Makanan yang mengandung sayuran biasanya kurang disenangi anak-anak. Bahkan, orang dewasa pun masih banyak juga yang enggan memakannya. Padahal, sayuran sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan. Kandungan zat-zat di dalamnya kaya akan manfaat dan sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Nah, mumpung masih calon ibu-ibu muda nih, nggak ada salahnya mencoba resep cemilan dari sayuran yang tersembunyi sekarang lho. Biar anak-anakmu nanti yang nggak mau sayur tetap bisa memakannya. Yah kalau bukan dari kamu yang pandai mengakali, siapa lagi? Langsung aj ayuk simak 7 resep cemilan berikut ini.

1. Gak hanya sayuran berupa wortel, tapi adanya daging maupun telur dalam pastel pasti digemari anak-anak.

Kamu tentu udah familiar deh dengan cemilan satu ini. Yup, penyukanya pun bukan anak-anak aja, tapi juga orang dewasa. Biasanya isi pastel terdiri dari kentang, wortel, daging atau telur. Kamu bisa variasikan sesukamu lho, silahkan disimak ya!

Bahan-bahan:

Advertisement
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk kulit:

  • 1/4 kg terigu biasa atau protein sedang
  • 1 butir telur
  • 3 sdm mentega
  • 1/2 sdt garam
  • 60 ml air

Bahan untuk isi:

  • 1 buah wortel dipotong kecil-kecil atau diparut kasar
  • 3 butir telur direbus, masing-masing dibagi menjadi 4 bagian
  • 1/2 dada ayam fillet, direbus, suwir-suwir
  • 1/4 kg bihun, disiram air panas, tiriskan
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 3/4 garam

Bumbu halus:

  • 7 buah bawang merah
  • 6 siung bawang putih

Cara membuat Isi:

  1. Panaskan minyak, kalau sudah silahkan tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan wortel dan ayam yang sudah disuwir-suwir, lalau diaduk hingga wortel menjadi setengah layu.
  2. Selanjutnya masukkan garam, gula, merica, dan masak sampai matang. Saat mau diangkat, masukkan bihun dan aduk merata.

Cara Membuat Kulit:

  1. Kocok telur sebentar, kemudian masukkan semua bahan kulit dan aduk merata. Kalau sudah, bentuk adonan menjadi tipis mengunakan gilingan mie.
  2. Mulailah dari ketebalan nomor 1 yang paling tebal dan giling lagi hingga ketebalan yang paling tipis atau nomor 5.
  3. Selanjutnya cetak dengan cetakan kulit pastel. Kamu dapat menggunakan gilingan kayu juga lho, namun usahakan rata dan tipis.
  4. Setelah kulit selesai, masukkan bagian isi yang ditumis tadi, tambahkan sepotong telur. Lipat dan dipilin tepinya.

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak goreng, lalu matikan apinya dan lalu masukkan pastel, aduk-aduk.
  2. Kalau sudah, nyalakan kompor kembali dengan api kecil dan goreng pastel sampai matang.
  3. Angkat, dan tiriskan. Pastel buatanmu siap disajikan deh.

Resep ini diambil dari: http://resepcaramemasak.org/cara-membuat-pastel-goreng

Gimana? Cukup mudah kan? Daripada saat ingin memakan pastel harus beli, nggak ada salahnya sesekali mencobanya. Makanan hasil olahan sendiri tentu lebih enak dan terjamin kualitasnya. ;D

2. Hampir sama dengan pastel, bedanya kulit risoles lebih sedikit empuk. Anakmu dijamin pasti sukaaa!

Risoles ini alternatif pilihan cemilanmu yang berisikan sayuran. Kalau bosan menghadirkan pastel, kamu bisa beralih pada risoles. Rasanya nggak akan mengecewakan, apalagi kalau dinikmati bersama cabe rawit. Hehehe buruan yuk simak resepnya!

Bahan-bahan:

  • 100 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 250 ml susu cair
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm mentega, lelehkan, biarkan dingin

Bahan dan bumbu untuk isi:

  • 300 gr kentang, potong dadu, goreng
  • 150 gr wortel, iris halus
  • 100 gr buncis, iris agak tipis
  • 150 ml air
  • 4 butir bawang merah, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 2 tangkai seledri, iris halus
  • Garam, merica dan gula secukupnya
  • 2 sdm mentega untuk menumis

Penyelesaian:

  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 150 gr tepung panir kasar atau tepung roti
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Untuk kulitnya, campurkan tepung terigu, telur, susu cair dan garam, diaduk rata. Saring lalu masukkan mentega cair dan aduk rata. Siapkan wajan anti lengket, kemudian ambil sedikit adonan dan buat dadar. Sisihkan.
  2. Untuk isi risoles, tumis bawang putih dan bawang merah hingga wangi. Tambahkan kentang, wortel dan buncis, lalu aduk sampai layu. Tuangkan air, masukkan garam, merica, pala bubuk dan gula. Masak hingga bumbu meresap, tambahkan seledri dan aduk rata kembali.
  3. Ambil selembar kulit, beri isi lalu lipat dan gulung. Celupkan gulungan risoles ke dalam telur dan gulingkan ke tepung panir. Masukkan ke dalam kulkas, biarkan sekitar 2 jam.
  4. Selanjutnya panaskan minyak, kalau sudah goreng risoles sampai matang dan berwarna coklat kekuningan.
  5. Angkat, tiriskan dan siap untuk dihidangkan.

Resep ini diambil dari: http://resepmasakankreatif.blogspot.co.id/2013/01/resep-risoles-isi-sayuran-enak.html

Risoles ini paling enak kalau dihidangkan selagi hangat. Jadi, jangan tunggu-tunggu lagi ya! Segera hidangkan kalau udah matang. ;D

3. Cemilan yang satu ini khas Indonesia banget lho. Ada bakwan sayur yang menjadi favorit keluarga!

bakwan via resepmembuat.com

Bakwan itu memang cemilan yang udah merakyat banget. Dengan harganya yang murah dan rasa lezatnya nggak kalah dengan cemilan lain, pas banget buat kamu yang masih calon ibu-ibu muda nih.

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg tepung terigu
  • Sayuran kubis, wortel, bayam, tauge, jagung sesuai selera
  • Garam dapur secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Air secukupnya
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 2 batang seledri dan 2 batang daun bawang, diiris-iris
  • 4 sdm tepung beras
  • 1 butir telur ayam

Cara Membuat:

  1. Iris tipis-tipis wortel, kubis, tauge, jagung dan daun bawang serta seledri. Kemudian cuci hingga bersih. Campurkan sayuran tersebut ke dalam adonan tepung terigu dan beras.
  2. Kemudian tambahkan air dan telur bila perlu. Lalu bumbui dengan garam, merica, dan bawang putih, diaduk sampai tercampur dan mengental.
  3. Panaskan minyak dan goreng dengan minyak yang penuh sampai bakwan menjadi kecoklatan.
  4. Kalau sudah, angkat dan tiriskan.

Resep ini diambil dari: http://resepmakansedap.com/cara-mudah-membuat-bakwan-sayur-sedap/

Tuh kan mudah banget! Bahan-bahannya juga nggak menguras kantong lagi. Selamat memberikan cemilan sehat dan praktis buat keluarga kecilmu nanti ya.

4. Kalau tadi bakwan, masih ada saingannya nih yang sama-sama gorengan yaitu tahu isi.

tahu isi via www.drakemedia.net

Tahu itu bisa dibuat beragam cemilan, salah satunya tahu isi. Nah, dengan tahu ini kamu bisa mengakalinya dengan memberikan sayuran sebagai isinya. Pasti nanti anak-anakmu nggak menolak saat memakannya deh.

Bahan-bahan:

  • 10 buah tahu kuning, goreng matang dan tiriskan
  • 100 gr daging ayam, dicincang
  • 4 lembar kol, iris halus
  • 2 buah wortel 2 buah, serut kasar memanjang
  • 125 gr tauge, buang ekor, cuci, tiriskan
  • 1 batang bawang daun, iris halus
  • 2 batang seledri, iris halus
  • 4 siung bawang merah, diiris
  • 3 siung bawang putih, diiris
  • 1/2 siung bawang bombay ½ siung, diiris
  • 15 buah cabe rawit merah, diiris
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt garam

Bahan Untuk Kulit Tahu:

  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung tapioca
  • 125 gr tepung terigu
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 batang bawang daun, diiris halus
  • 1/2 sdt garam
  • 200 ml air

Cara Membuat:

  1. Sobek salah satu sisi tahu yang sudah digoreng, kemudian keluarkan sebagian isi tahu. Tumis hingga wangi dan matang bagian isi tahu yang dikeluarkan, serta bahan dan bumbu isian juga daging dan sayuran. Lalu angkat dan tiriskan.
  2. Tahu yang sudah disobek salah satu sisinya dan sudah diablis isinya diberi isian kembali, yaitu bahan campuran yang sudah ditumis tadi.
  3. Isi sampai bagian dalam tahu penuh. Sisi adonan yang disobek direkatkan dengan adonan pelapis sampai rapat dan tertutup rata.
  4. Panaskan minyak, kalau sudah goreng tahu isi dengan api sedang hingga matang.
  5. Angkat dan tiriskan.Tahu isi olahanmu siap disajikan deh.

