Mungkin kamu para cewek sudah terbiasa atau pernah mendengar kalau tidur itu sebaiknya nggak pakai bra. Tapi, kalau tidur malam tanpa celana dalam gimana?

Buat yang sudah pernah mencoba, mungkin rasanya agak aneh ya, semriwing-semriwing gimana gitu. Aneh juga karena kamu belum membiasakan diri. Tapi, tahu nggak sih, kalau ternyata tidur di malam hari tanpa celana dalam itu ternyata bermanfaat untuk kesehatan kewanitaanmu?

Yup, setelah seharian ‘dikekang’ oleh selubung celana dalam dan kadang celana ketat, area kewanitaanmu pun butuh bernapas. Butuh sirkulasi udara yang cukup demi mencegah dari kondisi lembab yang memicu berkembang biaknya bakteri penyebab bau, bahkan infeksi. Duh, jangan sampai deh ini terjadi!

Dan berikut ini nih manfaat yang bisa kamu dapat kalau tidur malam tanpa mengenakan celana dalam. Jangan bilang iyuuh dulu, ya…

Tidur tanpa celana dalam bisa menyeimbangakan bakteri baik dan jahat di area vaginamu. Kedua bakteri tersebut harus seimbang kadarnya supaya nggak menyebabkan infeksi

Mencegah Bacterial Vaginosis. via huffingtonpost.com.au

Advertisement

Infeksi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat pada area kewanitaan disebut dengan Bacterial Vaginosis.

Infeksi ini biasanya bisa memicu keputihan dan bau yang nggak sedap pada vagina. Demi mencegah terjadinya infeksi tersebut, baiknya mulai sekarang membiasakan diri untuk melepas celana dalam sebelum tidur. Dengan melepas celana dalam sebelum tidur, area kewanitaanmu akan berada pada kondisi yang ideal – nggak lembab, yang mana jumlah bakteri baik dan jahatnya seimbang.

Melepas celana dalam saat tidur bisa mencegah keputihan. Biarkan area kewanitaanmu bernapas setidaknya selama 7 hingga 8 jam sehari

Biarkan area kewanitaanmu bernapas. via huffingtonpost.com

Keputihan disebabkan karena kondisi vagina yang terlalu lembab lantaran nggak mendapat sirkulasi udara yang cukup.

Nah, dengan melepas celana dalam saat tidur, area kewanitaanmu akan mendapat sirkulasi udara yang cukup. Pun kalau kamu belum terbiasa tidur tanpa celana dalam, kamu bisa memakai celana yang longgar. Setidaknya, biarkan vagina-mu bernapas setelah seharian berkutat dalam kelembaban.

Demi mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kencing, coba deh untuk mulai membiasakan diri tidur tanpa mengenakan celana dalam

Mencegah infeksi saluran kencing. via www.vemale.com

Lho memang ngaruh, ya?

Jadi kronologinya begini, setelah seharian penuh tidak dibiarkan bernapas, area kewanitaanmu yang lembab (ditambah yang nggak bersih) bisa memicu bertumbuhnya bakteri, yang kemudian bisa memasuki saluran kencingmu.

Bakteri yang bergumul dalam saluran kencingmu bisa menyebabkan infeksi. Nggak mau ‘kan kalau sampai hal ini terjadi? Yuk, mulai biasakan tidur tanpa celana dalam!

Dengan tidur tanpa mengenakan celana dalam, area kewanitaanmu akan selalu kering dan terhindar dari ruam. Nggak mau ‘kan aktivitasmu terganggu karena gatal atau perih di selangkangan?

Biar nggak ada ruam di selangkanganmu. via huffingtonpost.com

Ruam di selangkangan bisa terjadi karena area selangkangan yang lembab. Ruam nggak bisa disepelekan karena bisa mengganggu aktivitasmu. Bayangin deh, kamu bakal ngerasa perih saat tengah melangkahkan kaki. Terganggu banget ‘kan?

Nah, kamu bisa mencegah ruam ini dengan tidur tanpa celana dalam. Dengan tidur tanpa celana dalam, selangkanganmu akan tetap kering dan terhindar dari ruam.

Karena kadar kelembaban saat tidur tetap terjaga, area vaginamu akan terbebas dari bau nggak sedap

Biar miss V-mu nggak bau. via huffingtonpost.com

Bau yang nggak sedap di area kewanitaanmu juga disebabkan oleh kondisinya yang terlalu lembab. Kondisi yang lembab ini memicu bertumbuhnya bakteri penyebab bau tadi. Bau yang nggak sedap pada vagina ini bisa dicegah dengan melepas celana dalam saat tidur.

Selain itu, demi mencegah bau pada vagina, pastikan kamu memperhatikan betul kebersihannya. Sesederhana jangan malas untuk mengeringkan vagina-mu dengan tisu selepas buang air kecil. Jangan lupa juga untuk memilih sabun pembersih vagina dengan kadar PH (3,5) yang aman.

Hitung-hitung mengisirahatkan kewanitaanmu, trik melepas celana dalam sebelum tidur ini bisa lho langsung dicoba. Bukan mengharuskanmu telanjang bulat, kamu tetap bisa mengenakan piyama atau baju tidur kesayanganmu, meski tanpa dalaman; bra dan celana dalam.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya