5 Jenis Parfum yang Ada di Pasaran. Manakah yang tahan lama?

Saat memilih parfum, biasanya kamu akan fokus pada pilihan wanginya saja. Ada yang suka dengan wangi lembut atau lebih tertarik dengan pilihan wangi yang tajam. Ya, semua tergantung selera setiap orang. Nah, elain aroma, hal lain yang perlu diperhatikan ketika membeli parfum yaitu wanginya tahan berapa lama. Semakin awet, maka semakin banyak uang yang kamu keluarkan untuk membelinya.

Advertisement

Dan parfum jenis ini tidak tersedia di minimarket. Harganya yang jutaan membuat parfum ini hanya ada di toko-toko tertentu saja.

Kandungan campuran essence-nya menjadi tolok ukur harga parfum berbeda. Ada yang ribuan, puluhan, ratusan, hingga jutaan. Untuk mengetahui jenis parfumnya dan siapa tahu kamu tertarik membeli, simak ulasan jenis parfum berdasarkan ketahanan wanginya.

1. Extrait de Perfume

Jenis parfum yang tahan lama

Dior Extrait de Parfum via www.linnes.nl

Extrait de Perfume (EDP) merupakan kasta tertinggi dalam kelas minyak wangi dengan kandungan campuran essence mulai dari 15-30 persen. Tingginya kandungan essence pada parfum jenis ini membuat wanginya bisa bertahan lama yaitu 2 sampai 3 hari dan dapat tercium dari jarak jauh.

Advertisement

Per botolnya dijual dengan harga jutaan rupiah. Saking mahalnya, ada yang menyebut parfum jenis ini sebagai ‘berlian cair’.

Bagi sebagian orang, memiliki Extrait de Perfume jadi salah satu hal prestisius. Parfum jenis ini juga sering dijadikan sebagai hadiah untuk kolega atau pasangan. Kamu juga pasti akan senang ‘kan kalau dikasih hadiah isinya parfum yang harganya jutaan? Tapi akan lebih senang lagi kalau dikasih mentahnya aja, sih.

2. Eau de Perfume

Jenis parfum

Heeley Eau de Parfum via www.jamesheeley.com

Advertisement

Jenis parfum ini mengandung campuran essence 8-15 persen. Dan lebih rendah daripada jenis parfum sebelumnya, namun masih bisa bertahan hingga 1 hari.  Sedangkan harganya ada di kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Parfum ini cocok untuk digunakan pada aktivitas sehari-hari. Coba kodein pacarmu buat membelikannya yuk!

Baca juga: 7 Tipe Kepribadian Cewek Berdasarkan Parfum yang Dipakai. Kamu Termasuk yang Mana?

3. Eau de Toilette 

Jenis parfum edt

Lancome Eau de Toilette via www.fragrantica.com

Wangi parfum jenis ini hanya bisa bertahan hingga setengah hari karena kandungan alkoholnya lebih tinggi daripada parfumnya, yakni sekitar 4-8 persen saja.

Eau de Toilette (EDT) biasanya hadir dalam bentuk spray dengan harga yang lebih terjangkau dibanding 2 jenis parfum sebelumnya. Parfum ini cocok untuk acara yang tidak membutuhkan waktu lama, seperti pergi ke pesta, nongkrong, atau nonton film di bioskop.

4. Eau de Cologne

Jenis parfum edc

Eau de Cologne by Chanel via www.brilio.net

Parfum ini bisa dibilang umum di pasaran karena cukup murah dan terjangkau. Wajar sih karena kandungan essence-nya hanya sekitar 2-4 persen saja.

Kandungan alkohol Eau de Cologne jauh lebih banyak, sehingga kemasannya pun lebih besar. Tidak heran jika jenis parfum ini cepat menguap dan wanginya hanya mampu bertahan tidak lebih dari 2–6 jam.

Baca juga: Selain Tahan Lama, 8 Wangi Parfum Ini Ampuh Jadi Mood Booster Kerja!

5. Splash cologne

Jenis parfum

Splash Cologne via www.rinicesillia.com

Jenis parfum satu ini merupakan jenis parfum yang paling sering dan banyak kamu temukan. Splash colonge memang mudah ditemui lantaran tersedia di minimarket dan hampir di semua pusat perbelanjaan.

Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari roll on, deodorant, sampai body splash. Kandungan parfumnya yang hanya 1-3 persen ini dicampur dengan pewangi dan juga cairan, sehingga wanginya tahan tak lebih dari 1 jam. Paling cocok kamu pakai sesaat setelah mandi agar tubuh makin segar dan harum.

Setelah mengetahui beberapa jenis parfum dan kandungan essence yang ada di dalamnya, kamu jadi tahu kalau ternyata wangi parfum ada yang tahan lama dan tidak. Harganya pun juga berbeda-beda. Nah, kamu sendiri tertarik ingin membeli yang mana?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

a young mother of two

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

CLOSE