Resep ini diambil dari: http://resepcaramasak.com/resep-tahu-isi-enak-renyah-dan-gurih/

Gorengan tahu memang menjadi salah satu yang digemari masyarakat lintas generasi. Kalau bikin gorengan tapi nggak menyajikan tahu, kayaknya ada yang kurang deh. Hehe.

5. Biar ada nuansa Jepangnya sedikit, kamu bisa lho membuat kakiage sesekali. Lidah anak-anakmu akan termanjakan dengan sayuran yang crispy ~

Kakiage bisa dibilang gorengan punyanya negara Jepang nih. Tanpa harus jauh-jauh ke Jepang dulu atau datang ke restoran Jepang terdekat, kamu bisa menikmatinya dengan membuat sendiri. Kakiage ini berbahan sayuran yang dipotong halus dan dibuat dengan adonan tempura. Simak yuk resepnya!

Bahan-bahan:

  • 160 gr bawang (1 bawang kecil, diiris-iris)
  • 90 gr wortel (1 wortel kecil, dipotong menjadi lembaran pendek dan tipis)
  • 70 gram burdock/gobo (1/3 burdock dipotong menjadi lembaran pendek dan tipis)
  • 10 gr/1 ikat kecil mitsuba (trefoil leaf/japanese wild parsley, bentuknya mirip daun seledri biasanya tiap tangkai terdiri dari 3 helai daun)
  • 80 gr tepung (sekitar 2/3 cangkir)
  • 1/2 cangkir soda (dingin)

Cara Membuat:

  1. Siapkan bawang, wortel, burdock dan mitsuba. Masukkan ke mangkuk besar, campur dengan bawang dan pastikan sayuran tersebut sangat kering. Untuk mengeringkannya kamu bisa menggunakan kertas tisu ya.
  2. Siapkan saringan kawat yang dilapisi dengan beberapa lembar kertas tisu. Panaskan panci dengan minyak sayur setinggi 1 inci dan panas 1800
  3. Aduk sayuran bersama dengan tepung sampai merata. Tambahkan soda dingin ke sayuran dan kemudian aduk untuk mencampurkannya.
  4. Kalau terdapat benjolan kecil dari beberapa tepung itu tidak masalah, tapi jangan ada air di bagian bawah mangkuknya ya. Jangan mengaduk adonan terlalu berlebihan.
  5. Untuk membentuknya nih, sebaiknya lakukan dispatula agar sewaktu menggoreng nggak berantakan. Kemudian turunkan spatula ke dalam minyak dan gunakan spatula kedua untuk mengikis gorengan yang pertama.
  6. Goreng kakiage sampai nggak lembek dan balik, lalu goreng sisi lainnya (sekitar 1-2 menit). Goreng sisi kedua hingga renyah (1 hingga 1 1/2 menit).
  7. Saat kakiage sudah renyah (tapi belum berwarna kecokelatan), keluarkan dari minyak dan keringkan minyak sebanyak mungkin di atas panci sebelum memindahkannya ke saringan kawat.
  8. Sajikan kakiage pada selembar kertas dengan ditaburi garam yang kaya dengan umami.

Resep ini diambil dari: http://japanesestation.com/resep-kakiage-jepang-yang-renyah-dan-lezat/

Memang perlu keterampilan saat membentuknya, tapi kalau hasilnya nanti memuaskan, ya kenapa nggak? Biar cemilan gorenganmu ada variasinya dari negara lain juga hehe.

6. Bukan berupa gorengan aja lho, tapi jenis keripik bayam ini renyahnya emang menggoda banget buat dicicipi.

keripik bayam via resepcaramasak.com

Ingin menyajikan jenis cemilan selain gorengan? Keripik bayam adalah salah satu pilihannya! Biasanya sih anak-anak pasti menyukainya karena cemilan jenis keripik merupakan favorit mereka.

