Ketika kamu sedang bahagia dan semangat beraktivitas, eh tau-tau muncul sariawan. Kebahagiaanmu sirna, dan kamu jadi serba salah. Inginnya sih bebas ngomong, tapi nyeri dalam mulut makin menjadi, mau makan pun sama saja menyakiti diri. Kalau sudah begini, kamu kerap kali menyesali diri karena merasa kurang banyak mengonsumsi vitamin C.

Padahal, sejatinya bukan hanya karena kurang mengonsumsi makanan atau minuman vitamin C. Kenyataannya terdapat penyebab lain seperti jamur dan kurang rutinnya kamu dalam menjaga kebersihan mulut. Alhasil, kamu jadi sariawan. Ibaratnya, rasa ngilunya yang tak tertahankan membuat mie instan favoritmu jadi nggak enak. Ya, memang sangat menyengsarakan.

Biar kamu nggak salah paham dan tahu cara tepat mengatasinya, simak 7 fakta sariawan berikut ini yuk!

1. Rasa ngilunya tak tertahankan, apalagi ketika sariawan sudah membesar. Sampai bikin mie instan jadi nggak enak!

makan apapun jadi nggak enak via www.womenshealthmag.com

Sariawan itu bikin kamu jadi malas mau melakukan apapun. Rasa ngilunya yang tak tertahankan, terutama saat sariawannya membesar ternyata juga mampu membuat rasa mie instan favorit nggak enak. Meski udara dingin atau habis hujan-hujanan, kamu harus ikhlas nggak makan mie instan dulu deh. Apalagi jika terdapat sariawan yang berada di rongga mulut bagian atas dekat tenggorokan, sakit banget guys.

2. Kemunculannya waktu masih kecil memang tak seberapa. Tapi, itu sudah bikin tak nyaman berbicara atau mengunyah

Advertisement

bikin nggak nyaman via dedaunan.com

Sepertinya nggak adil kalau sariawan bikin sengsara ketika besar saja. Karena sebetulnya sariawan yang masih kecil pun mampu membuatmu uring-uringan lantaran rasa nyerinya ke mana-mana. Kamu jadi nggak nyaman mau berbicara atau mengunyah. Jika terpaksa melakukan, kamu harus menahan rasa sakit yang begitu perih.

3. Mendingan diam saja biar nyerinya nggak terasa, tapi nggak bisa juga ya

memoleskan lipstik juga rasanya nyeri via www.netdoctor.co.uk

Kalau sudah nggak nyaman mau melakukan apapun, kamu jadi ingin diam saja untuk mengurangi rasa ngilu. Tapi, jika terlalu lama diam, maka sakit yang ada mulut kamu (terutama sekitar sariawan) jadi kaku. Sehingga rasa sakitnya tetap tak hilang dan masih kamu rasakan. Duh, jadi serba salah!

4. Katanya sih sariawan muncul gara-gara kurang vitamin C. Padahal, itu karena sistem kekebalan tubuh yang menurun dan kurangnya kebersihan mulut

katanya kurang vitamin c via www.latimes.com

Banyak informasi yang sejak dulu beredar kalau sariawan muncul disebabkan kurang mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. Padahal, sariawan muncul bisa disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang menurun dan kurangnya kebersihan mulut. Kamu yang pakai kawat gigi atau gigi palsu pun demikian lantaran ukurannya nggak pas (melukai rongga mulut) atau kurang terjaga kebersihannya. Merokok dan kurang mengonsumsi vitamin B atau zat besi juga bisa jadi penyebabnya.

5. Dan adanya jamur Candida albicans yang berada di dalam mulut dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan sariawan

Namun, dari sekian banyaknya penyebab sariawan yang pasti adalah gara-gara adanya jamur Candida albicans. Jamur ini memang selalu berada di dalam mulut meskipun jumlahnya kecil. Nah, sariawan akan muncul saat pertumbuhan jamur nggak stabil, yakni jumlahnya berlebihan. Jamur Candida albicans dalam jumlah kecil pun tetap mampu menyebabkan sariawan ketika dipicu oleh penyebab-penyebab lain pada sariawan yang Hipwee Tips sebutkan pada nomor 4 tadi.

6. Untuk mengobatinya kamu dapat menggunakan obat kumur, krim, atau gel. Tapi, saat ditetesi rasanya semacam penyiksaan diri sesungguhnya

pakai obat kumur via www.netdoctor.co.uk

Mengobati sariawan dapat disembuhkan pakai obat antijamur; yakni berbentuk obat kumur, krim atau gel. Meskipun begitu, kita semua sepakat bahwa saat sariawannya terkena tetesan obat, wah rasa ngilunya seperti penyiksaan diri yang sesungguhnya. Maka, jangan heran jika kamu sampai menangis saat melakukannya. Seperti sakit hati saja ya sampai menangis.

7. Mencegahnya pun mudah, yakni harus menjaga kebersihan gigi dan mulut

rutin membersihkan gigi via www.huffingtonpost.ca

Supaya nggak sering sariawan, kamu harus rutin menjaga kebersihan mulut. Caranya yaitu rajin menyikat gigi, kumur-kumur, dan berhenti merokok. Bagi kamu yang pakai gigi palsu atau kawat gigi juga tak lupa harus menjaga kebersihannya ya. Jika ingin lebih terjaga, maka periksakan ke dokter gigi untuk menjaga gigi dan mulut dari sariawan.

Sariawan memang menyebalkan karena penuh rasa pilu di sekitar mulut. Kamu jadi malas makan, minum, dan berbicara. Duh, sariawan memang bikin sengsara ya seperti sakit hati saja. Maka dari itu, rawat mulutmu dengan baik ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya