Pernikahan adalah momen krusial yang diharapkan terjadi sekali seumur hidup saja. Sampai-sampai banyak orang rela mengeluarkan banyak dana untuk menggelarnya. Alangkah baiknya kamu buat konsep unik agar pernikahanmu terkenang dan berkesan bagi semua orang. Salah satunya dengan membuat undangan pernikahan lain daripada yang lain.

Jika sebelumnya Hipwee pernah memberikan rekomendasi undangan pernikahan yang unik dalam berbagai tema, sekarang kita akan fokus memberikan inspirasi desain undangan bertema sketch, handmade dan ilustrasi yang dibuat dengan tangan. Undangan tema unik ini masih tergolong jarang dipakai di Indonesia. Namun, keindahannya pasti bikin tamu undangan tak kan menolak untuk datang. Nah, penasaran seperti apa bentuknya? Berikut ini ulasannya!

1. Kamu punya saudara dekat yang berbakat menggambar? Minta saja jasanya untuk membuat undangan pernikahan bertema vintage dengan warna hijau ini

Undangan pernikahan sketsa yang unik via riflemade.squarespace.com

Kamu ingin membuat pesta pernikahanmu berkesan bagi banyak orang3? Gak ada salahnya mencoba membuat undangan dalam bentuk sketsa gambar yang berbeda dari lainnya. Mungkin ada saudara atau temanmu yang jago menggambar, mintalah tolong untuk membuat desain undangan dari cat lukis atau crayon pada kertas karton. Lalu buat gambar bunga-bunga berwarna hijau pada bagian tepi kertas. Dan jangan lupa gambarkan kedua mempelai dengan latar marka tanah khas kotamu. Setelah itu, buatlah kopian di percetakan dan ikat dengan pita.

2. Agar perjalanan cinta kalian bisa jadi inspirasi banyak orang, buat saja kartu undangan pernikahan dalam konsep the tree of love story.

Undangan pernikahan sketsa yang unik via helenandjoshsittinginatree.com

Advertisement

Kisah cinta yang indah adalah dongeng menyejukkan telinga banyak orang. Jika kamu dan dia punya cerita indah juga, gak ada salahnya kamu bagikan pada pada semua orang melalui kartu undangan pernikahan. Buat saja gambar pohon yang punya banyak cabang di berbagai ketinggian.

Masing-masing cabang menandakan momen penting kalian berdua. Misalnya, cabang pertama adalah hari pertama kalian berkenalan. Cabang kedua adalah momen PDKT dan cabang-cabang berikutnya sampai kalian menikah dan bahagia. Tambahkan sedikit gambar hewan atau burung yang sedang terbang. Dan jangan lupa berikan informasi lengkap tentang venue pesta pada bagian belakangnya ya. Dijamin para tamu pasti tergoda untuk baca lebih dalam.

3. Kartu undangan lukisan tangan bertema pegunungan menjadi bukti kalau kalian adalah pasangan sejati yang paling suka camping.

Undangan pernikahan yang unik via instagram.com

Kamu dan dia suka camping atau naik gunung? Sekarang waktunya kamu menjadikan hobi kalian menjadi tema kartu undangan pernikahan. Cantumkan gambar-gambar gunung, daun gugur, dan peralatan camping. Lalu pilih warna-warna bertema pegunungan, misalnya hijau, coklat, dan biru. Agar lebih menjiwai, buatlah undanganmu dengan sketsa tangan. Jangan lupa sketsa gambar kalian berdua, ya!

4. Lukisan bunga berwarna ungu dengan paduan kertas hitam adalah kartu undangan pilihan buat kamu yang mengaku pecinta keindahan. Para penerima pasti tak bosan untuk memandang.

Desain undangan pernikahan tema sketsa yang unik via www.etsy.com

Salah satu cara untuk membuat pernikahan yang berkesan adalah membuat kertu undangan yang unik dan berbeda dari lainnya. Kamu bisa buat gambar-gambar bunga berwarna ungu seperti pada gambar. Lalu padankan dengan kertas hitam yang berisikan informasi lengkap tentang pernikahan. Namun, pastikan gambar pada undangan dibuat dengan sketsa tangan ya. Perpaduan ini pasti bikin para penerima berdecak kagum betapa indahnya undangan pernikahan yang kamu buat.

5. Agar pernikahanmu selalu diingat banyak orang, buat saja undangan pernikahan yang dikemas layaknya cerita dongeng dalam buku anak-anak.

Desain undangan unik yang bisa kamu bikin sendiri via www.beforethebigday.co.uk

Agar uang yang kamu kucurkan untuk biaya pesta pernikahan tak sia-sia, pastikan pernikahanmu menyenangkan bagi banyak orang. Salah satu caranya adalah menggunakan undangan sketsa tangan yang bertema buku dongeng anak-anak. Mintalah tolong temanmu yang jago gambar untuk membuat gambar ala cerita klasik dalam dongeng. Misalnya gambar pintu gerbang ala negeri 1001 malam, gambar kerajaan, dan yang tidak boleh ditinggalkan adalah gambar denah klasik khas “kerajaan”. Undangan semacam ini pasti bikin orang tertarik untuk membacanya lebih detail lagi. Kamu mau menerapkannya?

