Bicara soal Indonesia, sebagai manusia penikmat kulinernya tentu nggak akan menampik bahwa hampir semua makanan dan minuman di Nusantara ini lezatnya tiada tara. Dari mulai camilan hingga makan berat, keenakannya memang susah ditolak.

Orang Indonesianya saja lahap saat makan, apalagi bule yang saban harinya cuma makan roti, mie, dan steak? Jelas terpikat lidah dan hati mereka oleh makanan Indonesia. Dari bahan dasar daging saja, ada banyak rasa dan teknik gastronomi yang berbeda-beda buat tiap bumbunya. Yummy!

Suka makanan Indonesia dibilang “ndeso”? Segera hapuskan anggapan itu, guys. Karena kuliner Indonesia kian diakui di dunia internasional dan digemari oleh bule-bule. Jadi, nggak heran sih bule betah lama-lama di Indonesia dan dapet jodoh cewek sini. Hehehehe.

Dimasak di atas wajan selama berjam-jam dan dicampur dengan gulai dari santan kelapa, membuat rendang menjadi kuliner tak terkalahkan nendangnya

bisa tahan berminggu-minggu via masirul.com

Rendang adalah makanan khas Padang, Sumatera Barat. Makanan ini dulunya dibuat sebagai bekal untuk perjalanan jauh, sehingga dimasak sedemikian rupa sehingga awet disimpan. Teksturnya yang padat dan kering memang diolah dengan bumbu-bumbu yang beraneka ragam. Dimakan dengan nasi hangat, membuat lapar mengentas seketika.

Rendang pun sudah diakui sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN 2011. Memang nggak mengherankan sih, enaknya bisa sampai teringat-ingat terus di kepala.

Duh, jadi ingin ke rumah makan Padang terdekat nih. Hehehehe.

Awalnya dimasak dari nasi sisa semalam, tapi ini yang bikin keenakan Nasi Goreng tak terelakan

Nasi goreng via sejutafakta.com

Makanan yang (biasanya) diolah karena ada nasi sisa supaya bisa tetap dimakan, ternyata tetap bisa menuai tingkat popular yang sampai ke luar negeri.

Terbukti, setelah rendang, nasi goreng adalah makanan terlezat nomor 2 versi CNN. Memang sih, dicampur dengan telur dan potongan daging atau sosis, membuat nasi goreng ini terasa lezat sekali dimakan. Bule yang mampir ke Indonesia, nggak akan melewatkan mencicipi nasi ini!

Olahan kedelai dengan fermentasi khusus membuat tempe menjadi makanan lezat berprotein tinggi. Ssst, di luar negeri sana tempe dijual lebih mahal dari daging lho

Makanan ini harganya mahal lho, kalau belinya di luar negeri. Karena di sana, tempe dianggap sebagai makanan yang eksotis dengan nilai gizi tinggi. Rasanya juga nggak perlu disangsikan lagi! Walau dimasak dengan teknik bacem, tumis, dikasih selimut tepung, tetap nikmat buat disantap. Seminggu tidak makan tempe, rasanya seperti ada yang kurang, gitu.

Daging tusuk berbumbu kecap atau kacang bikin Sate sangat digemari. Apalagi di bagian semi gosong gitu~

daging tusuk via 1001resepmasakan.com

Daging tusuk yang dibakar di atas bara api dan dihidangkan dengan bumbu kecap atau kacang ini memang nyata enaknya. Nggak hanya kamu yang setia menunggu Abang Sate lewat depan rumah, bule yang mendarat di Indonesia juga nggak tahan menunda buat menyantap makanan ini.

Ambil lontong, lalu cocol dengan sate. Maknyuss!

Saking kreatifnya, ekor sapi nggak luput buat diolah jadi Sup Buntut. Aduh, bikin ngiler

sop buntut via www.mindtalk.com

Bukti bahwa Indonesia adalah masyarakat yang kreatif dapat dilihat dari olahan makanan yang satu ini. Buntut atau ekor adalah bagian dari hewan sapi yang sering diabaikan. Namun di tangan koki Indonesia yang handal, bagian buntut ini bisa jadi masakan yang kaya cita rasa. Nuansanya yang hangat dan lezat apalagi dimakan dengan nasi pas siang hari. Enaknya, karena #LidahGueIndonesia!

Nggak melulu makanan, di tengah teriknya matahari Es Cendol bisa jadi oase yang sungguh menyegarkan!

cendolnya Gan via marymemasak.wordpress.com

Setelah makan makanan enak tentu rasanya kurang nikmat kalau belum bahas minumannya. Es Cendol bisa menjadi alternatif yang tepat saat haus melanda. Minuman ini juga disukai oleh para bule, lho. Apalagi saat mereka datang ke Indonesia ketika suhunya kurang bersahabat dengan keseharian mereka. Ya, di negara tropis ini, cendol yang dingin nyatanya mampu membuat para insan kehausan bisa tertolong.

Minuman yang terakhir ini, bajigur bisa penghangat badan yang lebih hangat dari pelukan gebetan

Hangat, enak, bikin tentram via wdank.co.id

Satu lagi minuman yang bisa bikin para bule jatuh hati. Bajigur. Adalah minuman hangat yang terbuat dari gula aren, santan, serta tambahan jahe, garam, dan bubuk vanili ini memang nyata enaknya. Cocok dinikmati saat udara lagi dingin-dinginnya. Minuman ini berasal dari area Jawa Barat yang terkenal punya sisi kuliner yang tinggi. Namun sayangnya nggak semua tempat bisa menemukan minuman ini.

Nah, untukmu yang gemar dengan minuman hangat khas Indonesia tapi malas beli langsung ke tempat asalnya, sekarang ada minuman instan rasa bajigur lho. Ya, itulah Nutrisari W’dank Bajigur Coconut Latte. Gabungan antara hangat dan manis dari campuran gula aren  dan santan. Hmmm, bisakah kamu bayangin perpaduan rasanya yang luar biasa? Dengan rasa semanis Klepon, merakyat seperti Bakso, terkenal seperti rendang, dan selembut Surabi, siapa yang bisa menolak keenakannya?

Gaya kamu boleh bule, tapi tetep aja lidah kamu lidah Indonesia! Ini dia W’Dank Bajigur Coconut Latte! Gurihnya kelapa, harumnya daun pandan plus manisnya gula aren bakal manjain lidah Indonesia kamu!

Yuk ramaikan di dunia virtual kalau suka makanan Indonesia itu nggak “ndeso”. Karena memang #LidahGueIndonesia! Nggak heran kalo ada banyak bule yang ikutan jatuh hati dengan tiap rasa kuliner yang ada di Indonesia.

Semoga kamu setuju dengan tiap makanan di atas yang nggak cuma bikin lidah bule tergila-gila dengan rasa enaknya, ya. Tenang, kamu nggak “ndeso” kok. Hehehehe.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya