Sering merasa sebel enggak sih kalau kamu sering dijuluki “si jam karet” atau “si tukang ngaret” dari keluarga, teman, rekan kerja hingga pacar? Walaupun kita telah berusaha semaksimal mungkin buat on time, tapi entah kenapa ujung – ujungnya selalu telat juga.

Berantem gara – gara telat via www.leahheffner.com

Nah, jika kamu sering banget ngalamin penyakit “jam karet” ini, beberapa cara di bawah ini bisa kamu cobain untuk bisa lebih tepat waktu dan mengubah image-mu! Nggak enak kan selalu dijuluki “si ngaret dan nggak bisa diandelin”?!

Ini nih beberapa tipsnya:

1. Mulai Sadari Telat Itu Bukan Sesuatu Yang Bisa Dibanggakan…

Telat tidak bisa dibanggain via moorishharem.com

Advertisement

Ini langkah paling awal yang harus kamu lakukan!

Telat memang bukan sesuatu yang bisa dibanggakan, bahkan seharusnya kamu mulai menumbuhkan rasa malu dan rasa bersalah saat kamu datang terlambat. Datang terlambat dari waktu janjian ini akan meninggalkan kesan buruk dan membuatmu terlihat nggak bisa diandalkan.

Kamu tentu nggak ingin datang terlambat untuk hal – hal penting seperti wawancara kerja, meeting dengan klien, ataupun kencan pertama #ehem, kan?

2. Cari Penyebab Yang Bikin Kamu Selalu Telat:

Cari penyebab yang bikin kamu telat via www.bug.hr

Saat kamu terlambat tentu saja kamu punya alasan di balik itu kan?!

Nah, mulai perhatikan hal – hal apa yang membuatmu sering terlambat dan mulai perbaiki itu. Menurut Keith Ablow, MD alasan untuk datang terlambat ini bisa berasal dari faktor psikologis kita: perasaan gugup, perasaan spesial bahwa kamu berbeda dan lebih berkuasa, atau hanya ingin tahu dan mengetes seberapa lama orang ini akan menunggumu.

Selain faktor psikologis di atas, perhatikan juga faktor kegiatan-kegiatan kecil dan nggak penting yang justru sering menyita waktumu lebih dari yang seharusnya. Coba cek deh seberapa sering kamu telat hanya karena keasyikan stalking Facebook gebetan, nanggepin twitwar di linimasa kamu, hingga keasyikan download atau baca komik online?

3. Mulai Susun Jadwal Harianmu:

susun jadwal harianmu via 0.tqn.com

Belilah notebook atau unduh aplikasi notes dalam smartphone untuk membantumu mengatur dan mengingat agenda – agenda harianmu. Memiliki catatan tentang apa saja yang akan kamu lakukan sepanjang hari akan membuatmu lebih aware dan lebih bertanggung jawab terhadap waktu yang kamu miliki.

4. Hargai Waktu Orang lain:

Hargai waktu orang lain via www.targetcomponents.co.uk

Meski kamu bos dan berkuasa sekalipun, jangan buat orang lain menunggumu!

Tiap orang punya kesibukannya masing-masing, kan?! Waktu orang lain itu juga sama berartinya dengan waktumu sendiri! Oleh karena itu berhentilah untuk merusak rencana awal dan hargai waktu mereka dengan datang lebih tepat waktu.

5. Cobalah Untuk Berangkat Lebih Awal:

Berangkat lebih awal via imworld.aufeminin.com

Buat kamu yang udah terlalu akrab sama yang namanya telat, tidak ada salahnya bagi kamu untuk datang 20 menit, 30 menit atau bahkan hingga 1 jam lebih awal dari waktu janjianmu.

Apalagi saat kamu harus janjian di jam-jam macet, atau saat kamu merasa asing dan nggak tahu jalan menuju tempat janjian kamu. Bisa-bisa, gara-gara macet atau kesasar kamu jadi telat 1 sampai 2 jam kan?! Dan bayangin bagaimana reaksimu saat kamu harus menunggu orang lain selama itu.

6. Atau Tidur Lebih Awal:

Berhenti begadang via www.topinspired.com

Tidurlah lebih cepat dan hindari begadang saat kamu tahu kamu ada acara di keesokan paginya. Selain untuk mencegahmu kembali menekan tombol snooze pada alarmmu, tidur lebih cepat ini membuatmu mendapatkan istirahat yang cukup sehingga siap untuk acara apapun yang akan lakukan besok pagi.

7. Buat Jam Tangan, Jam Handphone, Dan Jam Dinding Di Kamarmu 10 Hingga 30 menit Lebih Cepat…

Majukan jammu via cms.kienthuc.net.vn

Ini adalah salah satu trik kecil yang gampang – gampang susah untuk dilakukan! Gampang karena kamu hanya tinggal mengubah dan memajukan settingan semua jam yang berada di dekatmu, mulai dari jam tangan yang biasa kamu gunakan, jam di gadget-gadget kamu hingga jam yang ada di kamar tidurmu.

Namun trik ini tidak akan pernah berhasil selama kamu selalu ingat bahwa waktu di jam-jam itu telah kamu ubah settingannya. Karena itu mintalah orang lain melakukannya untukmu dan biarkan mereka merahasiakan seberapa jauh waktu yang telah diubah itu.

7. Mulai Buat Kebiasaan On Time!

on time sebagai kebiasaan via www.landlordreferencing.co.uk

Mulai jadikan on-time menjadi salah satu kebiasaanmu dengan melihatnya sebagai hal yang baik untuk dilakukan. Selain itu, datang tepat waktu MEMANG adalah hal yang baik dan sopan. Dengan datang tepat waktu kamu menunjukkan sikap menghargai orang lain, bisa diandalkan dan dapat dipercaya sehingga orang tidak kapok untuk janjian denganmu.

8. Dan Yakinkan Dirimu Sendiri Kamu Bisa Berubah…

Yakinkan dirimu via www.medialabsession.org

Tidak akan ada yang berubah darimu jika kamu terus meragukan kemampuan dirimu sendiri. Maka dari itu terus berikan energi positif pada dirimu sendiri dengan mengatakan bahwa kamu bisa datang lebih on-time dan buat teman, pacar, hingga rekan kerjamu berhenti memanggilmu “si jam karet”

Kalimat seperti “Aku kan selalu on-time!”; “Aku kan orangnya menghargai waktu!”; atau kalimat “Aku orang yang tahu etika makanya aku tidak akan datang terlambat!” bisa kamu coba untuk membantu memberikan energi positif untukmu dan membantumu berubah untuk lebih tepat waktu daripada dirimu yang sebelumnya.

Itu dia tips tepat waktu buat kamu yang selalu ngaret saat janjian! Tapi satu hal penting yang perlu kamu ingat ya, datang tepat waktu akan memberikanmu kepuasaan sendiri karena kamu bisa membuktikan komitmenmu dan bisa buktiin kamu bisa ngalahin gangguan yang sering bikin kamu telat!

Oke guys, jadi udah siap buat janji hari ini?