Di era saat semuanya serba cepat, informasi mengalir deras, serta tingkat stres yang tinggi– banyak orang yang mesti berjuang dengan pola tidur mereka. Mungkin, kamu pun demikian, baik itu ketika kamu susah terlelap sehingga gak cukup tidur atau saat kesulitan untuk bangun di pagi hari. Padahal, tidur itu hal yang penting untuk menjaga energi kita biar tetap produktif.

Nah, biar kamu memperoleh tidur yang berkualitas, ini dia kesalahan-kesalahan soal tidur yang sering gak kamu sadari dan sedikit tips untuk menghindarinya. Sudah siap tidur lelap dengan cara yang tepat malam ini?

1. Stop memencet tombol snooze saat alarm berdering.

Tombol snooze mengacaukan tidurmu via gizmodo.com

Tombol snooze memang selalu menggoda untuk dipencet, apalagi jika kita masih pengen menikmati tidur. Kamu memang mendapatkan ekstra 10 menit atau lebih untuk tidur lagi, tapi itu sama sekali gak menambah energimu. Sebaliknya, menurut penelitian, tidur yang diputus justru bisa membikin kamu tambah lelah.

Alih-alih menekan tombol snooze, akan jauh lebih baik jika kamu bangun saat alarm pertama berbunyi. Bangunlah dengan santai, tapi jangan tidur lagi. Dengan begitu kamu bisa lebih siap untuk menghadapi hari.

2. Jangan biarkan kamu terjebak dalam pola tidur yang tak beraturan.

Advertisement

Pola tidurmu gak beraturan via galaxyinvader.wordpress.com

Ketika kamu merasa sulit tidur atau susah bangun pagi, coba cek lagi kegiatan dan pola tidurmu. Apa tugas-tugas memaksamu begadang? Atau kamu main game sampai larut malam? Nah, pola tidur yang gak beraturan akan mengganggu ritme tidur alamimu. Hal ini bisa menyebabkan insomnia dan kelelahan.

Jika pola tidur kita teratur, kita akan jauh lebih mudah tidur di malam hari dan terbangun dengan segar keesokan harinya. Ini berarti, kamu sebaiknya tidur dan bangun di waktu yang hampir sama tiap harinya.

3. Tidur siang boleh, tapi jangan lama-lama.

Tidur siang terlalu lama via college.usatoday.com

Tidur siang yang terlalu lama bakal mengganggu ritme tidurmu–kamu pasti pernah merasa susah tidur di malam hari gara-gara tidur siang kelamaan, ‘kan? Nah, kalo memang kamu benar-benar membutuhkan istirahat siang, batasi waktunya kurang dari 30 menit dan lakukan sebelum jam 4 sore, dengan begitu waktu tidurmu di malam hari tidak terganggu. Tidur siang yang singkat setelah makan siang bisa membantu mengembalikan energimu (tapi jangan sampai kebablasan, ya).

4. Konsumsi kafein/stimulan sebelum tidur itu haram hukumnya.

Kopi bikin kamu susah tidur via bluechameleon.aminus3.com

Mengkonsumsi kafein atau stimulan bisa membuat kamu melek sepanjang malam. Kafein merangsang tubuhmu untuk tetap terjaga sampai 12 jam setelah dikonsumsi. Jadi, jika kamu ingin tidur yang berkualitas di malam hari, batasi asupan kafein setelah jam makan siang. Waspada juga dengan minuman herbal seperti teh hijau; ia bisa saja mengandung kadar kafein yang tinggi. Selalu cek labelnya terlebih dulu.

5. Jangan biarkan perasaanmu terganggu oleh stres dan pikiran yang negatif.

Stres dan berpikir negatif via health.howstuffworks.com

Stres adalah salah satu alasan umum kenapa kamu jadi sulit tidur. Stres menghasilkan senyawa kimia yang menahan kita untuk tidur. Jika gak ditangani dengan baik, stres bakal menggangu produktivitasmu di kemudian hari karena kamu gak bisa memperoleh tidur yang berkualitas.

Cobalah untuk menjernihkan pikiranmu sebelum tidur; segera atasi masalah yang menjadi penyebab stres dan usahakan untuk selalu berpikir positif. Kalo kamu kalah sama stresmu malam ini, kamu mungkin gak punya cukup energi untuk menghadapi stresmu esok hari.

6. Matikan lampu, jangan sekali-kali tidur dengan lampu menyala.

Terlalu terang via www.theguardian.com

Ada alasan kenapa manusia beraktivitas di siang hari dan beristirahat di malam hari: tubuhmu bergantung pada ‘sinyal tidur’ untuk bisa terlelap dan salah satu sinyal tersebut adalah kegelapan. Sedikit cahaya saja bisa mengganggu kerja kelenjar pineal untuk menghasilkan hormon tidur yang membuatmu nyenyak. Jadi, jika kamu mau tidurmu berkualitas, buat kamarmu segelap mungkin. Jika perlu, gunakan penutup mata saat tidur.

7. Tahan diri untuk tidak mengemil makanan manis sebelum tidur.

Ngemil sebelum tidur via www.huffingtonpost.com

Memakan yang manis-manis sebelum beranjak tidur itu sama sekali bukan ide yang bagus. Gula bisa mengganggu senyawa kimia dalam tubuhmu yang membuatmu terjaga di malam hari. Jadi, sebaiknya batasi makanan tinggi gula (termasuk makanan sumber karbohidrat seperti nasi) di malam hari. Kalo kamu memang lapar, lebih baik konsumsi makanan yang kaya protein.

8. Hilangkan Keinginan Mengkonsumsi alkohol sebelum tidur.

Minum alkohol sebelum tidur

Alkohol merupakan senyawa yang digunakan sebagai penenang. Tapi, karena itulah banyak orang yang tertipu dan beranggapan jika mengkonsumsi alkohol bisa membantu mereka mendapatkan tidur yang baik. Pada kenyataannya, alkohol memang awalnya bisa mendorong orang untuk bisa tertidur, tapi alkohol bisa merusak tidurmu di malam hari dan mengacaukan pola tidurmu yang justru bikin kamu merasa lelah di pagi hari. Belum lagi kalo kamu mabuk!

9. Punya TV di kamar tidur? Matikan!

Memasang TV di kamar tidur via www.wisegeek.com

Mungkin beberapa dari kamu merasa mudah tertidur saat televisi masih menyala. Tapi, itu bisa membuatmu terbangun di tengah malam dan bisa mengacaukan ritme tidurmu. Jadi, sebaiknya kamu berpikir dua kali jika hendak memasang televisi di kamar tidurmu.

Khusus buat kamu yang ngekos di mana semua barangmu diletakkan dalam satu ruangan, menempatkan TV di dalam kamar bakal tak terhindarkan. Biar pola tidurmu tetap terjaga, pastikan kamu disiplin untuk mematikan TV beberapa jam sebelum tidur jika ingin menerapkan rutinitas tidur yang sehat.

10. Kalaupun kamu punya gangguan tidur, tak usah terlalu mencemaskannya. Berusaha tidur lelap semampumu saja.

Kamu terlalu cemas via nuccawellnesschicago.com

Jika kamu mengalami tidur yang kurang nyenyak belakangan ini–misalnya jam tidur kurang, tidur yang terputus, atau mengalami susah tidur–sebaiknya gak usah terlalu dipikirkan. Terlalu berfokus pada masalah tidurmu cuma akan menimbulkan kecemasan berlebihan dan akan membuat masalah tidurmu semakin parah. Coba tenangkan pikiranmu dan mengalir saja, biarkan tubuhmu beradaptasi secara natural untuk mendapatkan pola tidur yang sehat.

Setelah kamu menelaah kesalahan-kesalahan tidur di atas, kini kamu mengetahui bagaimana menyesuaikan diri agar tidurmu berkualitas sehingga kamu punya energi penuh di pagi hari untuk memulai aktivitas. Nah, semoga tidurmu nyenyak, ya!