Teh adalah minuman yang bisa kamu nikmati setiap saat. Jika cuaca panas, kamu bisa minum es teh supaya untuk membuat suasana lebih adem. Tapi bila suasana sedang hujan dan kamu sedikit kedinginan, seduh hangat di cangkir, dan nikmati sambil bergulung dalam selimut. Selain nikmat, the juga menyehatkan badan.

Tapi bukan hanya itu yang bisa kamu dapatkan dari teh. Setelah membuat es teh atau secangkir teh hangat dengan teh celup, bekas teh yang kamu pakai jangan dulu di buang. Berikut ini beberapa manfaat bekas teh celup yang sayang banget kalau kamu lewatkan.

1. Setelah lembur semalaman dan kurang tidur, tempelin kantung teh celup bekas di mata supaya mata lelahmu berkurang.

Untuk mengobati mata lelah via puteriputeri.com

Ketika kamu terlalu lama membaca atau bekerja di depan laptop, matamu akan mengalami gejala mata lelah yang menyiksa. Mulai dari rasa perih, berair, sampai memerah. Tempelkan kantung teh celup bekas di kedua matamu untuk mengurangi efek mata lelahnya. Begitu juga saat kamu kurang tidur karena harus begadang semalaman menyelesaikan pekerjaan, kantong mata akan muncul di bawah matamu. Menempelkan teh celup bekas di kedua matamu selama 15 menit setiap harinya bisa mengurangi kantong mata hitam di bawah mata.

2. Ampas teh celup juga bisa untuk mengobati luka bakar akibat sinar matahari. Biar kulitmu nggak merah dan iritasi.

Saat kamu terkena luka bakar, segera tempelken teh celup bekas ke lukamu. Zat pendingin dalam teh celup itu akan membantu menyembuhkan luka bakarmu. Bila lukanya cukup besar seperti saat kulitmu yang sensitif terbakar matahari dan terasa perih, kamu bisa berendam di air yang telah diberi kantong teh celup bekas. Selain luka bakar, teh celup bekas ini juga bisa mengobati luka memar-memar di tubuhmu akibat pembuluh kapiler yang pecah.

3. Gatal digigit serangga memang tidak bahaya, tapi lumayan mengganggu. Obati dengan teh celup bekas biar gatalnya hilang dan tak membekas di kulitmu.

Advertisement

Mengobati gatal via kontakjodohgratis.blogspot.com

Digigit semut atau serangga biasa mungkin tidak berbahaya. Paling banter kamu hanya akan merasa gatal dan muncul bentol kecil yang nanti akan hilang sendiri. Tapi tetap saja rasa gatal itu tidak nyaman. Kantung teh yang berisi ampas teh ini mengandung zat antihistamin yang bermanfaat untuk mengatasi rasa gatal dan kemerahan di kulit. Kalau kamu digigit serangga, segera tempelkan kantong teh bekas yang masih hangat. Dengan begitu rasa gatal dan kemerahan di kulitmu akan mereda.

4. Keramas dengan ampas teh celup akan mengurangi kerontokan dan membuat rambutmu lebih hitam berkilau. Nggak percaya? Coba aja…

Teh untuk keramas via update.ahloo.com

Rambut rontok memang bikin gemas. Sekarang coba ambil teh celup bekas, kemudian rendam  dengan air panas. Tunggu sampai dingin. Kemudian kamu keramas seperti biasa. Pada bilasan terakhir pakailah air rendaman teh yang tadi kamu buat. Lakukan hal ini secara rutin, misalnya seminggu satu kali. Selain aromanya segar, rambutmu juga akan hitam berkilau dan bebas dari rontok. Asal jangan sisa teh yang sudah basi ya yang kamu pakai.

5. Noda jerawat di wajah tidak segera hilang? Coba sering-sering maskeran dengan ampas teh celup. Bisa membuat wajahmu lebih berkilau juga loh…

Untuk mengurangi jerawat via www.ledisia.com

Jerawat memang sumber rasa tidak percaya diri semua orang. Apalagi, jerawat nggak hilang begitu saja setelah masa radangnya selesai. Masih ada noda-noda hitam bekas jerawat yang membuatmu jadi tidak percaya diri. Kandungan polifenol dan antioksidan pada teh dapat membantu mengurangi noda hitam bekas jerawat. Caranya mudah. Buka kantong teh celup bekasmu, kemudian tambahkan sedikit air, sampai seperti masker. Selanjutnya oleskan bekas teh ke seluruh wajah. Selain menghilangkan bekas jerawat, juga bisa membuat kulitmu lebih cerah juga.

