirumah Kevin (James McAvoy) terdapat seikat bunga berwarna kuning di atas wastafel kamar mandi dan diatas bantalnya. Casey (Anya Taylor-Joy) segera memberitahukan hal itu kepada dua temannya dan ia mengambil kesimpulan bahwa dirumah tersebut pasti ada seorang wanita yang setidaknya bisa membantu mereka untuk keluar dari rumah tersebut. Sayang sekali, ketika mereka tidak sengaja bertemu dengan wanita yang tinggal dirumah itu, yang mereka temui lagi dan lagi adalah Kevin (James McAvoy) sendiri yang sedang dalam wujud kepribadian seorang wanita yang memakai baju merah dengan rok hitam. Terlihat adegan lainnya Kevin (James McAvoy) menunjukkan kepribadiannya sebagai anak kecil dengan duduk didepan pintu memakai jaket serta berprilaku dan berbicara seperti anak kecil pada umumnya.

Tidak hanya kepribadian menakutkan yang mucul didalam dirinya tetapi di sisi lain ia menjadi pribadi yang ramah dan hangat kepada tiga gadis tersebut. Seperti Kevin yang menaruh setangkai bunga ditelinga Casey, membawakan mereka sarapan dan mengajak mereka berkeliling untuk melihat lihat rumahnya. Mimpi buruk benar-benar terjadi ketika satu kepribadian Kevin (James McAvoy), identitasnya yang dikenal sebagai "Beast" mulai muncul. Kepribadian didalam diri dan fisiknya seakan akan ikut berubah menjadi sesosok monster yang menakutkan. Akankah Casey (Anya Taylor-Joy) dan teman temannya dapat meloloskan diri dari Kevin (James McAvoy) ?

Trailer kedua film ‘Split’ yang diproduksi Universal Studios ini berdurasi dua menit tiga puluh delapan detik dirilis tiga bulan yang lalu dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris lainnya seperti Sterling K. Brown, Jessica Sula, Haley Lu Richardson. ‘Split’ akan tayang di bioskop tahun depan pada 20 Januari 2017. Selain itu, film ini terpilih sebagai film yang ditayangkan di AFI pada 15 November 2016 dan ditayangkan di Fantastic Fest, Texas pada 26 September 2016. ‘Split’ juga digambarkan sebagai sekuel tematik untuk tahun 2000 film Unbreakable. Pengambilan gambarnya dimulai pada 11 November 2015 di Philadelphia, Pennsylvania.