Wajah yang bersih adalah dambaan setiap orang. Tak perlu putih, yang terpenting adalah bebas dari penyakit di wajah yang bisa mengurangi rasa percaya diri secara drastis. Sayangnya selain jerawat dan bekas jerawat menahun komedo juga sering datang bikin penampilanmu nggak enak dipandang.

Wajah jadi bergelombang gegara bulatan lemak halus yang menyumbat ini. Kan jadi bete!

Lupakan facial dan semua perawatan mahal lain. Karena dengan cara sederhana sebenarnya komedo bisa diatasi! Hipwee sudah mengumpulkan trik rahasia yang patut kamu coba, agar bebas dari penyumbat pori-pori ini, guys!

1. Oleskan masker madu secara rutin biar komedo cepat menghilang

Madu di seluruh wajah, agar tetap cerah via www.yasmina.com

Memakai alat pencabut komedo atau memakai jari untuk menghilangkan komedo memang sudah lumrah dilakukan. Tapi, hal ini akan menyisakan rasa sakit dan bekas luka di kulit. Kamu bisa menggunakan metode lain yang lebih praktis tanpa menjerit kesakitan. Madu tak hanya digunakan untuk penambah rasa manis alami, tapi juga sebagai penghilang komedo secara alami. Kamu bisa memakai madu sebagai masker, pas dengan teksturnya yang kental.

Advertisement

Untuk wajah yang bersih bebas komedo, yang kamu perlu lakukan adalah mengoleskan seluruh wajahmu dengan madu setelah mencuci muka. Biarkan madu mengering hingga 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Asalkan kamu rutin memakai masker ini setiap sebelum tidur, komedo yang ada di sekitar hidungmu bisa pergi secara perlahan.

2. Ramuan madu, baking soda, dan gula pasir membantumu lepas dari jeratan hitam komedo. Gosok selama 5 menit, wajah kembali bersih!

Benar-benar ajaib via www.newhealthadvisor.com

Madu, baking soda, dan gula pasir adalah bahan-bahan untuk membuat kue yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Ramuan racikan dari ketiga bahan ini memiliki fungsi tersembunyi untuk membersihkan komedo di wajahmu. Ambil satu sendok makan dari tiap bahan ini, ditambah sesendok air di piring kecil.

Tekstur dari gula pasir bisa menjadi scrub untuk mengangkat sel kulit mati beserta komedo di sekitar hidungmu. Gosok secara perlahan selama 5 menit, lalu kamu bisa bilas dengan air hangat secara pelan. Luangkan untuk rutinitas ini sehari sekali untuk memusnahkan komedo!

3. Olesan jus lemon yang didiamkan semalaman akan menunjukkan hasil maksimal. Agar penyumbat pori-pori bandel ini bisa hilang.

Madu di tangan kananmu via lucybrooks995.blogspot.co.id

Tak hanya untuk menjaga stamina, jus lemon adalah astringent alami yang membantu mempercepat hilangnya komedo di wajahmu. Pun kamu tak perlu berlama-lama. Tinggal oles dan gosokkan jus lemon di bagian yang berkomedo sebelum tidur malam. Biarkan mengering sampai keesokan harinya dan bilas dengan air hangat.

Jika kamu memiliki kulit kering, jangan lupa oleskan pelembab ke wajah setelah membersihkan wajah ya. Rutinkan kebiasaan baik ini, untuk wajah bebas komedo tentunya.

4. Bungkus hidung dengan petrolium jelly dan plastik pembungkus.Lalu keluarkan komedo dengan batuan tisu

Plastik membawa berkah via dropdeadgorgeousdaily.com

Tak hanya setelah bangun tidur, kamu bisa menghilangkan komedo bahkan setelah mandi. Karena pori-pori masih terbuka, komedo pun lebih mudah dihilangkan. Oleskan petroleum jelly secara tebal di daerah hidung dan lapisi dengan plastik pembungkus–yang biasa digunakan untuk menjaga suhu makanan.

Setelah itu, ambil 2 handuk kecil hangat dan tempelkan di atas plastik selama 5 menit. Agar pori-pori makin lebar. Lalu kamu bisa mencongkel komedo dengan jari yang dilapisi tissue bersih. Proses yang mudah untuk menghilangkan penyumbat hitam ini kan?

5. Pasta gigi dan garam adalah perpaduan ajaib yang bisa mengurangi dan menghilangkan komedo dalam 5 menit. Magic!

Tahan yak via lethow.com

Jangan remehkan eksistensi garam yang selalu menjadi penunggu setia di dapurmu. Tanpa disangka, garam juga bisa membantu menghilangkan komedo yang ada di wajahmu. Pasta gigi adalah perpaduan yang cocok.

Campurkan sedikit pasta gigi dan garam secukupkan di atas wadah kecil. Setelah diratakan, oles di bagian yang berkomedo dan diamkan selama 5 menit. Bau yang aneh itu sudah pasti, jadi kamu perlu tabahkan hidungmu sejenak. Setelah itu, gosok perlahan sambil membilasnya. Coba cek di cermin, apakah ada perubahan signifikas berkat ramuan ajaib ini?

6. Kekuatan dari putih telur dan tissue tak bisa diremehkan. Selain mengurangi garis-garis di wajah, komedo pun bisa hilang!

Putih telur dengan banyak manfaat via thelovevitamin.com

Masker wajah yang terbuat dari putih telur memang sudah terbukti memberikan banyak manfaat untuk wajah. Apalagi untuk kamu yang ingin kulit tetap kencang. Dengan formula yang sama, kamu juga bisa menghilangkan komedo di bagian hidungmu.

Caranya pun mudah diikuti. Kamu hanya perlu mengoleskan putih telur di bagian yang kamu kehendaki. Setelah itu tutupi dengan tissue kering, dan oleskan lagi putih telur di atasnya. Biarkan mengering dan mengeras. Setelah itu, lepas tissue secara perlahan dan lihat berapa banyak komedo yang terangkat. Kamu akan dibuat puas dengan hasilnya!

7. Masker dari bubuk kayu manis dan madu juga membasmi komedo. Diamkan semalam, semua bisa diatasi!

Bubuk ajaib, kayu manis via frajlica.com

Siapa yang tidak suka dengan aroma kayu manis untuk kue kering dan minuman seduh? Tumbuhan yang sudah dikeringkan ini memang punya bau tersendiri yang bisa membuat kamu bahagia secara instan. Ciyeeee. Selain itu, dengan kayu manis bubuk ini, kamu pun bisa menghilangkan komedo yang sudah lama bersemayam di wajahmu.

Masker yang memiliki formula gabungan dari satu sendok bubuk kayu manis dan madu ini bisa kamu pakai di daerah komedo ini tumbuh sebelum tidur. Setelah bangun, kamu bisa membersihkan sekaligus melihat hasilnya. Rutinlah mengoleskan masker ini selama 10 hari, komedo pun tak ingin lagi bersarang di wajahmu.

Kini masalah wajah berkomedo bisa diatasi dengan 7 tips masker alami ini. Kamu nggak perlu bingung, karena wajah yang bersih kini tak lagi mimpi. Selamat mencoba, guys!