6. Sebarkanlah informasi hari bahagiamu dalam bentuk komik. Orang-orang pasti lebih tertarik dengan gambar yang atraktif dan isinya yang informatif.

Desain undangan pernikahan sketsa yang unik via www.wanderrgirl.com

Secara tidak langsung terkadang desain undangan juga berpengaruh pada minat tamu untuk datang ke acaramu lho. Jika kamu membuat invitation card yang unik seperti komik mereka pasti lebih tertarik untuk hadir. Cara membuatnya cukup mudah kok.

Kamu bisa minta tolong saudara, teman, atau jasa profesional yang pandai menggambar. Buatlah frame gambar yang kecil dengan membagi kertas HS jadi 4 bagian. Lalu buatlah gambar-gambar atraktif yang punya alur cerita. Sisipkan informasi dengan font khas komik. Kemudian tambahkan warna-warna cerah, seperti biru, merah, kuning, atau oranye. Undangan seperti ini bukan hanya enak dilihat, namun juga lebih informatif. Menarik ‘kan?

7. Indahnya kesederhanaan bisa kamu tunjukan dalam kartu undangan pernikahan dengan konsep doodle hitam putih yang kamu sebarkan.

Desain undangan pernikahan dalam bentuk doodle via www.wedding-philippines.com

Kesederhaan bukan berarti tak indah dan eksklusif. Gak percaya? Undangan pernikahan bertema doodle berwarna hitam putih tanpa bunga-bunga bisa menjadi buktinya. Buatlah gambar siluet kalian berdua dari arah samping. Lalu gambar apapun yang kamu suka atau kata-kata mutiara dengan konsep doodle. Tuliskan informasi lengkap dengan font yang menarik. Kemudian kamu cetak pada kertas undangan yang tebal dan berkualitas. Tanpa banyak hiasan bunga-bunga khas pernikahan, undangan seperti ini jauh lebih menarik perhatian orang.

8. Selain bermain dengan pensil gambar dan cat air, gak usah ragu goyangkan stabilo yang berwarna-warna cerah sebagai tema undangan pernikahan kalian.

Desain undangan pernikahan buatan sendiri via www.buzzfeed.com

Undangan yang indah dan menarik itu gak melulu harus dicetak dalam kertas mahal dan tinta emas kok. Selain menggunakan pensil sketsa dan cat air, kamu bisa memakai highlighter dengan warna cerah dan fluorescent. Buatlah desain undangan dalam berbagai ukuran kertas, lalu tulis informasi pernikahanmu dalam berbagai warna fluorescent, misalnya hijau, oranye, dan pink cerah. Tambahkan sedikit gambar sebagai hiasan. Kemudian masukkan cetakan sepaket undangan unik dalam amplop dan kirimkan pada orang-orang terdekatmu. Gak heran mereka pasti berdecak kagum dengan keunikan ini.

9. Bakat melukis yang kamu punya jangan hanya terlampiaskan dalam pajangan, namun sebaiknya juga kartu undangan

Desain undangan pernikahan yang unik buatan sendiri via www.momentaldesigns.com

Lukisan indah memang identik dengan pajangan rumah. Padahal, lukisan indah juga bisa diaplikasikan pada kartu undangan pernikahan lho. Buat saja lukisan pohon, rumah, atau gunung dari cat lukis. Tapi pastikan kamu membuat sedikit ruang untuk menulikan informasi singkat tentang pernikahan ya. Lalu buatlah kopian di jasa percetakan. Dan jangan lupa pajang sebagai hiasan di rumah barumu ya. Keindahan gambar dalam undangan ini pasti bikin para tamu tak rela membuangnya begitu saja.

10. Sentuhan gambar karikatur pada undangan pernikahan adalah pilihan ampuh bagi kamu yang ingin berhemat. Kamu tak perlu sewa fotografer untuk mendapatkan gambar yang bagus.

Desain undangan pernikahan unik via www.yourpersonalcartoonist.com

Mungkin kamu tak sempat berfoto dengan calon pendamping untuk latar undangan pernikahan. Tenang, gambar karikatu bisa menjadi penggantinya. Kamu bisa pesan pada jasa profesional, teman, atau saudaramu yang pandai menggambar. Lalu buatlah sebuah potret khas pengantin dari goresan pensil. Agar gambar ini terlihat lebih menarik, gunakan kertas berwarna coklat sebagai media dasar. Kemudian sertakan informasi lengkap tentang pernikahan. Dengan begitu, dana pernikahan juga bisa jadi lebih hemat, karena kamu tak perlu sewa fotografer.

Kartu undangan adalah daya tarik pertama bagi para tamu pesta pernikahan. Jika desain dari komputer sudah terlalu mainstream, undangan yang dibuat dari goresan tangan justru lebih menarik hati. 10 desain ini bisa jadi inspirasi.

Selamat menerapkan. Semoga kalian bahagia ya.