Kamu tahu dong kalau belakangan ini gaya rambut slickback lagi nge-tren banget. Hits-nya salah satu gaya rambut cowok tersebut pun nggak sembarangan. Ada sebuah rahasia yang membuat para pemilik gaya itu jadi keren maksimal. Yap! Pomade menjadi kunci untuk penampilan rambut nan hakiki itu.

Minyak rambut atau pomade itu memang ampuh banget bikin rambut jadi klimis, bahkan bisa menaikkan level ketampanan para cowok. Namun, ternyata di balik kehebatannya itu, pomade punya beberapa hal yang bisa mengganggu kepalamu jika digunakan terlalu sering.

Kira-kira apa saja ya akibat dari penggunaan pomade? Yuk, langsung cari di bawah ini!

1. Rambut kamu bisa jadi rontok karenanya. Kan sayang 🙁

nanti kalau botak, gimana? 🙁 via pinterest.com

Penggunaan pomade sebenarnya nggak bikin rambut kamu rontok, tapi bahan-bahan pembuat pomade-lah yang bisa membuat rambutmu jadi lemah dan rontok. Terlebih kalau kamu punya alergi dengan bahan tertentu, bisa dipastikan itulah yang menyebabkan rambut kamu rontok.

Advertisement

Selain itu, penggunaan pomade (terutama jenis light pomade) juga membuatmu jadi lebih suka menyisir rambut. Nah, kebiasaan terus-terusan menyisir ini juga bisa jadi salah satu alasan kenapa rambutmu jadi rontok. Tapi, jangan khawatir kamu jadi botak, selama kamu rajin membersihkan rambut dan merawatnya, maka itu nggak akan terjadi, kok.

2. Ketombe pun nggak ragu memenuhi kepalamu kalau pomade yang kamu pakai nggak cocok

ketombean 🙁 via pinterest.com

Salah satu efek samping penggunaan pomade adalah munculnya ketombe. Nggak bisa dipungkiri jika pomade yang dipakai dan mengenai kulit kepalalah yang menjadi penyebab timbulnya bulir-bulir putih yang menyebabkan kulit kepalamu gatal. Kamu harus paham jika pemakaian pomade yang nggak merata dan mengenai kulit kepala adalah penyebab utama munculnya ketombe. Selain itu, rambut atau tanganmu yang terlalu basah saat penggunaan pomade pun bisa jadi penyebabnya. Kalau sudah begitu sih lebih baik jangan pakai pomade dulu. Dan, jangan lupa untuk gunakan sampo anti ketombe, ya.

3. Kamu perlu hati-hati saat menggunakan pomade yang mengandung minyak. Sebab, kalau kena dahi, bisa menumbuhkan jerawat

kalau jerawatan nanti nggak ganteng lagi 🙁 via meetattitude.com

Pomade acne alias jerawat yang timbul karena pomade bisa jadi salah satu sebab yang kamu rasakan karena penggunaan pomade yang berbahan minyak. Jerawat itu bisa muncul karena pori-porimu tersumbat akibat penggunaan pomade tersebut. Meskipun hanya berupa jerawat kecil, tapi kan tetap menyakitkan.

4. Tekanan dari pomade yang dipakai berlebihan ternyata bikin kamu jadi pusing alias sakit kepala

pusing ya? duh~ via www.kinopoisk.ru

Tekanan dari pomade yang kamu pakai berlebihan ternyata bisa bikin pusing alias sakit kepala. Kemungkinan penyebab hal tersebut ialah bau pomade yang bisa jadi sangat menyengat. Memang sih wewangian tersebut sengaja dibuat agar kamu tertarik pada baunya.

Meski nggak beracun tapi kamu tetap harus mengurangi pemakaiannya atau beralih pada jenis pomade lain yang wanginya lebih soft, supaya kepalamu bebas sakit kepala!

5. Terakhir, aktivitasmu bisa-bisa jadi terganggu lantaran kamu jadi sering keluar masuk toilet hanya untuk berkaca dan sisiran!

ngaca mulu >.< via chuansong.me

Efek samping yang terakhir ini bisa jadi adalah yang ampuh mengganggu aktivitasmu. Itu dikarenakan kamu yang jadi rajin bolak-balik ke toilet untuk melihat tatanan rambutmu di cermin dan kemudian menyisir. Hihihi. Nggak masalah sih, tapi kalau berlebihan juga nggak baik. Kamu perlu ingat jika memang segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan nggak baik untuk dirimu sendiri. 🙂

Kalau sudah muncul efek samping yang bisa kamu dapatkan tersebut, cobalah untuk mengurangi pemakaian pomade. Mungkin kalau kamu biasa memakainya tiap hari, ubahlah jadi seminggu sekali. Gunakanlah pomade di saat kamu memang perlu menggunakannya saja. Dan, jangan lupa untuk membersihkan dan merawat kesehatan kepalamu juga, ya!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!