Apa indahnya senja? Dengannya wajahmu kulukiskan di sana setiap rindu, apa indahnya? Untuk kali ini, mungkin kamu tak akan pernah mengerti jawabanku. Kenapa senja seringkali bisa menjadi penawar rindu? Kenapa orang-orang yang jatuh cinta itu suka sekali dengan pesona jingga? Mungkin jawabanku tak akan pernah memuaskanmu, tapi biarlah kata-kata ini mengalir. Menjawab penasaran sebagian orang.

Apa yang membuat senja itu menarik? Sederhana, sungguh senja itu sederhana. Maka kesederhanaanyalah yang membuatnya memiliki pesona tersendiri. Coba lihat dan perhatikan, apa yang menarik dari senja? Warnanya? Ya, warna khasnya yang sederhana. Kamu tahu, kesederhanaan akan selalu menarik, kesederhanaan akan selalu memiliki pesona.

Jingga itu warna yang menenangkan, merah itu warna yang meneduhkan. Meneduhkan hati mereka yang tingkat kerinduannya keterlaluan. Apakah senja mengajarkan sesuatu? Tentu saja. Di dunia ini, sekecil apapun hal pasti mengajarkan sesuatu yang berharga. Tinggal bagaimana mengembangkan sudut pandang yang kita punya.

Senja, dalam artian yang kumiliki selalu sempurna mengajarkan banyak hal. Kesetiaan misalnya, senja selalu setia menunggu matahari menemuinya. Ia tak pernah bosan, ia tak pernah lelah. Ia setia menunggu mentari karena darinyalah warna-warna menakjubkan itu berasal. Dari kesetiaannya menunggu mentari itulah keteduhan yang menenangkan itu dihasilkan. Itulah alasan orang-orang yang jatuh cinta suka sekali dengan senja.

Mungkin kita belajar bagaimana caranya setia atau pengorbanan. Seperti yang kita tahu, "kesetiaan pasti membutuhkan pengorbanan. Setia berarti membunuh ego kita, membunuh rasa khianat dalam diri kita. Dan tentu, kesetiaan memerlukan pengorbanan yang tak sebentar" Bagi mereka yang tengah jatuh cinta, pengorbanan adalah suatu usaha agar perasaan yang dimilikinya kian berbunga.

Advertisement

Senja, waktu di mana ketentraman menghampiri saat menatapnya. Setelah seharian penuh kita lelah dengan deburan gelombang kehidupan. Kita bisa merehat, menyimpul ulang tenaga. Untuk malam yang semoga selalu lebih berwarna.