Bertahun-tahun yang lalu, mungkin saat bunda masih kecil, menyusui tidak terlalu populer. Menyusui tidak mendapat dukungan dari masyarakat sebesar saat ini. Dokter tidak sepenuhnya memahami betapa penting dan bermanfaatnya ASI bagi bayi yang baru lahir. Karena ini, dan beberapa alasan lain, ada banyak ibu baru yang langsung memberikan susu formula kepada bayinya, seringkali mereka bahkan tidak berusaha menyusui bayinya yang baru lahir.

Menyusui membantu melindungi dan memelihara bayi dengan cara yang tak terhitung banyaknya. Ada banyak penelitian mengenai menyusui bayi dan hasilnya menunjukkan peningkatan kemampuan otak pada bayi yang mendapatkan ASI setidaknya selama enam minggu. Penelitian ini juga menunjukkan penurunan risiko obesitas karena bayi yang diberikan ASI jauh lebih kecil kemungkinannya untuk makan berlebihan daripada bayi yang diberi susu formula. Secara keseluruhan, bayi yang telah disusui selama kurang lebih enam bulan juga cenderung tidak mengalami masalah pernapasan.

Kita sekarang tahu betapa bergizi dan pentingnya ASI untuk bayi. Menyusui sangat dianjurkan oleh dokter serta ahli kesehatan. Lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa ASI mendukung peningkatan fungsi otak seperti yang telah dijabarkan sebelumnya dan juga menyediakan nutrisi berharga yang tidak tersedia di sumber makanan bayi lainnya. ASI sangat istimewa, masing-masing air susu ibu sedikit berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan bayinya sendiri. Sistem kekebalan tubuh bayi juga mendapat manfaat langsung ASI dari ibunya.

Setiap waktu makan adalah waktu yang sangat penting sepanjang hari, waktu ini memungkinkan terciptanya ikatan antara ibu dan bayi tanpa ada gangguan. Seorang ibu baru akan benar-benar mengenal bayinya dengan menyusui dan akan merasa lebih nyaman dengan bayinya selama proses menyusui.

Tidur yang disebabkan oleh susu adalah salah satu hal terindah yang akan dialami seorang ibu. Bayi yang baru lahir suka dipeluk dan mereka juga suka makan. Saat seorang ibu menggabungkan keduanya, ia akan mendapatkan bayi yang sangat mengantuk yang akan meringkuk di lengannya lama setelah mereka selesai makan. Menyusui akan mengantar bayi tidur siang tapi bunda mungkin mendapati diri bunda terus menepuk-nepuk sang buah hati, hal tersebut juga menenangkan bunda.

Advertisement

Bayi memiliki naluri melekat bawaan, meski beberapa bayi tidak menempel dengan benar, yang menyebabkan rasa sakit pada sang ibu. Bunda akan menyadari masalah ini sejak dini dan akan mendapati bahwa kebanyakan rumah sakit memiliki spesialis laktasi yang bisa membantu menentukan apakah bayi bunda melekat dengan benar. Jika bunda terus mengalami masalah dalam hal ini pada minggu pertama, bunda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

ASI tidak hanya baik untuk bayi Anda, tapi juga bagus untuk ibu. Penelitian menunjukkan bahwa Ibu yang menyusui bayinya setidaknya selama enam bulan mengalami penurunan drastis akan risiko terserang berbagai jenis kanker termasuk kanker payudara dan kanker ovarium. Catatan menyenangkan lainnya … melalui menyusui, ibu baru juga akan lebih mudah untuk menurunkan berat badan tambahan yang didapatnya saat hamil, dan manfaat lainnya adalah membantu rahim ibu berkontraksi dan kembali ke ukuran sebelum hamil.

Meskipun bunda mungkin mengalami beberapa kesulitan pada awal mulai menyusui; menyusui akan menjadi pengalaman terbaik bunda sebagai seorang ibu baru. Bahkan mungkin akan ada saatnya di kemudian hari ketika bunda melihat kembali pengalaman indah ini dan berharap bahwa bunda telah menyusui anak bunda lebih lama. Baca lebih lanjut tentang cara dan posisi menyusui yang benar agar proses menyusui berjalan lebih mudah bagi bayi maupun bunda.