Bahan-bahan:

  • 20 lembar daun bayam segar dan utuh
  • 8 butir kemiri, tumbuk halus
  • 3 sdm tepung kanji
  • 200 gr tepung beras
  • 3 sdm ebi, tumbuk halus
  • 3 siung bawang putih
  • Garam dan air terpisah secukupnya
  • Minyak goreng juga secukupnya

Cara Membuat:

  1. Bersihkan bayam dengan cara menyucinya. Tunggu hingga air pada bayam tiris.
  2. Sambil menunggum, kamu dapat membuat adonan bubuk dengan mencampur tepung kanji dan tepung beras. Aduk sampai merata.
  3. Pada wadah yang sama, masukkan ebi, bawang, dan kemiri halus. Lalu tuang air secukupnya, aduk sampai menjadi adonan encer namun tetap kuat membalut daun bayam.
  4. Kemudian, celup langsung daun bayam ke dalam adonan tepung encer satu persatu sampai matang. Sebelumnya jangan lupa panaskan minyak goreng.
  5. Tiriskan daun bayam yang sudah digoreng sampai minyaknya benar-benar tersisihkan. Jangan lupa siapkan toplas kedap udara untuk menyimpan keripik bayam yang sudah jadi.

Resep ini diambil dari: http://resepmembuat.com/resep-cara-membuat-keripik-bayam-gurih/

Kalau dilihat luarnya, sepertinya memang sulit. Padahal setelah kamu mengetahuinya, ternyata mudah banget kan? Yang penting rasa malas dalam diri dihilangkan dulu, hehe.

7. Mau cemilannya juga mengenyangkan? Buat aja lontong isi atau dikenal dengan arem-arem.

lontong isi via www.makanansehat.web.id

Selain keripik bayam, ada lagi cemilan yang nggak mesti gorengan yaitu lontong isi. Cemilan yang sering disebut arem-arem cukup mengeyangkan lho karena terbuat dari beras. Langsung aja yuk simak resepnya!

Bahan lontong:

– 1 liter beras (pulen)

– 1,5 liter santan cair

– Garam secukupnya

– 6 lembar daun salam

– sereh, digeprek

– Daun pisang secukupnya, layukan dengan dijemur atau dipanggang diatas api sebentar

Bahan isian:

  • 1/2 kg wortel, iris kotak kecil
  • 1/2 kg kentang, iris kotak kecil
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt merica
  • 3 butir kemiri
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara Membuat Isi:

  1. Haluskan merica, bawang putih dan kemiri. Kalau sudah disisihkan. Tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan wortel dan kentang.
  2. Bumbui dengan garam dan gula (tes cicip), lalu aduk rata serta tambahkan air sedikit agar tidak kering. Kemudian masukkan daun bawang, masak sampai matang dan dinginkan.

Cara Membuat Lontong:

  1. Cuci beras, rendam kurang lebih 1 jam. Masak santan, garam, daun salam dan sereh, diaduk-aduk terus hingga mendidih. Hati-hati ya jangan sampai santannya pecah.
  2. Masukkan beras, aduk rata. Angkat dan diamkan sampai uap panasnya hilang. Aduk rata aron berulang kali hingga aron menjadi lembut.
  3. Ambil daun pisang, olesi dengan minyak tipis. Lalu ambil 2 sendok adonan lontong, pipihkan dan masukkan bahan isian. Ratakan hingga berbentuk lonjong bulat.
  4. Rapikan bungkusan lontong, semat dengan lidi/tusuk gigi pada kedua ujungnya. Susun ke dalam kukusan dengan percikkan sedikit air agar warna daun menjadi cantik.
  5. Lontong isi buatanmu siap disajikan deh. Selamat menikmati.

Resep ini diambil dari: http://www.resepkue.in/resep-kue-snack/lontong-isi-kentang-wortel/

Yang bosan dengan gorengan, bisa menyajikan cemilan lontong isi agar nggak bosan. Kalau ada anggota yang sedang batuk atau radang tenggorokan, cemilan ini bisa menjadi pilihannya lho. Selamat mencoba!

Setelah kamu mengetahuinya, membuat cemilan dengan sayuran yang tersembunyi di dalamnya mudah bukan? Menjadi calon ibu-ibu muda memang butuh persiapan, salah satunya ya dengan cemilan tadi. Semangat membuatnya ya dan jangan bosan bereksperimen di dapur! ;D