Saat ini mungkin kamu sedang bingung mencari jawaban atas pertanyaan, pekerjaan apa yang cocok dengan latar belakangmu?

Adalah wajar, bahwa setiap orang menginginkan untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan apa yang mereka pelajari di bangku sekolah atau perkuliahan. Beberapa dari mereka memang memilih salah satu jurusan tertentu karena di sanalah mereka dapat mengembangkan minatnya. Namun ada juga orang yang terjebak di salah satu jurusan yang bukan merupakan minatnya. Biasanya mereka merasa kebingungan untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan konsentrasi yang mereka ambil sewaktu duduk di bangku perkuliahan.

Faktanya, beberapa pekerjaan menawarkan kesetaraan, meski berbasis pada bidang tertentu. Hampir semua karyawannya berasal dari berbagai jurusan. Penasaran, pekerjaan apa saja yang cocok untuk luusan semua jurusan? Baca, yuk!

1. Bukan hanya lulusan ekonomi, bisnis, atau akutansi yang bisa bekerja di bank. Mereka membuka kesempatan untuk calon pegawai dari berbagai jurusan

Pegawai bank via i.bnet.com

Siapa bilang untuk jadi pegawai bank harus lulusan dari mahasiswa yang berkonsentrasi pada bidang keuangan? Seorang teller ataupun customer service di perusahaan perbankan kebanyakan berasal dari jurusan yang justru jauh dari lulusan mahasiswa yang berkonsentrasi di bidang keuangan.

Advertisement

Biasanya, saat sebuah bank mencari calon pegawai untuk posisi teller atau customer service, mereka memiliki standar kualifikasi seperti usia maksimal, memiliki tinggi dan berat badan yang proporsional, punya skill komunikasi yang baik dan berstatus single. Tak harus berasal dari bidang pendidikan yang sesuai, selama berkemampuan baik dan mau belajar.

2. Menjadi pengajar di sekolah dasar nggak perlu latar pendidikan yang spesifik, asalkan tahu pelajaran basic dan menguasai metode mengajar

Pengajar sekolah dasar via news.prokal.co

Menjadi seorang pengajar baik tetap maupun freelance menjadi salah satu pilihan pekerjaan pertama yang bisa ditekuni oleh fresh graduate. Biasanya pengajar untuk sekolah dasar yang banyak diminati untuk menjajal kemampuan seseorang untuk bekerja.

Kamu bisa mengajar dengan cukup bermodalkan pengetahuan dasar seperti matematika, bahasa asing, ilmu pengetahuan alam maupun sosial, dan keterampilan dalam berkesenian. Selain itu, kesabaran dan kecintaan terhadap anak-anak juga diperlukan untuk menekuni pekerjaan ini.

3. Meski kelihatannya gampang, menjadi pegawai administrasi nggak bisa disepelekan. Posisi ini penting untuk kelancaran bisnis sebuah perusahaan

Admin perusahaan via www.ruangpegawai.com

Profesi ini juga digemari oleh fresh graduate yang ingin menjajakkan kaki pertama kalinya di dunia pekerjaan. Menjadi karyawan yang menangani administrasi bisa dilakukan oleh lulusan semua background pendidikan, selama mereka punya sifat teliti, rapi dan cermat. Posisi administrasi ini bertanggung jawab untuk mengatur dokumen, mencatat, menyimpan, dan lain-lain. Jadi sudah dipastikan bahwa kamu bakal berlama-lama duduk di balik meja untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengarsipan.

Posisi administrasi di sebuah perusahaan nggak bisa disepelekan, karena mereka sangat penting untuk mendukung kelancaran bisnis dan usaha. Kesalahan yang dibuat oleh staff administrasi bisa menyebabkan dampak yang cukup besar bagi operasional perusahaan. Karena itu, posisi ini jadi penting sekali untuk kelancaran bisnis.

4. Berbeda dengan administrasi, untuk kamu yang suka pekerjaan lapangan, profesi sales bisa dijadikan pilihan

Sales mobil via perq.com

Banyak orang yang memandang sebelah mata profesi sales. Padahal, banyak juga perusaaan yang menawarkan jenjang karir yang jelas dan prospektif untuk profesi ini.

Menjadi seorang sales bisa jadi pilihan untuk kamu yang nggak betah duduk berlama-lama di meja kantor dan lebih menyukai pekerjaan lapangan. Profesi sales nggak membutuhkan background pendidikan khusus. Siapa pun, termasuk fresh graduate, bisa melamar menjadi sales, selama ia memiliki kemampuan negosiasi yang baik atau mampu meyakinkan orang lain. Selain itu, seorang sales juga harus ulet, tekun, dan tangguh. Mereka juga nggak boleh putus asa dan harus bisa mencari cara kreatif untuk memasarkan produknya.

5. Menjadi agen asuransi juga digemari mereka yang suka tantangan. Bertemu orang baru untuk menawarkan asuransi kesehatan sampai pendidikan

Agen asuransi via www.google.co.id

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya asuransi, saat ini ada banyak sekali produk asuransi yang ditawarkan. Menjadi seorang agen asuransi juga bisa dilakukan oleh siapapun dengan background pendidikan apapun. Calon agen hanya perlu mengasah pengetahuan soal produk yang ditawarkan dan kemampuan untuk memperluas jaringan. Profesi ini juga kerap menjanjikan jenjang karir yang jelas selama kamu bisa menunjukkan performa yang baik.

Cari tahu 5 pekerjaan lainnya di halaman selanjutnya.