Kodrat seorang cewek adalah menjadi seorang ibu dan mempunyai anak-anak yang lahir dari dalam rahimnya. Namun, nggak bisa dipungkiri bahwa beberapa hal menyebabkan cewek mengalami kemandulan yang menjadi permasalahan dalam dunia kesehatan reproduksi.

Secara umum, subur nggak nya cewek dapat diketahui dengan memperhatikan pola hidup dan siklus menstruasi bulanan. Nah, mumpung masih muda, kamu juga perlu memperhatikan kesehatan organ reproduksi lho. Siapa sih yang nggak mau jadi ibu?

Hipwee Tips punya info penting seputar faktor-faktor yang menyebabkan kemandulan pada cewek. Semoga kamu nggak termasuk di dalamnya, ya..

1. Jika siklus menstruasi nggak teratur, kamu perlu waspada. Bisa jadi ini pertanda kamu mandul

selalu beri tanda jadwal menstruasi bulananmu via 3.bp.blogspot.com

Siklus menstruasi merupakan hal serius, namun beberapa cewek justru jarang memperhatikan masalah ini. Baiknya kamu selalu mengontrol jadwal datang tamu bulanan dengan memberi tanda pada kalender, agar kamu bisa mengetahui siklus menstruasimu, ya.

Advertisement

Umumnya, siklus haid normal akan berlangsung selama 22-35 hari. Siklus haid yang nggak teratur, misalnya sebelum 22 hari atau setelah 35 hari, bukan merupakan masalah yang serius kalau terjadi hanya sesekali. Tapi jika hal ini terjadi terus-menerus, sebaiknya kamu segera melakukan pemeriksaan ke dokter, ini merupakan salah satu pertanda kamu mengalami kemandulan.

2. Lagi-lagi masalah berat badan, terlalu gemuk atau terlalu kurus akan mengganggu kerja hormon dan mengganggu kesuburan

masalah berat badan via arti-definisi-pengertian.info

Berat badan yang nggak normal, seperti terlalu gemuk atau terlalu kurus dapat mengurangi tingkat kesuburan cewek.

Cewek yang terlalu gemuk mengalami kelebihan hormon estrogen, karena selain diproduksi di dalam ovarium, juga di dalam lemak tubuh, sehingga ovulasi nggak teratur.

Cewek yang terlalu kurus menyebabkan sistem reproduksi menjadi lemah. Selain itu, hormon estrogen juga diproduksi lebih lambat karena kekurangan lemak.

3. Perhatikan tanda-tanda kesuburan pada cewek, seperti peningkatan lendir serviks dan suhu tubuh saat ovulasi

subur nggak ya? via 2.bp.blogspot.com

Masa ovulasi pada tiap cewek berbeda-beda tergantung dari siklus menstruasinya. Umunya, hari ke-14 setelah masa menstruasi berakhir. Cewek subur memiliki tanda-tanda saat mengalami ovulasi setiap bulannya. Pada saat ovulasi, terjadi peningkatan lendir serviks atau keputihan, peningkatan suhu tubuh atau rasa nyeri atau sakit di perut.

Jadi, jika kamu nggak mengalami keputihan normal usai menstruasi, peningkatan suhu tubuh atau nggak nyeri saat menstruasi, periksakan kesehatan reproduksi ke dokter. Tapi perlu diketahui bahwa kurangnya tanda-tanda kesuburan ini nggak selalu menunjukkan bahwa cewek mengalami kemandulan.

4. Kelelahan fisik dan psikologis yang mempengaruhi otak dan berdampak pada terganggunya sistem hormon kewanitaan

kelelahan dan stres via www.yourcallpublishing.co.uk

Kelelahan fisik dan psikologis seperti stres mengakibatkan siklus menstruasi menjadi nggak teratur. Di mana keadaan ini merupakan indikasi adanya kelainan dalam organ reproduksi dan berakibat kemandulan.

Perlu diperhatikan bahwa wanita karier dapat mengalami ketidaksuburan karena pola pekerjaan yang berat tiap hari sehingga menimbulkan kelelahan fisik dan psikologis.
Kedua hal tersebut dapat mempengaruhi otak dan berdampak pada terganggunya sistem hormonal kewanitaannya.

