Kurang percaya diri lantaran memiliki warna bibir yang gelap dan cenderung hitam? Sudah menggunakan lipgloss dan atau lip balm  tetapi merasa tak mengubah keadaan? Yaiyalah, gunanya mereka kan untuk melembabkan bibir biar nggak kering, bukan mengembalikan warna bibir yang menghitam.

Sekadar info aja nih, bibir yang menghitam itu dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok, konsumsi kopi, atau penggunaan lipstik yang kurang sesuai. Usut punya usut, kandungan nikotin dalam rokok dapat menyebabkan pigmen melanin bibir menjadi tebal dan menghitam perlahan. Selain itu, lipstik yang mengandung parafin dan logam berat juga berkontribusi dalam mengiritasi dan menghitamkan bibir.

Nah, ini ada beberapa solusi nih buat mengembalikan warna bibirmu seperti sedia kala. Solusinya adalah kamu kudu berhenti merokok. Hahahaa enggalah, ini ada beberapa cara yang bisa kamu praktikkan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Simak ya

1. Madu bisa jadi cara mutakhir untuk memelihara sel-sel pada bibir

perempuan emang nggak mau di madu, tapi madu bisa menyembuhkanmu via s16.postimg.org

Sejak jaman Firaun dahulu kala, madu sudah digunakan sebagai pelembab bibir alami yang ampuh mengatasi bibir kering. Faktanya lagi nih, madu juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi si bibir hitam. Boleh hanya madu alami saja, atau dicampur dengan air lemon. Bahan ini kemudian dioleskan pada bibir sebelum tidur dan dibiarkan selama semalam. Hasil atau perubahan dapat didapat jika dilakukan rutin selama setidaknya dua minggu.

2. Mengangkat sel kulit mati dengan bantuan minyak zaitun, dapat membuat warna bibirmu cerah kembali

Advertisement

minyak zaituun~ via www.homesogood.com

Apa saja kandungan minyak zaitun hayo? Yap, ada omega 3 dan antioksidan yang berperan dalam pengangkatan sel kulit mati. Dengan mengoleskannya pada bibir secara teratur, perlahan tapi pasti, bibir kamu pun akan cerah kembali.

3. Lemon dan gula pasir bisa juga jadi kombinasi yang pas untuk menghilangkan noda warna hitam lho

Buah berkulit kuning ini memiliki kandungan zat alpha hydroxy acid untuk mengangkat sel kulit mati di area bibir. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon terbukti dapat mencerahkan warna kulit, termasuk bibir. Gula pasir sendiri dimaksudkan sebagai bahan scrub. Caranya, lemon dibelah menjadi dua bagian. Pada bagian dalamnya, taburi dengan gula pasir. Setelah itu, barulah gosokkan perlahan lemon dan gula pasir tadi pada bibir.

4. Bubuk kunyit juga mampu bikin warna hitam di bibir kamu semakin berkurang dan memudar

si kuning via muhyipedia.yu.tl

Kamu bisa mencampur sejumput bubuk kunyit dengan satu sendok teh susu. Setelah itu cukup oleskan pada bibir dan harus teratur untuk mendapatkan bibir berwarna cerah atau merah muda. Cara lain, kamu bisa mencampurkannya pada makanan seperti pasta misalnya.

5. Air mawar bisa kamu pilih juga untuk jadi penawar ~

sekuntum mawar merah~~~ via 4.bp.blogspot.com

Nggak cuma cantik dipandang, ternyata kelopak mawar dapat membuat bibir gelap menjadi lebih cerah. Caranya, ambil beberapa kelopak mawar dan rendam dalam susu selama setengah jam dalam sebuah wadah. Lantas kamu bisa menambahkan kunyit yang sudah dihaluskan dengan campuran tadi. Kemudian, oleskan seluruh kombinasi itu pada bibir selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

6. Mentimun pun bisa memberi keuntungan yang berjibun

Buah yang sering dijadikan lalapan ini nggak hanya dapat memudarkan bekas luka lho. Jika kebetulan di rumahmu hanya ada mentimun, bisa kok kamu gunakan. Caranya, haluskan campuran mentimun dengan jeruk nipis, lalu oleskan di sekitar bibir. Diamkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan air dingin.

