Jalan kaki adalah jenis olahraga yang paling luar biasa dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Olahraga ini gampang dilakukan, simpel, hemat dan bisa dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga mereka yang menginjak usia senja. Hebatnya lagi, kamu bisa melakukan olahraga ini kapanpun kamu mau, entah itu pagi, siang, sore atau malam sekalipun.

Namun, keajaiban jalan kaki nggak hanya terhenti sampai di situ saja lho. Berbagai penelitian yang sempat dilakukan tentang olahraga ini menunjukkan berbagai manfaat tak terduga yang bisa kau dapatkan dengan berjalan kaki secara teratur. Hmm, apa saja ya manfaatnya? Yuk ketahui satu per satu yuk….

1. Menguatkan Jantungmu

jalan menguatkan jantungmu via weartech.ru

Udah pada tahu kalau penyakit jantung itu adalah pembunuh nomer 1 di dunia, kan? Nah, ternyata penangkal penyakit ini itu gampang dan praktis: jalan kaki! Yup, berjalan kaki secara teratur terbukti mampu memberikan dampak yang luar biasa pada jantung dan mencegah penyakit stroke.

Menurut Stroke Association berjalan kaki selama 30 menit membantu mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab utama penyakit stroke. Bahkan pengaruh dari jalan kaki ini diklaim bisa menurunkan kemungkinan untuk terkena penyakit stroke sebanyak 27 persen.

2. Menurunkan Risiko Berbagai Penyakit Lainnya

Advertisement

mengurangi risiko berbagai penyakit via www.news-assurances.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Medical Journal dan Walking For Health, menyebutkan bahwa berjalan kaki secara teratur akan menurunkan risiko terkena penyakit diabetes sebesar 60%, mengurangi asma, dan menurunkan risiko terkena penyakit kanker rahim, kanker payudara dan kanker usus besar sebesar 20 persen. Wah, banyak banget ya gunanya?!

3. Menjaga Berat Badan

menjaga berat badan via www.greenwill.ru

Bingung dan galau gara-gara berat badan yang tidak proporsional?! Bisa jadi hal ini karena kamu yang kurang jalan kaki, guys!

Berjalan kaki adalah cara tergampang untuk membakar kalori, yang juga berarti cara tergampang untuk menurunkan berat badan. Orang dengan berat badan 60 kg, akan membakar 100 kalori hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit. Nah, jika kamu rutin menjalankannya 100 kalori per hari itu akan menurunkan berat badanmu sebanyak 6 kilogram dalam satu tahun lho!

4. Mencegah Demensia/Pikun

mencegah demensia via blogs.psychcentral.com

Demensia adalah penyakit penurunan daya ingat pada seseorang dikarenakan faktor usia yang kian menua dan dari 6 orang yang berusia 80 ditemukan 1 orang yang mengalami demensia. Dan menurut Age UK, jalan kaki secara teratur terbukti mampu untuk menunda tanda-tanda penyakit demensia ini.

5. Serta Osteoporosis

jalan kaki mencegah osteoporosis via www.duniaprofesional.com

Disadari maupun tidak disadari juga memberi manfaat pada tulang-tulangmu dan mencegah osteoporosis yang penting buat para cewek. Aktivitas berjalan kaki dan menahan beban tubuh kita sendiri, akan menstimulasi tulang, menguatkan tulang dan menambah kepadatan tulang. Berjalan kaki juga baik untuk sendi-sendi tulang sehingga kamu nggak perlu ngerasain nyerinya penyakit Artritis.

6. Membentuk Badan

membentuk badan via blog.beved.com.br

Berjalan kaki dengan postur tubuh yang tepat ternyata tidak hanya menyehatkan, tapi juga bisa membentuk postur tubuh, terutama untuk betis, lutut, membentuk otot perut dan mengecilkan ukuran pinggangmu.

7. Eh, Lenganmu Juga Bisa

membentuk otot lengan via www.dayli.com.pl

Kecepatan berjalanmu ternyata dipengaruhi oleh pergerakan lenganmu lho. Untuk mempercepat jalanmu, kamu bisa menekuk siku kemudian mengayunkannya ke depan ke belakang. Semakin cepat ayunanmu, semakin cepat pula kecepatan jalanmu, eh gerakan ini juga bisa membentuk otot lengan, bahu dan punggung bagian atasmu.

8. Memberimu Energi

jalan kaki memberimu energi via s3.amazonaws.com

Jika kamu merasa lemas dan masih malas-malasan di tempat tidur, ini saatnya kamu mencoba berjalan kaki. Berjalan kaki adalah energizer alami karena aktivitas ini mampu melancarkan sirkulasi darah, dan melancarkan pernafasan sehingga membuatmu terjaga dan bersemangat untuk melakukan aktivitas lainnya.

9. Membuatmu Lebih Bahagia

membuatmu bahagia via fitness.makeupandbeauty.com

Selama berjalan kaki, otak kita akan mengeluarkan hormon endorfin yang mampu membuatmu bahagia dan mengurangi rasa stresmu. Selain itu berjalan kaki memberikan kesempatan bagimu untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang kamu temui. Sekadar tersenyum dan berbasi-basi dengan orang lain tentu akan memberimu energi positif, membuatmu lebih bahagia dan membangun hubungan sosialmu.

10. Menyegarkan Pikiranmu

Berjalan kaki mampu membantu mengasah panca indra dan membuatmu semakin peka tentang lingkungan sekitarmu. Siapa yang nggak merasa segar bila bisa menikmati hijau pepohonan dan segarnya udara pagi?! Selain itu jalan kaki akan menyegarkan pikiranmu karena kamu tidak akan pernah tahu, akan ada kejadian apa di depan langkahmu.

Seperti kata penyair William Wordsworth yang mengatakan bahwa, “Berjalan kaki adalah undangan dari kejutan-kejutan dalam hidupmu”

11. Membuatmu Lebih Kreatif

Charles dickens via www.vam.ac.uk

Charles Dickens, seorang penulis novel yang terkenal ternyata punya hobi jalan-jalan. Bahkan dalam diarynya dia pernah berjalan kaki sejauh 32 kilometer dan mendapatkan alur cerita untuk novel barunya. Wow! Jadi kalau pikiran kamu buntu, coba jalan-jalan saja siapa tahu kamu nemuin ide dan inspirasi, guys!

Nah, meskipun terlihat sepele tapi ternyata manfaat jalan kaki itu banyak banget kan?! Jadi setelah tahu manfaat-manfaat jalan kaki ini, kamu masih mau malas jalan kaki, guys?!