Perkara masak-memasak memang terkadang pelik. Di satu sisi kegiatan ini bisa jadi pengganti meditasi yang bisa menjauhkanmu dari stres. Tapi di sisi lain buatmu yang gak bisa masak justru aktivitas mengolah bahan makanan ini bisa jadi sumber frustasi yang baru. Niatnya mau melepas penat, malah senewen deh…

Eits, tapi tenang. Dengan kemampuan mengolah bahan makanan yang pas-pasan kamu tetap bisa kok membuat panganan dalam waktu singkat. Atas nama solidaritas sesama pribadi yang malas suka kepraktisan dan tidak mahir memasak, Hipwee sudah siapkan berbagai jenis olahan ini khusus buatmu.

1. Cheesy mushroom scramble egg yang creamy jadi kawan manis menyambut pagi : 1 menit

Cheesy mushrom scramble egg. Yum! via www.simplyscratch.com

Apa yang lebih cocok jadi kawan di pagi hari selain telur? Pengolahannya yang mudah plus rasanya yang nikmat tepat jadi energy booster seharian. Kalau kamu bosan dengan olahan telur yang begitu-begitu saja coba deh berkesperimen sedikit dengan olahan telur yang satu ini.

Bahan yang kamu butuhkan:

Advertisement
  • 2 butir telur
  • Bawang bombay
  • Keju mozarella atau cheddar
  • Jamur kunci yang sudah direbus setengah matang sebelumnya
  • Butter atau mentega (sesuai selera)

Cara membuatnya gampang. Panaskan butter atau mentega di wajan teflon hingga mencair. Masukkan bawang bombay, lalu disusul dengan telur. Selepas telur menyentuh wajan; langsung orak-arik telur tersebut agar tercipta scramble egg. Sebagai penutup, masukkan jamur dan keju yang memperkaya rasa olahan ini.

2. Yoghurt smoothie bukan cuma mudah dibuat. Rasa kenyang pun mudah lekat: 2 menit

Yoghrt smoothie yang sehat dan mudah dibuat via www.peanutbutterandpeppers.com

Malas menyentuh kompor dan penggorengan demi mengisi perut? Buat saja smoothie mudah yang tak kalah sehat ini. Tinggal pilih buah yang sesuai kata hati, yoghurt, susu, dan es cube jika ingin langsung meminumnya dengan dingin.

Masukkan semua bahan ke dalam blender selama 1-2 menit sesuai tingkat kekentalan yang diinginkan. Voila! JAdi deh olahan buah nan sehat ini.

3. Overnight oatmeals bisa kamu siapkan dalam 5 menit saja. Praktis, sehat pula!

Overnight oatmelas yang mudah dibuat dan sehat via eathealthytrainhard.tumblr.com

Oatmeal bisa jadi belum akrab di lidahmu. Tapi jangan pandang sebelah mata olahan yang satu ini, selain mudah oatmeal juga punya khasiat yang oke buat jantung dan tubuhmu. Nah, buatmu yang masih belum akrab dengan oatmeal yang hambar ada kok caranya menikmati oatmeal yang savoury.

Bahan yang kamu butuhkan:

  • Oatmeal
  • Susu non fat
  • Buah sesuai selera
  • Jar untuk menyimpan oatmeal

Cara membuat:

  • Campurkan oatmeal dengan susu non fat dengan rasio 1:1 di dalam jar
  • Aduk hingga tercampur merata; cicipi untuk memastikan oatmeal dan susu sudah tercampur sempurna
  • Tutup jar, masukkan dalam kulkas semalaman agar susu meresap
  • Tambahkan buah sesuai selera saat hendak dimakan.

Gampang. enak, sehat — kurang apa coba?

4. Harimu sedang buruk-buruknya? PB&B jadi comfort food penyelamat suasana: 2 menit

PB&B to the rescue! via healthyandfittstuff.tumblr.com

Apa yang lebih menyenangkan dari gabungan rasa antara pisang, krim kacang, dan roti tawar? Comfort food yang mudah dibuat ini ampuh mengusir rasa bad mood akibat tugas yang menumpuk atau kepala penuh karena tenggat pekerjaan.

Cara membuatnya pun gampang. Potong pisang raja ke potongan-potongan bulat, oleskan selai kacang di atas roti, masukkan potongan pisang diantara 2 tangkup roti. PB&B yang gurih di lidah pun jadi!

5. Punya sisa ayam atau ikan dari menumu sebelumnya? Modifikasi untuk jadi lettuce wrap saja! : 1 menit

Lettuce wrap dari overnight food via 4littlefergusons.wordpress.com

Kalau kamu sering jadi penikmat reality show Korea pemandangan aktor-aktornya menggulung daging dengan daun selada tentu akrab di mata. Walau tinggal di Indonesia bukan berarti kamu tak bisa merasakan sensasi meaty yang tetap sehat ini.

Manfaatkan sisa daging atau ikan dari menu makanmu sebelumnya. Potong hingga menjadi bagian-bagian yang mudah dikunyah. Cuci daun selada hingga bersih — siap deh untuk wrapping.

Agar rasa balutan dagingmu tidak hambar kamu bisa menambahkan saus kacang atau gochujang (saus pedas khas Korea) yang mudah dibeli di supermarket.

See? Gak perlu kemampuan memasak tingkat dewa ‘kan untuk menyiapkan makanan sendiri? Kalau sudah begini — yakin masih mau terus-terusan beli?