Di masa sekarang ini rasanya IPK tinggi aja nggak cukup untuk mencari pekerjaan kalau kamu nggak punya keterampilan lain yang bisa ditonjolkan. Yap! Soft skill kadang jauh lebih dibutuhkan untuk menunjang karirmu, terlebih buat kamu yang punya IPK pas-pasan.

Kalau kamu kepalang terlanjur punya IPK yang minim, coba mulai sekarang gali potensi lain yang kamu punya untuk mencari pekerjaan. Beberapa pekerjaan di bawah ini bisa jadi pilihan untuk kamu pelajari lebih dalam.

1. Kalau kamu punya kemampuan bahasa yang baik, menjadi seorang penerjemah bisa coba kamu lakoni.

penerjemah juga punya peluang lebar via dlowongankerja.com

IPK-mu yang minim itu nggak akan banyak berpengaruh kalau kamu punya kemampuan berbahasa yang nggak lagi diragukan. Kamu bisa bekerja sebagai penerjemah bahasa yang memang banyak dibutuhkan sekarang ini, kamu bisa menjadi penutur bahasa untuk warga asing atau sebagai sampingan untuk membantu mereka yang ingin menerjemahkan sebuah jurnal atau tulisan bahasa asing. Jangan pernah takut untuk belajar bahasa lebih dalam lagi ya.

2. Desain grafis juga cocok dijajal untuk kamu yang selalu punya ide kreatif dan ingin menuangkannya dalam sebuah gambar atau logo.

desain grafis via blog.pinterest.com

Advertisement

Menjadi seorang desain grafis juga nggak perlu IPK yang tinggi kok, kamu akan lebih dituntut untuk menggunakan kreatifitasmu untuk membuat berbagai desain menarik. Dalam menciptakan desain-desain menarik itulah, kreatifitasmu diuji. Jadi mulai sekarang perbanyak referensi untuk bisa membuat desain yang menarik ya.

3. Jika kamu punya pemikiran kritis dan senang ngobrol dengan banyak orang, kamu bisa kok coba bekerja sebagai seorang wartawan.

jadi wartawan yang penting punya soft skill via setkab.go.id

Untuk menjadi seorang wartawan, kamu nggak perlu IPK yang tinggi, asalkan kamu memiliki pemikiran yang kritis dan bisa dengan mudah bersosialisasi. Selain itu, kalau kamu memang suka menghabiskan waktu di lapangan dan juga tipe orang yang gesit, pekerjaan sebagai wartawan adalah yang paling tepat untuk mulai melangkah ke masa depan.

4. Jadi seorang penulis juga bisa kamu jalani, asal kamu memiliki kreatifitas yang tinggi untuk setiap ide-ide tulisan.

jadi penulis juga asik via www.tumblr.com

IPK tinggi sekalipun rasanya memang nggak penting untuk pekerjaan yang satu ini, asal kamu memiliki kreatifitas yang tinggi dan bisa peka dengan keadaan di sekitarmu. Kalau memang kamu merasa dirimu selalu punya hal baru yang berkeliaran di otakmu dan hobi menulis, nggak ada salahnya untuk benar-benar terjun sebagai penulis profesional.

5. Untuk jadi seorang desainer juga nggak butuh IPK yang bagus kok. Keterampilan menggambar dan mendesain bisa jadi modal utama buat kamu.

desainer~~~ via www.pinterest.com

Kalau kamu punya hobi bereksperimen sama baju-baju di lemari dan juga senang menggambar desain baju yang lucu, rasanya menjadi seorang desainer merupakan pekerjaan yang cocok buat kamu. Nggak perlu kok IPK yang tinggi untuk menjadi desainer, kamu hanya perlu totalitas dan kemauan yang kuat di samping kreatifitas yang kamu miliki.

6. Kalau kamu punya hobi berolahraga, pilihan profesi sebagai atlet pasti cocok untuk kamu.

atlet basket, misalnya… via news.hjnews.com

Keterampilan atau hobi kamu berolahraga yang kamu dalami bisa jadi ranah pekerjaan buatmu lho. Kamu bisa menjadi seorang atlet profesional kalau kamu memang mendalami keterampilan olahragamu. Rasanya akan nikmat kalau hobi berolahragamu juga bisa menghasilkan rupiah untuk mengisi dompet kamu.

7. Terbiasa berkreasi dengan makanan yang kamu masak? Kenapa nggak sekalian mendalaminya dan jadi seorang koki.

Kalau pada dasarnya kamu biasa berkreasi dengan makanan yang kamu masak sendiri, coba dalami lagi aja. Siapa tau dengan begitu kamu bisa sekalian bekerja sebagai seorang koki. Duh, pekerjaan itu kan enak banget, kamu bisa setiap saat mencoba menu masakan baru dan mencicipi berbagai makanan enak.

Daftar pekerjaan di atas semoga bisa mencerahkan pikiranmu yang punya IPK minim untuk mencari kerja. Meski begitu, jangan lupa untuk terus menggali potensi yang ada di salam dirimu ya. Ingatlah, kalau potensi itu adalah bekal awal untuk masa depanmu yang lebih baik.