Freckles? Apa tuh?

Freckles, dibaca frek-keuls, bisa diartikan sebagai bintik-bintik pada kulit wajah, atau kamu mungkin mengenalnya sebagai flek wajah. Iya, jadi sekarang sedang ngetren banget memunculkan freckles palsu pada tampilan makeup agar wajah terlihat alami dan segar. Kok bisa sih? Kita di Hipwee Style juga bingung. Oleh karena itu, kita di Hipwee Style mau ngajakin kamu cari tahu lebih tentang tren makeup yang satu ini. Cek yuk!

Freckles teh naon? emang cewek Asia punya freckles juga ya?

bintik-bintik pada wajah Asia via id.pinterest.com

Banyak orang kulit putih yang terlahir dengan bintik-bintik kulit wajah alami seperti si Lindsay Lohan. Tapi, pada kulit wanita Asia, freckles atau bintik-bintik pada wajah sendiri sebenarnya adalah kelainan pada pigmen kulit akibat dari sinar matahari. Semakin tua, frecklesmu biasanya akan semakin bertambah. Maka dari itu nggak jarang cewek-cewek di Indonesia melakukan apapun demi menutupi atau bahkan menghilangkan bintik-bintik pada kulit wajah tersebut.

Makanya industri kecantikan Asia sedikit dikagetkan ketika tiba-tiba freckles menjadi tren yang cukup populer, terutama di Asia Timur seperti Korea. Meskipun begitu, bintik-bintik pada wajah sekarang dianggap sebagai sebuah kecantikkan tersendiri, karena pada dasarnya semua orang bisa cantik meskipun terlahir dengan pigmen kulit yang tidak sempurna.

Makeup freckles banyak manfaatnya kok, salah satunya adalah membuat wajahmu terlihat segar dan alami!

Advertisement

lucu deh bintik-bintiknya.. via modelsofcolor.tumblr.com

Terus, apa dong tujuannya memalsukan bintik-bintik pada wajah? Jadi, makeup freckles ini bukan tanpa fungsi kok. Bintik-bintik freckles biasanya mudah tertutup oleh layer foundation atau concealer. Oleh karena itu, menambahkan bintik-bintik di atas makeup-mu seakan-akan memberi ilusi bahwa kamu tidak memakai makeup apapun. Seakan-akan kamu sedang telanjang muka, tapi kamu tetap terlihat segar karena memang kamu sedang memakai makeup. Oleh karena itu freckles palsu biasanya memang paling pas digabungkan dengan makeup natural.

Ada banyak cara untuk membuat freckles palsu, salah satunya adalah dengan eyeshadow matte!

bintik-bintik pada wajah via www.xovain.com

Kamu bisa memalsukan bintik-bintik pada wajah dengan menggunakan eyeshadow yang matte. Kenapa yang matte? Pastinya agar terlihat natural, karena nggak mungkin dong bintik-bintik pada wajah ada glitternya.

Caranya? Mudah kok! Pertama, selesaikan dulu dasar makeupmu dengan foundie, concealer, dan blush. Kemudian, dengan memakai kuas concealer yang kecil dan lancip, kamu tinggal tutul-tutulkan saja eyeshadow coklat tua ke wajahmu. Hasilnya nanti akan terlihat seperti pada gambar di atas.

Eyeliner cream juga bisa menimbulkan bintik-bintik wajah yang terlihat natural!

menggunakan eyeliner untuk freckles palsu via www.today.com

Selain menggunakan eyeshadow, kamu juga bisa menggunakan eyeliner. Tapi, jangan pakai liquid eyeliner karena takutnya “mbleber” kemana-mana. Selain itu, kamu juga harus memilih cream eyeliner yang matte dengan warna coklat muda yang sedikit lebih tua dari kulit wajahmu. Buat bintik-bintik dengan menggunakan eyeliner coklat di sekitar pipi, bawah mata, dan hidung bagian atas, kamu pun siap terlihat segar dengan frecklesmu!

Gunakan pensil alis dengan dua warna yang berbeda untuk tampilan bintik-bintik yang natural!

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pensil alis sebagai alat pembuat freckles. Gunakan dua warna yang berbeda karena bintik-bintik pada wajah biasanya tidak sewarna. Caranya kurang lebih sama kok, pertama aplikasikan dulu foundie dan concealermu, kemudian mulai tutul-tutulkan pensil alis pada kulit wajahmu. Trik agar terlihat alami adalah dengan mem”puk-puk” bintik-bintiknya agar sedikit menyatu dengan kulit dan terlihat layaknya seperti kulit wajah biasa.

Freckles makeup memang buan buat semua orang sih. Pasti ada sebagian dari kamu yang merasa sedikit aneh dengan tren makeup yang satu ini. Tapi, untuk kamu yang memang hobi dandan dan selalu update dengan tren-tren industri kecantikkan terbaru, kenapa nggak mencoba tren yang satu ini? Cobain yuk!