Nggak bisa dimungkiri, maraknya penggunaan media sosial banyak memberi kita informasi segar yang sebelumnya kita nggak tahu. Seperti beberapa waktu belakangan ini. Gaung informasi soal pentingnya menerapkan pola hidup sehat yang sering diterapkan selebriti dan diperkenalkan melalui media sosialnya, banyak mencuri perhatian masyarakat awam, termasuk soal rutinitas olahraga seenggaknya 30 menit dalam sehari.

Nah bicara soal olahraga, salah satu olahraga favorit orang karena dinilai efektif dan efisien adalah jogging atau lari. Dibandingkan olahraga lain yang kadang butuh teman, lokasi memadai, bahkan dana lebih, jogging dianggap praktis soalnya bisa dilakukan sendiri dan nggak ribet. Tapi pernah nggak sih kamu berpikir kalau meski lari tergolong olahraga praktis, banyak orang justru nggak sadar soal hal-hal yang nggak boleh dilakukan setelahnya. Hipwee Tips sudah merangkum 6 hal yang haram kamu lakukan sehabis jogging. Simak yuk kalau kamu nggak mau usaha larimu sia-sia!

1. Melewatkan pendinginan! Meski kelihatan sepele nyatanya proses ini punya manfaat penting lho yang malah bisa bahaya kalau kamu lewatkan

Pendinginan sama pentingnya sama pemanasan via manfaat.co.id

Kalau sebelum lari kamu diharuskan melakukan pemanasan, setelah lari pun kamu juga nggak boleh melewatkan pendinginan. Pendinginan ini adalah masa di mana tubuh yang semula ‘stres’ karena berlari berubah perlahan ke kondisi normal atau semula. Proses ini akan membantu sistem otot dan saraf kembali santai. Sebaliknya, kalau setelah lari kamu malah duduk atau tiduran bukan nggak mungkin otot jadi kaku karena otot masih panas dan denyut jantung masih kencang tapi tubuh justru diam.

2. Habis lari terbitlah lapar. Nggak sedikit orang yang langsung kalap makan banyak setelah lari, padahal itu nggak baik

Makan sedikit boleh, makan banyak jangan via www.healthy-drinks.net

Advertisement

Sebenarnya langsung makan setelah jogging dianjurkan selama nggak langsung makan berat apalagi makan berlemak. Karena selain bisa menghambat hilangnya lemak tubuh, makanan berlemak atau olahan punya kadar kalori tinggi yang bikin sulit dicerna dan menghambat proses pemulihan.

3. Meski lari banyak menguras cairan dalam tubuh, ada lho beberapa orang yang suka menunda minum setelah lakukan olahraga ini padahal bisa bahaya

Jangan tunda minum via acrobolix.com

Namanya olahraga pasti banyak mengeluarkan cairan lewat keringat kan, nah dengan minum air, cairan yang hilang ini akan tergantikan. Makanya setelah jogging jangan sampai kamu malah lupa minum. Biasanya dehidrasi membuat orang merasa lelah dan mudah mengantuk, jadi nggak jarang orang yang setelah lari malah langsung tidur. Selain mencukupi kebutuhan cairan tubuh, minum setelah jogging juga bisa menjaga otak tetap berfungsi optimal dan menyeimbangkan elektrolit tubuh.

4. Banyak orang melakukan jogging sebelum melalui pekerjaan berat seharian, padahal kebiasaan itu justru berbahaya

Jangan lakukan pekerjaan berat setelah jogging via blog.homearena.co.uk

Rutinitas padat yang disertai keinginan buat tetap bisa rajin olahraga nggak jarang membuat orang malah sering kelelahan. Sebaiknya setelah jogging, hindari melakukan pekerjaan berat. Karena kalau kamu memaksa tetap beraktivitas berat, otot yang sudah dalam kondisi lelah justru bisa luka. Sebaliknya, berikan waktu otot untuk istirahat dan memulihkan diri dalam hitungan jam atau hari.

5. Kebalikannya, nggak sedikit juga orang yang setelah lari malah pengennya menunda mandi bahkan ganti baju. Ubah kebiasaan itu kalau kamu salah satunya

Baju berkeringat penuh bakteri via www.wisegeek.org

Ada juga orang-orang yang sehabis jogging pengennya malah malas-malasan sampai abai buat mandi atau ganti baju. Ini juga nggak kalah buruknya lho. Memakai pakaian penuh keringat dalam waktu lama akan timbulkan kelembaban dan menyebabkan infeksi jamur. Sebelum ganti baju bersih, kamu juga harus mandi lebih dulu. Kebiasaan nggak mandi setelah jogging bisa membuat kulit susah bernapas dan bisa sebabkan gatal-gatal karena bakteri.

6. Kelihatannya memang tampak sia-sia, tapi tidur setelah lari justru penting buat memulihkan kondisi tubuh

Istirahatkan tubuh via food.ndtv.com

Meski kelihatan sia-sia, tapi tidur setelah tubuh melakukan aktivitas fisik seperti jogging juga penting lho. Tidur adalah cara terbaik buat memulihkan diri dan membentuk otot yang sebelumnya lelah menjadi kuat kembali.

Itu dia guys 6 hal yang nggak boleh kamu lewatkan setelah jogging, kalau kamu nggak pengen usahamu sia-sia. Yuk terapkan mulai sekarang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya