“Orang yang hidupnya bahagia pasti terlihat cantik. Wajahnya seperti kaca yang merefleksikan kebahagiaan mereka” – Drew Barrymore.

Boleh setuju boleh nggak, tapi pendapat Drew Barrymore sepertinya patut didengar. Pasalnya, wajah perempuan yang tersenyum tentu akan lebih menarik daripada wajah yang murung atau cemberut.

Walaupun belum terbukti secara ilmiah, tapi Hipwee juga percaya kok, kalau kecantikan itu datangnya dari pribadi yang bahagia.

1. Bukan Soal Keturunan…

cantik bukan soal keturunan via instagram.com

Perempuan bisa saja punya wajah cantik karena faktor keturunan. Ia terlahir ke dunia bersama keberuntungan berupa hidung mancung, bibir tipis, alis tebal, mata indah, dan kulit yang putih atau kuning langsat. Ia cantik karena ibunya juga cantik dan ayahnya tampan karena campuran Indonesia-Belanda, atau semacamnya.

Advertisement

Kecantikan alami yang semacam ini wajib banget disyukuri. Tapi, apa itu aja cukup? Belum.

2. Bukan Klinik Kecantikan Mana Yang Kamu Pilih…

klinik kecantikan mana yang kamu pilih via satelitnews.co

Tuntutan lingkungan sosial kadang membuat perempuan berpikir praktis dan cenderung sempit. Kecantikan menjadi identik dengan seberapa banyak uang yang kamu habiskan buat perawatan wajah di klinik skincare ternama. Kamu percaya kalau bisa cantik gara-gara krim siang, krim malam, dan sejenisnya.

Bahkan, kamu mulai cuek ketika produk-produk yang kamu pakai nggak jelas asal-usulnya. Apakah halal atau tidak, kamu nggak yakin. Kira-kira berbahaya atau tidak, kamu nggak ambil pusing. Ketika kulit wajahmu mulai merah-merah dan mengelupas, kamu berusaha tenang dan menganggap kalau itu efek sementara, sebelum wajahmu berubah lebih putih, mulus, dan jadi cantik.

3. Bukan Seberapa Rajin Kamu Merawat Diri Di Rumah

rajin merawat diri di rumah via hellobeautiful.com

Mulai dari facial foam, scrub, milk cleanser, toner, sampai segala jenis masker kamu punya. Tiap pagi, malam, dan sepulang bepergian kamu sibuk mengurus wajahmu. Dana bulanan buat beli produk-produk itu juga nggak bisa diganggu gugat. Kamu berusaha mati-matian buat jadi cantik. Hmm… luar biasa!

4. Bukan Soal Pintar Makeup Apa Enggak

kamu pintar makeup sendiri? via www.ibtimes.com

Perempuan bisa saja terlihat cantik karena sapuan bedak, lipstik, pensil alis atau eye shadow. Mungkin, kamu sudah belajar selama berbulan-bulan untuk membuat alismu dicukur sempurna dan tetap sejajar? Atau, supaya blush-on nggak bikin pipimu lebih mirip korban keberingasan warga yang main hakim sendiri?

Kamu pun rela merogoh kocek lebih dalam buat ikutan kursus makeup. Kamu juga rajin konsultasi ke mbak-mbak SPG produk makeup sampai berjam-jam. Tanpa sadar, mereka membuatmu menguras habis uang tabunganmu.

5. Bahkan, Bukan Perkara Operasi Kecantikan

bukan perkara operasi plastik via umtransplantgear.com

Tren operasi kecantikan kian populer. Kamu mungkin pernah tergoda dan berpikir untuk melakukannya. Melihat artis-artis yang heboh sulam alis atau sulam bibir, apa kamu pengen? Jangan-jangan kamu sudah mulai cari informasi dan mengumpulkan uang, nih?

Di negara-negara maju, perkembangan teknologi kecantikan sudah luar biasa hebat. Melihat artis-artis Korea Selatan yang lebih mirip boneka Barbie daripada manusia, apa kamu pernah berpikir buat operasi plastik juga? Tunggu! Sebenarnya, gimana sih kamu memaknai kecantikan? Apa iya pemahamanmu hanya berhenti pada hal-hal di atas?

6. Tapi, Soal Kepribadianmu

kepribadianmu juga cantik via act.mtv.com

Yup, kepribadianmu itu justru sangat penting. Gimana watak dan sifat-sifat kamu adalah yang menentukan apakah kamu bisa terlihat cantik atau enggak.

Jadilah pribadi yang peduli dengan lingkungan sekitarmu dan mau menolong sesamamu. Kebaikanmu yang akan merubah pandangan orang tentang kamu.

7. Seberapa Cantik Hatimu

hatimu juga harus cantik via www.nyunyu.com

Apa kamu masih sering merasa iri sama keberhasilan orang lain? Atau, kamu pernah berharap kalau orang yang nggak kamu suka mendapat musibah? Ingat, hati yang iri dan dengki itu nggak akan membawamu pada ketenangan dan kehidupan yang bahagia. Kalau hidupmu nggak bahagia, kamu pun nggak akan terlihat cantik.

8. Seberapa Cantik Pikiranmu

seberapa cantik pikiranmu via instagram.com

Menjalani hidup dengan optimis, selalu berpikir positif, dan nggak pernah lupa buat senyum. Tiga hal itu sudah cukup menangkal kerutan dan kusam di kulit wajahmu.

Kebanyakan pria mungkin memilih pasangan semata-mata berdasarkan tampilan fisik. Tapi, ada saat dimana mereka akan menyesal dan berharap bisa memutar waktu dan merubah pilihan. Kulit bisa berkerut, gigi bisa keropos, dan tubuh bisa mengendur. Tapi, kebaikan hati, pikiran, dan perilaku itu bisa jadi bertahan seumur hidup.

9. Seberapa Bahagia Hidupmu

cantik = bahagia via kissmesummer.tumblr.com

Perempuan yang bahagia bisa terlihat cantik, sedangkan perempuan cantik belum tentu hidup bahagia. Yup, resep rahasia buat terlihat cantik ternyata begitu sederhana. Kuncinya adalah gimana kamu menjalani hidupmu.

Berbahagialah dengan keluarga, teman, dan orang-orang disekitarmu. Selalu luangkan waktu untuk bertemu dan berkomunikasi dengan mereka. Sekedar tertawa bersama, berpelukan atau mencium orang-orang yang kamu sayang bisa membuatmu merasa bahagia setiap harinya.

10. Bahagia Berarti Bersyukur

bahagia berarti bersyukur via ladivinafeminista.wordpress.com

Syukuri semua yang sudah kamu punya, baik itu pekerjaan, keluarga, teman, atau bahkan masalah sekalipun. Tulus dan ikhlas mensyukuri hidupmu adalah cara paling sederhana untuk bisa hidup bahagia. Ketika kamu sudah bisa bersyukur dan berbahagia, maka secara otomatis kamu sudah jadi cantik.

Orang akan bisa melihat aura yang terpancar dari dalam dirimu. Aura kebaikan dan kebahagiaan yang membuat mereka bisa ikut merasakan kebahagiaan serupa. Bagi mereka, kamu terlihat cantik karena sudah bisa membuat mereka merasa nyaman bergaul denganmu.

Nah, udah percaya ‘kan kalau kamu bisa cantik asalkan hidup bahagia? Merawat wajah dan tubuhmu emang penting kok, guys. Tapi, sebaiknya diimbangi juga dengan menjaga kecantikan pribadimu, ya. Kuncinya satu, berbahagialah! 🙂