6. Tidak hanya wajah, teh celup bekas juga bisa kamu pakai untuk lulur supaya kulitmu senantiasa lembab dan lebih cerah.

untuk lulur via www.pinterest.com

Bukan hanya untuk masker, bila kamu gunakan sebagai lulur,  sisa rendaman teh mu bisa membuat kulit lebih lembut dan lembab. Caranya, rendam ampas teh selama semalam atau minimal 12 jam. Pastikan agar tidak ada kotoran yang masuk dengan menutup tempat perendaman. Setelah 12 jam, balurkan teh ke seluruh badan, seperti saat kamu pakai lulur biasa. Setelah itu, lakukan pemijatan sedikit dan biarkan sampai mongering. Baru bilas dengan air bersih, supaya sel-sel kulit matimu terangkat. Kulit jadi bersih dan sehat.

7. Selain untuk kulit cantikmu, teh celup bekas juga bisa dipakai untuk mengurangi bau di kulkasmu.

Bukan hanya untuk kulit wajah dan tubuhmu lho, kantong teh celup bekasmu juga bisa mengurangi bau tak sedap di lemari pendinginmu. Menyebalkan pasti kalau kulkasmu bau tak sedap, walaupun wajar karena semua jenis makanan masuk ke sana. Makanya, taruh kantong teh celup bekas di kulkasmu. Dengan sendirinya bau tak sedap akan terserap oleh kantong teh itu. Tapi jangan lupa diganti setiap hari. Jangan sampai kantong teh malah menambah barang basi di kulkasmu.

8. Kamu yang hobi masak juga bisa memakai teh celup bekas untuk mengempukkan daging. Biar masak daging jadi lebih mudah nih!

Untuk merendam daging via manfaat.co.id

Kalau kamu ingin masak semur atau rendang, prosesi mengempukkan daging ini bisa memakan waktu berjam-jam. Merendam daging dengan air rendaman teh bisa membuat daging lebih cepat empuk. Tapi pastikan seluruh bagian dagingnya terendam, agar tingkat ke-empuk-an dagingnya merata.

9. Bersihkan peralatan rumah tangga dan lantai dari noda. Teh celup bekas ini bisa kamu andalkan buat menghalau bau amis juga.

untuk mencuci peralatan dapur via www.redaksione.com

Setelah kamu memasak daging dengan berbagai bumbu, pastinya peralatan dapurmu akan bau amis oleh lemak-lemak daging ataupun ikan. Supaya bau amisnya hilang, sebelum  dicuci, gunakan panci atau penggorengan itu untuk merebus ampas teh. Kemudian diamkan sekitar 10-15 menit, dan cuci setelah lemak-lemaknya terangkat. Selain untuk menghilangkan bau amis pada perabotan dapur, air rendaman teh juga bisa digunakan untuk membersihkan perabotan kayu. Kalau ada noda-noda pada perabotan kayu, bersihkan dengan sisa teh celupmu.

10. Bekas teh celupmu juga bisa dipakai untuk pupuk tanaman. Biar kebunmu subur dan makin bikin nyaman.

Pupuk organik via forosein.blogspot.co.id

Teh sebagai minuman akan menyehatkan badan manusia, sementara ampasnya bisa menyuburkan tanaman. Ampas teh dapat menjadi pupu organik bagi tanaman karena memiliki kandungan Nitrat yang sangat berguna dan mudah diserap. Sebagai pupuk organik, ampas teh bisa menyuplai nitrogen dan protein yang sangat dibutuhkan oleh bunga-bunga di kebunmu. Jadi kalau ampas teh sudah tidak kamu gunakan, langsung siram saja ke tanamanmu. Biar sehat dan subut.

Semua tips ppraktis di atas bisa kamu terapkan supaya manfaat bekas teh celup bekasmu tidak terbuang percuma.  Jadi mulai hari ini, kantung teh celup bekasmu jangan langsung dibuang ya!