7. Lidah buaya atau aloe vera, lebih dari sekadar penghilang bekas luka

aloe vera via jokowarino.id

Sudah jamak diketahui bahwa lidah buaya memang sering digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Akan tetapi, tanaman berkhasiat satu ini ternyata juga dapat digunakan untuk mencerahkan warna bibir yang menghitam. Caranya, ambil gel lidah buaya dan oleskan di bibir. Tapiii, kamu juga kudu hati-hati karena gel lidah buaya ini memilik rasa yang pahit.

8. Jangan ragukan khasiat yang dimiliki alpukat. Siapa sangka buah hijau ini bisa membuat bibirmu jadi terawat~

avocado for the lips via jokowarino.id

Kombinasi dari buah alpukat dan minyak zaitun dapat menghasilkan ramuan pencerah bibir yang alami dan cukup ampuh. Cukup gunakan 50 gram alpukat yang sudah dihancurkan, lalu tambahkan dua hingga tiga tetes minyak zaitun. Aplikasikan ke area bibir sembari memberi pijatan ringat ya…

9. Mentega nggak melulu jahat lho, dia bisa juga jadi sahabat baik buat kamu. Nggak percaya? Sok coba!

Kata siapa mentega masuk dalam makanan ‘jahat’ yang harus benar-benar dihindari? Pasalnya, mentega justru dapat mempercepat proses dalam membuat warna bibir jadi kembali cerah. Mentega mengandung banyak sekali minyak yang bisa membantu mengembalikan kelembaban bibir. Rajin-rajin olesin si kuning satu ini ke bibir kamu yaaa…

10. Nggak cuma minyak zaitun yang punya banyak faedah, minyak almond pun bisa jadi salah satu bahan untuk mengambalikan bibir cerahmu

almonds with honey isolated on white via www.amazine.co

Pada tahu nggak sih apa penyebab menghitamnya bibir? Yap, karena kurangnya kelembaban pada salah satu indera kita itu. Disinilah minyak almond berperan, sebagai salah satu bahan yang sangat baik dalam mengembalikan kelembaban yang sempat hilang tadi. Minyak almond ini bisa kamu dapat di supermarket lho, semudah itu. Caranya, cukup oleskan saja pada area bibir. Selain itu, dia juga berguna menjaga bibir tahan lembab alias tidak mengering.

11. Yoghurt nggak cuma enak, tapi juga sehat dan kaya akan manfaat

Kandungan yoghurt sebagai hasil fermentasi susu yang sehat akan memberi manfaat kelembaban pada bibir. Selain rasanya yang enak, yoghurt juga sehat bila dikonsumsi, serta dapat menjadi alternatif bagi kamu yang sedang mendambakan warna bibir yang merah merona. Caranya, kamu bisa mencampur yoghurt dan madu, lalu mengoleskannya pada bibir.

12. Gliserin tanpa apapun bisa berguna juga kalau kamu rutinkan

gliserin via 4.bp.blogspot.com

Pada tahu nggak sih gliserin itu apa? Jadi, gliserin ini merupakan cairan kental yang tidak berwarna dan jika dicicipi terasa manis. Ia memiliki titik didih tinggi dan membeku dalam bentuk pasta. Yang paling umum gliserin yang digunakan adalah dalam sabun, dan berbagai kosmetik lainnya. Cara pengaplikasiannya, kamu bisa memijat bibir dengan menggunakan gliserin, sehingga warna bibir yang cerah akan kembali perlahan. Oleskan sebelum tidur yaa…

13. Jangan remehkan kemujaraban dari daun ketumbar, gitu-gitu dia bisa bikin warna bibirmu kembali cetar

mbar ketumbar via 1.bp.blogspot.com

Daun ketumbar berkhasiat memudarkan warna gelap pada bibir. Caranya, mulailah dengan menghaluskan daun ketumbar dulu. Lalu, campurkanlah dengan air dan oleskan pada bibir. Setelahnya, baru bilas dengan air hangat.

Siapapun tentu akan sepakat, bahwa memiliki bibir hitam sangat tidak mendukung penampilan. Kecantikan rasanya tidak sempurna dengan bibir hitam yang membuat wajah kusam dan terlihat tidak fresh. Memang, bibir gelap atau hitam memiliki sebab, namun bukan berarti hal tersebut tak bisa diatasi. Tak perlulah mengandalkan aneka produk kimiawi, cukup atasi gelapnya bibirmu dengan barang-barang alami ini. Semoga kemudian kamu makin percaya diri ya, Selamat mencoba!