Sebagai anak muda, tanggung jawab yang kita pikul masih sebatas terhadap diri sendiri. Kita belum memiliki banyak tanggungan yang berarti. Oleh karena itulah, gaji yang diterima tiap bulan pun lebih sering diutamakan untuk menyenangkan diri sendiri baru kemudian ditabung. Kegiatan menyenangkan diri sendiri pun ada banyak jenisnya, mulai dari menghabiskan uang demi menggeluti hobi hingga melakoni travelling secara berkala.

Namun, sebenarnya tak ada yang salah dengan hal itu. Karena menginvestasikan gaji untuk liburan merupakan cara sederhana membuat kinerjamu makin baik ke depannya.

Ini adalah salah satu cara untuk keluar dari rutinitas harian. Melakoni liburan secara berkala merupakan kunci agar terbebas dari kejenuhan.

liburan anak muda

Mengagendakan liburan merupakan cara paling mujarab supaya kamu tak lagi merasa jenuh setelah memeras keringat. Kegiatan yang kamu lakoni tiap hari tentunya – seberapapun senangnya kamu terhadap kegiatanmu – akan membuatmu merasa bosan juga pada akhirnya. Hal ini pun bisa memicu terjadinya penurunan kualitas hasil kerjamu di kemudian hari.

Dengan melakoni liburan, kamu bisa sejenak terbebas dari belenggu rutinitas harian. Setelah berlibur, semangat yang ada di dalam diri pun kembali menyala. Sehingga nantinya ketika kamu kembali dihajar dengan rutinitas, kamu sudah siap menghadapinya berbekal dengan tabungan semangat yang sudah kembali penuh.

Dengan libur secara berkala kamu bisa me-refresh kembali tenaga yang dipunya. Bukan tidak mungkin kamu justru makin terpacu bekerja demi liburan selanjutnya.

Advertisement

liburan anak muda via i.huffpost.com

Tak hanya terhindar dari kejenuhan, liburan yang dilakoni serta merta juga akan me-refresh kembali tenaga yang dipunya. Bila sebelumnya kamu merasa biasa-biasa saja dalam bekerja, liburan yang diagendakan justru akan berhasil menyulut tenagamu. Dengan berlibur bukan tidak mungkin kamu justru makin terpacu dalam mencari uang demi liburan yang selanjutnya.

Liburan yang dilakukan bukan bermaksud melakukan pemborosan, sejatinya ini merupakan cara untuk menggembungkan tabungan pengalaman.

liburan anak muda via abcnews.go.com

Memang banyak orang merasa sayang menginvestasikan uangnya untuk berlibur. Merasa hal ini merupakan kegiatan pemborosan, banyak pula yang memilih untuk tak berlibur demi penghematan. Padahal sebenarnya, dengan melakoni liburan tanpa disadari kamu sudah menggembungkan tabungan pengalaman milikmu.

Selama berlibur kamu akan banyak menemukan hal baru yang bisa dijadikan pembelajaran. Pengalaman untuk belajar bagaimana bekerjasama hingga pada akhirnya menemukan solusi bersama kawan seperjalanan. Dan juga pengalaman ketika bertemu dengan penduduk asli destinasi tujuan, kamu akan dipaksa untuk belajar budaya serta kehidupan mereka. Bukankah hal ini lebih kaya daripada ketika kamu hanya menimbun uang dan memilih untuk tak melangkahkan kaki kemana-mana?

Berlibur di banyak destinasi akan membantumu untuk melihat segala hal dari banyak sudut pandang berbeda. Tentunya ini merupakan amunisi yang akan sangat berguna di dunia kerja.

liburan anak muda via fashions-cloud.com

Berlibur dan bertemu dengan banyak orang akan membuka matamu terhadap ragam perspektif baru. Mulai dari kawan seperjalanan hingga penduduk lokal destinasi wisatamu. Lihat dan pahami sudut pandang yang ditawarkan oleh mereka. Hal ini pun akan menjadikanmu manusia baru yang lebih fleksibel lagi. Kecakapanmu bersosialisi dengan mereka juga pastinya akan berguna untuk makin mempertajam skill komunikasi di dunia kerja.

Bertemu dengan banyak orang akan membuatmu tak lantas cepat merasa jumawa. Kamu akan terus diingatkan bahwa pencapaianmu di dunia kerja tentu masih kalah dibanding mereka.

liburan anak muda via huffingtonpost.com

Selain mempelajari banyak sudut pandang baru dari orang-orang baru, berlibur di banyak destinasi akan membuatmu tetap berpijak di dunia nyata. Kamu bisa banyak memetik nilai hidup dari orang-orang yang kamu temui. Mungkin sebelumnya, pencapaianmu selama bekerja serta gaji yang diterima sudah membuatmu besar kepala. Bisa berdiri di atas kaki sendiri seringnya membuatmu lupa diri dan lantas pada akhirnya membuatmu berjumawa.

Bertemu dengan banyak orang baru selama perjalanan liburan akan membuka mata bahwa di luaran sana banyak orang yang lebih berhasil dari pada dirimu namun tetap berendah hati.

Pengalaman menikmati hidup akan tuntas dirasakan ketika masih muda. Tak akan ada penyesalan yang kemudian datang di hari tua.

liburan anak muda via tumblr.com

Pengalaman berlibur pun pada akhirnya sudah tuntas kamu nikmati di usia muda. Ada segudang pengalaman yang siap diceritakan kepada anak cucu hingga bekal pembelajaran di hari tua. Tentunya liburan yang kamu lakoni selalu bermakna dan ada hal penting yang bisa dipetik di baliknya.

Berliburlah selama kamu masih bisa berlibur. Ingat, ketika masih muda kamu memiliki raga yang masih bugar serta uang yang cukup sebagai modal. Jangan sia-siakan kedua hal ini begitu saja, manfaatkanlah sebaik-baiknya dengan meluangkan waktu yang kamu punya.

Jadi, sudah siapkan kamu mengagendakan liburanmu yang selanjutnya?