Mengikuti perkembangan tren, memang tak akan ada habisnya. Akan selalu ada model baru yang tercipta, apalagi mengenai perihal pakaian wanita. Bahkan, memiliki setiap model pakaian tak akan memenuhi hasrat untuk membeli barang yang lainnya. Namanya juga wanita.

Tapi perlu dikatahui bahwa tren fashion itu berputar. Akan ada saatnya segala macam item yang pernah happening pada masanya dulu, akan kembali menghiasi etalase butik dan outlet di sekitarmu. Supaya pilihan bajumu lebih bervariasi dan nggak melulu mengikuti yang kekinian, coba kamu buka dan bongkar lemari Mama dan Nenekmu. Siapa tahu tetiba nemu harta karun untuk keistimewaan penampilanmu!

1. Baju terusan pasti akan kamu temukan. Warna netral seperti krem yang menghiasi bisa kamu pakai buat ngampus juga! Formal, kan?

Baju terusan memang item yang pasti ada via www.bustle.com

Salah satu item yang menjadi maskot dari baju lawas tahun 80-an adalah baju terusan selutut atau lebih dan memiliki krah. Kesan formal pun jadi lebih kental saat dilihat. Untuk kamu yang pingin mencoba style yang simple dalam sekali pakai, baju terusan dengan warna netral krem ini bisa kamu pakai untuk ke kampus, bahkan ngantor lho, girls!

2. Model baju terusan lawas banyak yang model berlengan dan berbunga. Model ini pas untuk kamu yang suka sama yang bermotif bunga-bunga cantik.

Ada bordiran bunga-bunga via id.pinterest.com

Advertisement

Salah satu motif yang tidak bisa lepas dari jaman ketika Mama dan Nenekmu muda adalah bunga-bunga. Istilah yang familiar adalah floral pattern. Dress tersebut biasanya dihiasi dengan bordiran bunga-bunga dan warna yang beragam di bagian dada dan tepi roknya. Cocok banget nih dikenakan oleh kamu yang bosen dengan yang polos dan gitu-gitu aja~

3. Untukmu yang lebih suka sama pakaian longgar, dress dari era lawas ini pas untuk kamu pakai. Untuk ngantor atau jalan ke taman bunga, sangat bisa!

Yang longgar itu comfy tak ada banding via bustownmodern.com

Salah satu faktor yang membedakan baju di jaman 80-an dengan 2000-an sekarang adalah dari segi keketatan model dan bahannya. Bisa dilihat, beberapa tahun terakhir ini, banyak muncul ragam celana hingga rok yang ketat dan pas di badan. Dulu, Mamamu lebih suka dengan model rok yang longgar dan tidak terlalu mengekspos lekuk badan. Nah, kalau kamu bosen badanmu dibuat ketat, baju terusan ini bisa kamu jadikan pilihan!

4. Sweater rajut tak hanya diandalkan saat jaman Nenekmu muda. Bahkan, bisa menghangatkan kamu yang hatinya butuh dihangatkan.

Rajutan memang andalan via all-fashion-video.com

Sweater rajut memang menyimpan keahlian tersendiri untuk menghangatkan badan di musim yang dingin. Bahan wool yang memang tebal, bisa memberikan rasa hangat untuk tubuh, sekaligus hatimu yang kedinginan. Kamu juga bisa merasakan cinta nenek yang rela merajut sendiri sweater untuk kamu pakai.

5. Kardigan tipis yang nyaman memang selalu dicari lintas generasi. Yakin cuma Nenekmu yang suka? Mama dan kamu pun akan dibuat suka!

Kardigan nenek via www.etsy.com

Bahkan, kardigan sederhana yang menjadi favorit Nenek dan Mamamu, siap melengkapi penampilanmu sehari-hari. Kamu tak akan dibilang ketinggalan jalan, karena item ini memang wajib dimiliki oleh setiap orang di lintas generasi. Warnanya yang polos dan netral akan pas dengan segala macam kaos, celana, bahkan tas!

6. Renda unik akan menghiasi kemeja milik ibumu pas remaja dulu. Kancingnya yang keemasan memang punya khas tersendiri.

Renda-renda menggemaskan via gingerbreadbuttons.com

Kemeja yang diproduksi di era lama memiliki perbedaan mencolok bila dibandingkan dengan model terbaru. Yang membuat beda adalah dengan adanya renda yang unik dan warna kancingnya yang besar dan beda. Yakin nggak mau tampil beda saat ngampus dan ngantor?

7. Bebungaan tak akan lepas begitu saja untuk menghiasi motif kemeja vintage. Cerah dan penuh warna pastinya, agar harimu tak kelabu.

Kemeja kembang-kembang via www.tumblr.com

Selain yang polos-polos dan berenda, motif floral tak akan absen untuk menghiasi kemeja di masa muda Nenekmu. Bahkan, besarnya bunga dan dedaunan yang terukir di kain tak tanggung-tanggung, besar dan hampir memenuhi seluruh permukaan. Wah, pas nih untuk kamu yang suka dan berani memadupadankan segala macam motif untuk outfit sehari-harimu.

8. Rok kesayangan Nenekmu yang dihiasi dengan cerahnya motif bunga dan daun juga seru lho. Panjangnya yang tanggung dan melewati lutut adalah salah satu ciri khas yang dimiliki.

Pun sama dengan motif roknya~ via www.anthropologie.com

Tak hanya di baju, rok yang kamu temukan di lemari Nenekmu akan didominasi dengan A-line yang bermotif bunga-bunga yang colorful. Semoga kamu bisa ikutan semangat dan ceria dari kecerahan rok yang kamu kenakan. Dipadukan dengan atasan warna polos pun bisa membuat penampilanmu jadi makin kece!

9. Bahkan untuk kamu yang berhijab, bisa pakai rok A-line panjang ini. Motif abstrak pun akan sering kamu dapatkan ketika membongkar lemari.

Pas untukmu yang berhijab via www.aliexpress.com

Tak perlu khawatir dengan kamu yang berhijab, kamu tetap bisa tampil kece dengan rok harta karun di lemari Mamamu yang bermotif abstrak ini. Panjangnya yang semata kaki pas untuk menutup auratmu. A-line yang tidak ketat ataupun menonjolkan bentuk tubuh makin pas dan memberi kenyamanan. Coba, yuk?

10. Scarf adalah item yang akan kamu temukan. Dulu, Nenekmu sering banget pakai scarf ini sebagai kalung. Sekarang, coba kamu manfaatkan!

Scarf buat kalung via crochetascarf.com

Di generasi ketika Nenekmu masih muda, scarf adalah salah satu aksesoris yang wajib dipunya. Saat itu, scarf tak hanya bisa untuk menjadi pengganti bando di kepala, tapi jadi kalung saat itu. Yes, mengikatnya melingkari krah kemeja adalah tren yang menjamur saat itu. Jangan sia-siakan koleksi scarf milik nenekmu ini. Sayang jika tak dipakai untuk mempercantik penampilanmu~

11. Model celana lurus dan tidak ketat dengan warna netral memang laku di masanya. Bahkan, sekarang pun masih bisa kamu pakai!

Celana yang longgar-longgar asik via www.aliexpress.com

Tak hanya rok dan baju terusan, celana yang menjadi kesukaan dan kesayangan Mamamu saat muda adalah celana lurus dan longgar ini. Karena tak perlu khawatir dibuat tak nyaman, bergerak bebas adalah harapan ketika memakai ini. Bahkan, sekarang pun kamu tetap bisa memakai celana model ini untuk kuliah dan ngantor. Tetap sopan, formal, dan nyaman, kan?

Nah, kurang lebih itulah beberapa harta karun yang bisa kamu dapat saat membongkar lemari milik Mama dan Nenekmu. Masih bisa kamu pakai, kan?