Fashion selalu berevolusi. Apa yang dipandang paling cool hari ini, bisa jadi sesuatu yang ketinggalan zaman hanya dalam beberapa bulan. Kaos yang pernah jadi baju andalan pun bisa terpaksa kamu istirahatkan jika sudah nggak zaman lagi.

Mungkin juga kaosmu yang dulu bagus sekarang sudah buram atau bolong-bolong. Kamu pun tergoda untuk membuangnya langsung ke tempat sampah. Padahal dengan sedikit kreativitas, kaos tersebut dapat berubah menjadi fashion item lain yang berguna untuk menunjang penampilan barumu. Iya, kamu bisa mengubah kaosmu yang udah usang menjadi tas, yang dapat kamu kenakan sebagai aksesoris ketika menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan.

Nah, bagaimana caranya?

1. Pilihlah kaos bekas yang ingin kamu jadikan tas. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu, supaya tasmu nanti tidak bau.

Cuci bersih dulu kaos bekas yang ingin kamu gunakan via www.freepik.com

Sebelum menjadikan kaos bekasmu sebuah tas, alangkah bijak jika kamu mencucinya terlebih dahulu, agar tas kece yang kelak akan kamu pakai jalan-jalan terlihat bersih dan tidak bau. Sebaiknya pilihlah kaos yang memiliki motif bagus agar hasil akhir yang keluar juga terlihat istimewa.

2. Persiapkan gunting khusus kain. Memakai ini untuk menggunting bisa menghasilkan potongan yang terlihat rapi.

Advertisement

Persiapkan gunting untuk eksekusi selanjutnya via idkf.bogor.net

Setelah selesai dibersihkan, siapkan gunting khusus kain atau gunting biasa yang tajam agar potongan yang terbentuk di kaos terlihat rapi. Potongan yang tidak rapi akan membuat tas kaosmu nanti terlihat jelek.

3. Langkah pertama, letakkan kaos di atas meja, dan guntinglah bagian bawahmua. Jangan dibuang ya sisa potongannya!

Potong bagian bawah kaos via www.hipwee.com

Untuk memulainya, letakkan kaos yang sudah kamu cuci diatas meja dalam posisi telentang dengan bagian depan kaos berada di sebelah atas. Gunakan penggaris atau feeling untuk memotong bagian bawah kaos selebar 3 cm. Jangan buang sisa potongan tersebut karena nanti akan berguna untuk mengikat bagian bawah tas.

4. Kemudian lipatlah setengah bagian kaos ke belakang, sehingga bagian leher terlihat. Potong bagian kerah dan lengan kaos dengan menggunakan gunting.

Potong bagian leher dan lengan via www.hipwee.com

Setelah bagian bawah kaos terpotong, lipatlah setengah bagian kaos ke belakang sehingga bagian depan kaos tetap terlihat. Potong bagian kerah dan lengan kaos untuk di jadikan tali tas, jika ingin gagang tas terlihat panjang, kamu bisa memotong bagian lengan lebih panjang lagi ke bawah.

5. Baliklah kaosmu, sehingga yang terekspos dari luar adalah bagian dalam kaos tersebut. Ikat bagian bawah kaos dengan kain sisa potongan yang pertama.

Ikat bagian bawah kaos via www.hipwee.com

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah membalik kaos tersebut sehingga yang terlihat adalah bagian dalam kaos, gunakan sisa kain dari potongan yang pertama untuk mengikat bagian bawah kaos. Ikat dengan kencang, gunakan gunting untuk memotong sisa ikatan yang masih panjang.

6. Dan, kini tas kece dari kaos bekas bisa kamu gunakan untuk jalan-jalan.

tada….kini tas kaos kecemu udah bisa digunakan via artthreads.blogspot.com

Balik kembali kaos tersebut. Dan….tadaa…tas kece dari kaos bekas sudah bisa kamu gunakan untuk jalan-jalan. Tas kaos ini juga bisa kamu gunakan sebagai tas belanja ketika pergi ke pasar, jika ingin terlihat fashionable, kamu bisa menambahkan aksesoris agar tas kaosmu terlihat cantik

Atau kamu bisa melihat versi yang lebih jelasnya melalui video ini:

Mudah kan? tak perlu peralatan khusus untuk merubah kaos lamamu menjadi tas yang menarik. Cukup dengan gunting, kamu bisa membuat aksesoris fashion yang unik dan tidak mainstream tentunya. Dengan dekorasi tertentu, mungkin temanmu juga tidak akan mengetahui jika tas yang kamu jinjing adalah kaos bekas.

Selamat Mencoba!