Makeup sudah menjadi bagian penting dari hari-hari kita saat ini. Ketika peralatan make up andalaj ketinggalan rasanya kesal dan kecewa, takut penampilanmu hari itu tak jadi sempurna.

Jangan bingung dulu, girls. Karena ternyata makeup dan produk kecantikan yang kita pakai juga bisa ada penggantinya lho dengan makeup seadanya yang kamu bawa. Untuk mengatasi keadaan darurat yang melanda. Yuk, simak tips dari Hipwee satu ini.

1. Nggak mau dong tampil dengan bibir pucat tanpa pemulas bibir karena gincu favoritmu tertinggal? Coba bikin gincu daruratmu sendiri

Eyeshadow + moisturizer via www.pinterest.com

Saat kamu butuh pemulas bibir tapi kamu nggak membawanya, kamu bisa memanfaatkan blush on atau eyeshadow milikmu. Caranya dengan mencampurkan blush on atau eyeshadow milikmu dengan lip balm atau moisturizer wajah milikmu. Kuncinya, kamu harus mencampurnya sampai mendapatkan tone yang tepat. Pilihlah warna pink atau warna coral yang mampu mewarnai bibirmu dengan sempurna. Kamu bisa mengaplikasikannya baik dengan jari maupun bisa juga dengan kuas bibir.

2. Kalau kamu melupakan foundation atau bb cream, lakukan hal ini untuk mendapat hasil yang sama

Face powder + moisturizer via www.hercampus.com

Advertisement

Kulit wajahmu butuh disempurnakan dengan foundation atau bb cream tapi kamu lupa untuk membawanya, coba kamu campurkan bedak tabur (biasanya yang berwarna coklat sesuai kulit, bukan yang putih) dengan sedikit face cream atau moisturizer wajah. Campurkan hingga menghasilkan tekstur coklat seperti foundie atau bb cream, setelah itu kamu bisa mengaplikasikannya seperti biasa dengan tangan.

3. Tisu basah bisa bermanfaat sebagai pengganti make up remover. Kamu pun bisa mendapatkan wajah yang bersih saat aktivitas seharian telah usai

Baby wipes untuk pembersih wajah via wedding.kazan.ru

Asalkan makeup yang kamu kenakan tidak terlalu berat, tisu basah atau baby wipes bisa berperan sangat baik untuk membersihkan makeup yang sudah kamu kenakan. Dimanapun kamu berada, sekarang kamu nggak usah ribet lagi bawa pembersih wajah dengan bentuk botol yang cukup ribet saat masuk tas. Cukup dengan membawa tisu basah maka banyak manfaat bisa kamu dapat sekaligus termasuk dalam hal membersihkan wajah.

4. Maskara nggak hanya bisa dipakai buat bulu matamu, lho. Bisa juga berfungsi sebagai eyeliner atau penebal alis

Maskara bisa juga dipakai untuk eyeliner via thebeautydepartment.com

Saat kamu kehabisan eyeliner atau tertinggal, nggak perlu panik karena merasa kamu nggak bisa keluar ruangan tanpa eyeliner. Karena kamu juga bisa memanfaatkan maskara milikmu sebagai pengganti eyeliner. Caranya dengan memulasnya menggunakan kuas eyeliner dan maskaramu bisa berfungsi dengan baik di kelopak matamu.

5. Mau pakai blush on tapi kamu nggak punya atau tertinggal? Coba pakai pemulas bibirmu untuk melakukan tugas yang sama

Gincu atau lipgloss bisa kamu jadikan blush on via www.fereckels.com

Demi membuat pipimu merona, kamu pun tak perlu repot-repot membelinya. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan gincu dengan sedikit moiturizer untuk mendapatkan cream blush. Namun jika kamu ingin blush on yang berbentuk bubuk, kamu bisa aplikasikan eyeshadow warna pink atau coral milikmu untuk mendapatkan hasil yang sama. Ya, eyeshadow juga bisa dipakai untuk blush on, lho. Selain itu kamu juga bisa pakai lipgloss warna pink milikmu untuk berperan sebagai blush on.

6. Kamu nggak sadar shampomu habis tapi hari masih terlalu pagi untuk membelinya? Pakai aja shower gel atau sabun cair milikmu

Shower gel sebagai pengganti shampo via blog.dylanqueen.com

Bangun tidur, kamu pun langsung menuju kamar mandi untuk mandi pagi. Tapi saat kamu sudah membasahi rambutmu untuk ritual keramas, kamu pun lupa kalau shampomu habis sama sekali. Sebagai pertolongan pertama, kamu bisa memakai shower gel atau sabun cair milikmu sebagai pengganti shampo. Kandungannya akan aman bagi rambut dan kulit kepalamu, namun bukan untuk pemakaian jangka panjang.

7. Saat riasan matamu butuh untuk dibersihkan, kamu bisa gunakan baby oil sebagai pengganti ganti eye makeup remover

Eye makeup remover via www.dailymail.co.uk

Eyeliner, maskara, dan eye shadow yang sudah menempel di matamu butuh untuk dibersihkan. Namun saat kamu tak ada remover, kamu bisa menggunakan baby oil sebagai gantinya. Baby oil mempunyai kandungan yang sangat lembut bagi kulit sekitar mata yang sangat sensitif, dan juga bisa membersihkan makeup secara baik.

8. Mau bulu matamu lentik dan tahan lama tanpa maskara? Seprotkan hairspray pada sikat maskara bekas yang telah dibersihkan

Semprotkan haispray pada sikat maskaramu via www.awesomeinventions.com

Kamu mau tampilan bulu mata yang lentik namun terlihat natural tanpa terlihat tebal seperti saat mengenakan maskara? Kamu bisa gunakan hairspray dan sikat maskara bekas yang telah dibersihkan untuk melakukan trik ini. Caranya dengan menyemprotkan hairspray pada sikat maskara lalu aplikasikan seperti biasanya pada bulu matamu. Apalagi jika sebelumnya kamu sudah menjepit bulu matamu agar terlihat lentik. Hasilnya, bulu matamu akan terlihat lentik natural dan cantik.

Berminat mencoba tips kecantikan d iatas? Kamu bisa banget mencobanya disaat-saat kepepet maupun saat kamu nggak punya produk kecantikan di atas. Daripada beli, coba deh kamu membuat makeup yang sudah kamu punya jadi punya fungsi ganda.