5. Efek samping obat yang dikonsumsi juga bisa jadi penyebabnya, beberapa obat mempengaruhi sistem reproduksi

kenali efek sampingnya via www.google.co.id

Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi secara rutin dapat menyebabkan efek samping bagi tubuh, salah satunya adalah kesuburan. Beberapa obat seperti obat tekanan darah, suplemen vitamin yang berlebihan juga berisiko terhadap kehamilan. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mengonsumsi obat atau suplemen, pastikan efek sampingnya nggak menghambat beberapa hormon yang mengganggu kesuburan.

6. Gaya hidup nggak sehat seperti mengkonsumsi junk food, merokok, minum alkohol, juga akan mengganggu kerja hormon kewanitaan

kebiasaan buruk via greatist.com

Beberapa gaya hidup yang perlu dihindari untuk menjaga kesuburan organ reproduksi seperti konsumsi junk food, merokok, dan minuman beralkohol. Kebiasaan tersebut akan mengganggu kerja hormon kewanitaan yang mengakibatkan siklus menstruasi menjadi nggak teratur dan ukuran folikel sel telur menjadi lebih kecil.

7. Faktor usia yang nggak memungkinkan organ reproduksi bekerja dengan normal, biasanya usia di atas 40 tahun

usia juga pengaruh via i.huffpost.com

Semakin tua usia cewek, jumlah produksi sel telurnya akan berkurang dan terjadi penurunan kualitas secara dramatis. Tubuh cewek nggak dirancang secara evolusioner untuk hamil dengan mudah seperti ketika cewek berada di usia 20-an tahun – Mousa Shamonki, MD, direktur spesialis kesuburan di University of California.

8. Kelainan organ reproduksi yang dialami sejak lahir punya pengaruh besar terhadap kesuburan

kelainan organ reproduksi via fthmb.tqn.com

Beberapa cewek memiliki kelainan organ reproduksi yang menyebabkan ketidaksuburan. Misalnya, selaput dara yang menebal sejak lahir membuat haid nggak pernah keluar dan menimbulkan rasa nyeri yang luar bisa. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut dapat terjadi infeksi bahkan berakibat kemandulan.

Ada beberapa cewek yang anatomi kewanitaannya cacat, seperti misalnya nggak punya lubang vagina, walaupun sebenarnya bentuk fisik luarnya sempurna – Dokter R. Muharam, SpOG dari Sub Bagian Imunoendokrinologi Reproduksi Bagian Obstetri dan Ginekologi, FKUI / RSCM, Jakarta.

9. Penggunaan alat kontrasepsi atau menunda kehamilan yang menyebabkan pembentukan zat antibodi tertentu

Ketika seorang cewek menggunakan alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan, maka tubuh secara otomatis akan mengatur ulang siklus haid dan siklus ovulasi untuk meningkatkan kembali kesuburan. Meski siklus menstruasi sudah kembali normal, proses ovulasi nggak otomatis menjadi lancar. Tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama agar fungsi ini menjadi normal kembali.

Meski nggak disebutkan bahwa penggunaan alat kontrasepsi da[at menyebabkan kemandulan, namun kondisi ini memperkuat alasan mengapa si cewek akan jadi susah hamil.

10. Infeksi organ reproduksi karena kebiasaan nggak sehat atau karena penyakit menular seksual (PMS)

tertular penyakit menular seksual via csdnews.com

Beberapa penyakit menular seksual menyebabkan kemandulan. Pada cewek, penyakit tersebut mengakibatkan radang panggul yang dapat menyebar ke organ reproduksi. Infeksi yang terjadi menyebabkan munculnya jaringan parut di daerah tuba fallopi, ovarium, dan organ lain yang dapat mencegah ovulasi terjadidan memperkecil kemampuan untuk hamil. Cewek yang subur bisa jadi mandul hanya karena tertular penyakit seksual.

Sudah tahu kan faktor-faktor yang mengancam kamu nggak bisa punya anak kelak? Meski masih muda, kamu juga harus tetap waspada, ya!